Sukses

Username adalah Identitas yang Digunakan di Dunia Maya, Ini Penjelasan Lengkapnya

Username adalah nama pengguna atau identitas yang digunakan di dunia maya.

Liputan6.com, Jakarta Username adalah nama pengguna atau identitas yang digunakan di dunia maya. Pasalnya saat ini username sangat penting bagi identitas kita di media sosial. Dengan identitas yang kita daftarkan pada beberapa platform media membuat kita bisa lebih dikenal oleh banyak orang di luar sana.

Username adalah elemen unik sehingga dapat menanggulangi duplikasi data pada server. Identitas yang kita cantumkan ke akun sosial media tidak akan sama dengan identitas orang lain. Hal itu dilakukan agar tidak adanya tindak kejahatan orang lain.

Username adalah nama user yang telah didaftarkan oleh administrator user ke dalam sistem hak aksesnya serta mengidentifikasi data setiap pengguna. Username lebih baik bersifat unik untuk dapat mengidentifikasi setiap pengguna. Username dapat dibuat menggunakan kodifikasi. Ketika membuat username di akun media sosial bisa mengkreasikan nama sebagai ciri khas bagi penggunanya.

Berikut ini kita perlu lebih mengenal kegunaan username dan password yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/8/2023)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal kegunaan username dan password

Pengguna diharuskan untuk memasukkan username dan password yang telah diregistrasikan sebelumnya. Jika belum mempunyai akun, pengguna tersebut diharuskan melakukan registrasi pada fitur registrasi akun. Pada Registrasi akun, pengguna memasukkan data-data pribadi seperti nama lengkap, alamat tempat tinggal, alamat email, username, dan password.

Password berkaitan dengan pengguna, untuk membuktikan bahwa pengguna memiliki wewenang untuk memaki dan masuk ke dalam sistem. Oleh karena itu setiap pengguna sebelum masuk ke dalam sistem informasi harus mengetik atau memasukan username beserta password.

Sedangkan username sama sama berkaitan dengan pengguna, nama yang telah didaftarkan oleh pengguna ke dalam sistem hak aksesnya. Pengguna yang bekerja di bagian yang sama dan nama yang sama sesuai saat ia mendaftar pertama kali.

3 dari 5 halaman

kesadaran akan keamanan username dan password

Kesadaran akan keamanan username untuk menghindari percobaan pengaksesan oleh pengguna yang tidak memiliki wewenang, harus dikontrol dengan mengkombinasikan kontrol preventif dan pendeteksian.

Keamanan sistem informasi adalah aspek yang sangat perlu untuk diperhatikan untuk menjaga data yang dikelola pada sistem tersebut. Autentikasi sebagai gerbang utama dalam sebuah sistem informasi, sehingga kerentanan-kerentanan dalam sebuah proses autentikasi harus ditanggulangi.

Kita dapat menanggulanginya dengan mengabaikan apabila ada nomor asing yang meminta autentivikasi. Kalian juga bisa menautkan email ataupun nomor agar akun sosial media lebih aman. Maka kalian sebagai pengguna perlu hati hati dalam mengisi identitas serta password, karena kalau kalian sampai lalai maka akun kalian bisa saja di ambil dan disalahgunakan oleh orang lain.

4 dari 5 halaman

Pencegahan dari peretasan password

1. Pencegahan untuk social engineering attack

Pencegahan untuk social engineering attack pengguna harus belajar mempertanyakan kemungkinan adanya penyerang. Pengguna mendapatkan panggilan telepon dari seseorang, tanyakan beberapa pertanyaan yang harus harus dapat dijawab untuk memperoleh kebenaran.

Beberap penipu profesional mempelajari dahulu perusahaan sebelum melakukannya, sehingga kemungkinan tahu semua jawabannya. Itu sebabnya, jika pengguna masih memiliki beberapa keraguan. Maka kalian meminta informasi kepada CS dari aplikasi tersebut.

2. Pencegahan untuk penebakan password

Pencegahan untuk penebakan password untuk mencegah serangan ini terjadi, tidak pernah menggunakan password seperti tanggal lahir, nama gadis ibu, nama hewan peliharaan, nama pasangan, atau apa pun yang seseorang mungkin bisa menebak.

3. Pencegahan untuk serangan kamus

Serangan kamus sangat sederhana untuk dicegah. Jangan menggunakan password yang ada di kamus. Beberapa mungkin berpikir bahwa jika menggunakan kata dari kamus tetapi hanya mengganti sebagian besar huruf dengan angka, maka password akan aman, padahal tidak. Maka kita harus menggunakan kombinasi huruf angka yang sulit akan lebih aman.

4. Pencegahan untuk serangan Brute-Force

Serangan brute-force dapat dicegah dengan membuat password yang sangat panjang, menggunakan banyak angka dan karakter ganjil. Semakin panjang password semakin lama waktu yang dibutuhkan hacker untuk memecahkan password. Seorang hacker akan menyerah karena belum mampu memecahkan password kalian.

5 dari 5 halaman

5. Pencegahan untuk tabel rainbow

Peretasan tabel rainbow bisa dicegah dengan hanya membuat password yang sangat panjang. Membuat tabel untuk password yang panjang memerlukan waktu yang sangat lama dan sumber daya yang banyak.

6. Pencegahan untuk serangan key logger kunci

Serangan key logger bisa dihindari dengan menggunakan keyboard virtual di mana posisi karakter akan berubah secara acak. password sekali pakai dapat digunakan untuk menghindari serangan key logger. Ketika akun gmail dikonfigurasi dengan autentikasi dua langkah yang dikirim ke ponsel diperlukan untuk login.

7. Pengaturan ulang kata sandi otomatis

Pengaturan ulang kata sandi otomatis berfungsi untuk mengelola sebagian besar masalah sandi mereka tanpa melibatkan orang lain. Jika tidak, dukungan ini menjadi mahal, terutama untuk organisasi yang lebih besar.

 

 

----------------------

Reporter Magang

Dinda Hafid Hafifah

Universitas Teknologi Yogyakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.