Sukses

Penjelasan Sayap Malaikat dalam Islam Berdasarkan Al-Qur'an dan Hadis

Sayap malaikat dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis.

Liputan6.com, Jakarta Sayap malaikat dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Kamu mungkin membayangkan malaikat memiliki sayap dan bisa terbang layaknya yang ditampilkan di film-film selama ini. Biasanya, malaikat digambarkan memiliki sayap putih, berpakaian serba putih, dan bisa terbang.

Umat Islam wajib mengimani para malaikat sebagai Rukun Iman kedua. Iman kepada para malaikat berarti percaya jika malaikat itu ada dan senantiasa mengawasi perbuatan baik dan buruk manusia. Malaikat merupakan makhluk gaib ciptaan Allah yang terbuat dari cahaya (Nur) dan bertugas untuk menjalankan perintah dari Allah untuk mengawasi seluruh umat manusia dan jin. Malaikat adalah satu-satunya mahluk yang paling taat kepada Allah SWT.

Wujud malaikat sebenarnya sudah dijelaskan oleh Allah SWT melalui firman-Nya dalam Al-Qur’an dan juga dijelaskan pada sebagian hadis. Malaikat memiliki jasad, sebagiannya ada yang memiliki dua sayap, ada yang tiga sayap, empat, bahkan ada yang lebih banyak dari itu. Hal ini seperti dijelaskan dalam Kitab Fathul Bari' dan dalam Alamul Malaikah oleh Syaikh Umar al-Asyqar dan Khatibul Minbariyah, D. Abdul Muhsin al-Qosim.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Dream, Selasa (22/8/2023) tentang sayap malaikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Sayap Malaikat dalam Al-Quran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sayap malaikat ini telah dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Jadi, sayap malaikat atau anggapan bahwa wujud malaikat adalah memiliki sayap, ternyata bukan sekadar anggapan. Hal ini karena Allah SWT sudah menjelaskannya di dalam surat Fatir ayat 1 tentang sayap malaikat ini.

Berikut surat Fatir ayat 1, yang artinya:

“Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu." (QS. Fatir: 1)

Penjelasan Sayap Malaikat dalam Hadis

Penjelasan sayap malaikat ini juga terdapat dalam hadis nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah melihat malaikat Jibril memiliki 600 sayap. Jibril menampakkan wujudnya dengan enam ratus sayap antara masyriq (timur) dan maghrib (barat) sayap dan busana kebesarannya putih laksana mutiara yang larut, dengan rupa yang begitu elok dan rupawan, dan dengan kekuatan yang dahsyat penuh mukzijat. jadi sayap malaikat Jibril berjumlah 600 sayap.

3 dari 4 halaman

Malaikat Tercipta dari Cahaya dan Selalu Taat Kepada Allah SWT

Setelah mengenali penjelasan sayap malaikat dalam Al-Qur’an dan hadis, dijelaskan juga dalam sebuah hadis nabi, bahwasanya malaikat berasal dari cahaya. Berikut bunyi hadis tersebut, yang artinya:

“Malaikat (adalah makhluk yang) diciptakan dari cahaya, sedang jin itu diciptakan dari api neraka yang menyala-nyala, adapun Adam diciptakan dengan apa yang kalian disifati." (HR. Muslim)

Para malaikat tentunya berbeda dengan manusia. Manusia membutuhkan makan dan minum agar bisa hidup, sedangkan malaikat tidaklah membutuhkan makan dan minum, serta tidak pernah merasa bosan dan lelah. Malaikat adalah makhluk yang sangat taat beribadah kepada Allah SWT dan selalu menjalankan setiap perintah-Nya. Hal ini pun dijelaskan dalam firman-Nya melalui surat Fusilat ayat 38 yang artinya: 

"Jika mereka menyombongkan diri, maka mereka (malaikat) yang di sisi Tuhanmu bertasbih kepada-Nya pada malam dan siang hari, sedang mereka tidak pernah jemu." (QS. Fusilat: 38)

4 dari 4 halaman

Nama-Nama Malaikat Beserta Tugasnya

Penjelasan sayap malaikat tentunya belum lengkap tanpa kamu mengenali nama-nama dan tugasnya. Ada 10 malaikat yang wajib kamu kenali dalam Islam. Setiap malaikat memiliki tugasnya masing-masing. Berikut 10 malaikat beserta tugasnya:

Jibril

Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah Jibril. Jibril berperan dalam menyampaikan wahyu kepada nabi dan rasul. Nama lain malaikat Jibril adalah Ruh al-Quds, ar-Ruh al-Amin, dan Namus.

Mikail

Malaikat Mikail bertugas mengatur kesejahteraan makhluk, seperti mengatur awan, menurunkan hujan, melepaskan angin, dan membagi-bagikan rezeki.

Israfil

Malaikat Israfil bertugas meniupkan terompet (sangkakala), saat dimulainya kiamat hingga saat hari berbangkit di Padang Mahsyar.

Izrail

Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk hidup, baik  manusia, jin, iblis, setan, dan malaikat apabila telah tiba waktunya.

Munkar

Malaikat Munkar bertugas menanyai orang yang sudah meninggal dan berada di alam kubur.

Nakir

Malaikat Nakir bertugas menanyai orang yang sudah meninggal dan berada di alam kubur.

Raqib

Malaikat Raqib bertugas mencatat semua pekerjaan baik setiap manusia sejak ±qil b±lig sampai akhir hayat.

Atid

Malaikat Atid bertugas mencatat semua pekerjaan buruk setiap manusia sejak ±qil b±lig sampai akhir hayat.

Ridwan

Malaikat Ridwan bertugas menjaga dan mengatur kesejahteraan penghuni surga.

Malik

Malaikat Malik disebut juga malaikat zabaniyyah bertugas menjaga dan mengatur siksa (azab) bagi para penghuni neraka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.