Sukses

Biodata Jaz Hayat Lengkap, Daftar Lagu, dan Perjalanan Kariernya

Jaz Hayat merupakan seorang penyanyi yang sangat terkenal di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Jaz Hayat merupakan seorang penyanyi yang sangat terkenal di Indonesia. Pria berdarah Brunei Darussalam ini mulai dikenal luas semenjak merilis lagu pertamanya, yaitu “Dari Mata”, yang sukses didengarkan dan disukai oleh banyak orang.

Penyanyi yang berada di bawah naungan Sony Music Entertainment ini sempat viral dengan lagunya yang debut di tahun 2016 tersebut. Semenjak saat itu, Jaz dikenal sebagai salah seorang solois yang lagunya banyak didengarkan di Indonesia.

Jaz Hayat dikenal dengan nama panggung Jaz. Dia telah menghasilkan banyak karya dari awal aktif di dunia tarik suara Indonesia. Mulai dari lagu “Dari Mata”, “Kasmaran”, “Teman Bahagia”, “Berdua Bersama”, “Katakan”, hingga “Benar Orang Bilang” disukai oleh banyak pendengar musik Tanah Air.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/9/2023) tentang Jaz Hayat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biodata Jaz Hayat

Jaz Hayat atau Jaz adalah seorang penyanyi yang memiliki nama lengkap Aziz Hayat. Pria yang memiliki suara merdu ini merupakan kelahiran Brunei Darussalam, 5 Maret 1993. Namanya menjadi terkenal sejak merilis single berjudul 'Dari Mata' pada tahun 2016. Berkat lagu tersebut, Jaz Hayat dikenal oleh penikmat musik Indonesia dan mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat.

Ini terbukti dari pengikut akun Instagram Jaz Hayat yang saat ini sudah mencapai 300k followers. Sementara itu, 640k orang telah subscribe akun YouTube official Jaz Hayat.Video musik dari lagu-lagunya di YouTube telah ditonton puluhan juta kali. Di antaranya, music video dari Kasmaran ditonton sebanyak 73 juta kali sampai sekarang, music video dari Teman Bahagia ditonton sebanyak 63 juta kali, bahkan video lirik dari Dari Mata, lagu pertamanya, telah ditonton sebanyak 104 juta kali.

Berikut biodata Jaz Hayat lengkap:

Nama Lahir: Aziz Hayat

Tanggal Lahir: 5 Maret 1993

Warga Negara: Brunei Darussalam

Profesi: Penyanyi/Musisi

Tahun Aktif: 2013 - sekarang

Agama: Islam

Instagram: @jaz_hayat

YouTube: @JAZHayatOfficial

3 dari 4 halaman

Lagu-Lagu Jaz Hayat

Jaz Hayat telah mengeluarkan beberapa lagu yang selalu disukai oleh penggemarnya. Berikut beberapa lagu yang dinyanyikan oleh Jaz Hayat:

2016 : Dari Mata

2017 : Kasmaran

2018 : Berdua Bersama

2018 : Teman Bahagia

2019 : Katakan

2019 : Bagaimana Bisa

2020 : Penipu Cinta

2021 : Lucky Ones

2021 : Aku Butuh Kamu

2022 : Benar Orang Bilang

2023: Move On Tutorial

2023 : Bersamamu

4 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Jaz Hayat

Jaz Hayat merupakan salah seorang cucu yang dekat dengan neneknya karena sudah dibesarkan sejak usia satu tahun. Kala itu orang tuanya bercerai, dan Jaz diasuh oleh neneknya, sampai usia 19 tahun hingga menganggapnya seperti orang tua sendiri. Di balik suara merdunya, Jaz ternyata ada bakat terpendam yang enggak banyak orang tahu. Jaz Hayat ternyata merupakan salah satu mantan atlet sepak bola. Pasalnya, sebelum terjun ke dunia musik ia sempat serius menekuni dunia sepak bola, untuk meraih cita-citanya hingga bergabung dalam Timnas U-16 Brunei Darussalam dan pernah mengikuti turnamen di Thailand pada 2007. 

Sepak bola memang dunia yang ia fokuskan saat masih remaja. Saking cintanya dengan olahraga itu, Jaz pun sangat rajin untuk berlatih, agar ia bisa menjadi atlet sepak bola profesional. Sementara dunia musik, saat itu masih ia anggap sebagai hiburan. Sampai akhirnya, ia mengenal musik R&B dan mengubah impiannya. Awal karier bermusik Jaz Hayat dimulai saat ia menjadi penyanyi di sebuah acara pernikahan, dan ia juga sering menulis lagu dan merekamnya. 'I Stalk Your Profile' merupakan lagu garapannya sendiri dan disebarkan lewat media sosial YouTube. Lagu ini mengantarkannya tampil di Anugerah Planet Muzik (APM), sebuah acara penghargaan untuk musisi di Indonesia, Singapura, Malaysia ,dan Brunei Darussalam pada tahun 2013. 

Setelah namanya mulai dikenal ketika manggung di APM. Sony Music Entertainment dengan sigap langsung menawarkan Jaz untuk bergabung di labelnya. Jelas kesempatan tersebut enggak akan ditepis, walau keinginan bermusik Jaz sempat ditentang oleh neneknya. Namun setelah memberi pengertian, akhirnya neneknya dapat memahami cita-cita cucunya selain jadi atlet sepak bola. Butuh waktu kurang lebih tiga tahun sampai ia benar-benar merilis lagu pertamanya berjudul ‘Dari Mata’ yang sukses menarik perhatian banyak masyarakat. 

Pada tahun 2016 saat Jaz Hayat merilis single 'Dari Mata', lagu ini mampu menduduki tangga lagu di beberapa website musik streaming di Indonesia yakni JOOX dan Spotify. Proses terciptanya lagu ini dari ide sampai jadi bisa dibilang tak instan. Dibutuhkan waktu 4 bulan untuk Jaz merampungkan materi tersebut. Dari segi lirik sampai melodi dasar lagu merupakan bikinannya. Pada awal tahun 2017, Jaz merilis lagu keduanya yang berjudul Kasmaran. Sama seperti lagu pertamanya, Kasmaran sukses di industri musik Indonesia. Hingga sekarang Jaz Hayat masih aktif di belantika musik Indonesia dan karya-karyanya selalu ditunggu oleh para penggemar musik Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.