Sukses

Organisme Adalah Makhluk Hidup yang Memiliki Struktur Terorganisir, Ketahui Jenis dan Cirinya

Organisme adalah makhluk hidup yang memiliki struktur terorganisir, dapat bereaksi terhadap rangsangan, bereproduksi, tumbuh, beradaptasi, dan mempertahankan homeostasis.

Liputan6.com, Jakarta Organisme adalah makhluk hidup yang memiliki struktur terorganisir, dapat bereaksi terhadap rangsangan, bereproduksi, tumbuh, beradaptasi, dan mempertahankan homeostasis. Etimologi istilah organisme berasal dari bahasa Yunani organon, yang berarti "instrumen". Persamaannya: bentuk kehidupan; makhluk hidup; benda hidup.

Hal yang dilakukan oleh organisme adalah dengan melakukan proses metabolisme. Ini berarti mereka melakukan proses yang membuat mereka tetap hidup. Proses metabolisme meliputi pertumbuhan, respons terhadap rangsangan, reproduksi, eliminasi limbah, dan biosintesis. Dua bentuk metabolisme adalah anabolisme dan katabolisme. Anabolisme mencakup reaksi yang membutuhkan energi yang mengarah pada pembentukan biomolekul. Sebaliknya, katabolisme mencakup proses penguraian partikel menjadi molekul yang lebih sederhana.

Proses metabolisme dilakukan oleh organisme adalah dengan cara yang teratur dan sistematis. Mereka memiliki beragam mekanisme pengaturan untuk memastikan bahwa kondisi homeostatis dipertahankan dan dipertahankan. Organisme mampu mendeteksi dan menanggapi rangsangan. Mereka dapat mendeteksi perubahan di lingkungan mereka. Manusia dan hewan lainnya memiliki indera untuk mendeteksi rangsangan. Lima indera dasar adalah penglihatan, penciuman, sentuhan, rasa dan pendengaran.

Berikut ini jenis jenis organisme yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/8/2023)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Prokariota

Sel prokariotik adalah mitokondria, plastida, retikulum endoplasma, aparatus Golgi, lisosom, dan endosom. Karena adanya struktur sitoplasma yang lebih besar, sel eukariotik lebih besar dari sel prokariotik. Yang umum antara sel prokariotik dan sel eukariotik adalah adanya gen yang menyimpan informasi genetik. Ribosom (struktur sitoplasma yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein) juga terdapat pada kedua jenis sel tersebut. Contoh prokariota adalah bakteri dan archaea.

2. Eukariota

Sel eukariotik adalah tempat terjadinya replikasi DNA (proses di mana segmen DNA diduplikasi) dan transkripsi (proses di mana transkrip mRNA diproduksi). Sebaliknya, proses ini terjadi di sitoplasma sel prokariotik. Kehadiran nukleus mengelompokkan materi genetik dan proses-proses ini. Selubung nuklir mencegah masuknya molekul dengan mudah dan dengan demikian mengatur perjalanan molekul masuk dan keluar dari nukleus. Contoh ukariota termasuk protista, jamur, tumbuhan, dan hewan.

3. Organisme uniseluler

Organisme uniseluler adalah organisme yang hanya terdiri dari satu sel. Contoh prokariota uniseluler adalah bakteri dan archaea dan eukariota uniseluler adalah protista dan jamur tertentu. Organisme multiseluler meliputi tumbuhan dan hewan.

4. Organisme multisel

Organisme multisel terdiri dari banyak sel yang bertindak sebagai unit yang menjalankan fungsi tertentu. Pada organisme multisel, sekelompok sel membentuk jaringan. Sel-sel dalam suatu jaringan memiliki struktur dan fungsi yang serupa. Berikut ini contoh jaringannya yaitu :

  1. Jaringan hewan adalah jaringan saraf, jaringan otot, jaringan pembuluh darah, dan jaringan ikat.
  2. Jaringan tumbuhan adalah jaringan meristematik, jaringan permanen, dan jaringan reproduksi.
  3. Sekelompok jaringan yang disusun menjadi unit anatomi disebut organ biologis. Contoh organ hewan adalah sebagai berikut: jantung, paru-paru, otak, lambung, kulit, pankreas, hati, usus, ginjal, dan organ kelamin. Pada tumbuhan organnya adalah akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.

5. Klasifikasi taksonomi

Makhluk hidup diklasifikasikan ke dalam tiga domain utama seperti yang dikemukakan oleh Carl Woese. Domain ini adalah Archaea, Eubacteria (bakteri sejati), dan Eucarya. Di bawah domain adalah tingkat taksonomi utama lainnya: kingdom, filum, kelas, ordo, famili, genus, dan spesies.

Domain archaea dan domain eubacteria

Archaea dan Eubacteria keduanya prokariota sedangkan Eucarya termasuk eukariota. Jadi, Archaea dan Eubacteria tidak memiliki organel yang terikat membran. Namun, ada perbedaan halus antara keduanya yang menyebabkan pemisahan mereka menjadi domain yang berbeda. Archaea memiliki gen dan jalur metabolisme tertentu yang lebih dekat hubungannya dengan eukariota daripada eubakteria.

Domain eucarya

Organisme hidup yang termasuk dalam Domain Eucarya adalah sebagai berikut:

  1. Protista adalah makhluk hidup yang ditandai dengan memiliki organisasi yang relatif sederhana. Beberapa dari mereka bersel tunggal dan lainnya bersel banyak.
  2. Jamur adalah eukariota yang dikenal dengan mode nutrisi heterotrofik karena kekurangan klorofil (pigmen penting dalam fotosintesis).
  3. Tumbuhan adalah bentuk kehidupan fotosintesis multiseluler. Salah satu ciri khas utama tumbuhan adalah adanya kloroplas yang mengandung sistem klorofil yang mengumpulkan energi cahaya dari sumber cahaya untuk diubah menjadi energi kimia melalui fotosintesis.
  4. Hewan adalah eukariota multiseluler. Sel-sel dalam jaringan bergabung melalui persimpangan sel (misalnya persimpangan ketat, persimpangan celah, dan desmosom). Kurangnya kloroplas (dan pigmen hijau, klorofil) membuat mereka tidak mampu melakukan fotosintesis. Dengan demikian, mereka bergantung pada organisme lain untuk bertahan hidup.

6. Virus dan Viroid

Virus adalah organisme atau bukan adalah masalah perdebatan. Mirip dengan makhluk hidup, virus memiliki materi genetik. Namun, mereka tampaknya hidup hanya jika berada di dalam inang. Sedangkan viroid adalah contoh lain dari entitas aselular. Mereka tampaknya hidup karena bersifat patogen.

3 dari 3 halaman

Ciri organisme hidup

1. Nutrisi

Nutrisi adalah proses organisme memperoleh energi dan bahan baku dari nutrisi protein, karbohidrat dan lemak. Pertumbuhan organisme yang di ambil dari bahan lingkungan digunakan untuk menyediakan energi tersebut.

2. Respirasi

Respirasi adalah pelepasan energi dari zat makanan pada semua sel hidup. Saat melakukan proses  pelepasan energi tersebut organisme perlu memecahkan makanan di dalam sel tersebut.

3. Pergerakan

Semua makhluk hidup bergerak. Pergerakan dalam berbagai cara yang berbeda. Dimana Gerakan tersebut mungkin sangat lambat sehingga sangat sulit dilihat.

 

4. Ekskresi

Ekskresi adalah sebagai penghilangan bahan beracun, produk limbah metabolisme dan zat yang berlebihan dari tubuh suatu organisme. Banyaknya reaksi kimia yang terjadi di dalam sel, mereka harus membuang produk limbah yang mungkin meracuni sel.

5. Pertumbuhan

Pertumbuhan terlihat pada semua makhluk hidup. Ini melibatkan penggunaan makanan untuk menghasilkan sel-sel baru. Peningkatan permanen dalam jumlah dan ukuran sel disebut pertumbuhan.

6. Reproduksi

Semua organisme hidup memiliki kemampuan untuk menghasilkan keturunan.

7. Sensitivitas

Semua makhluk hidup mampu merasakan dan menanggapi rangsangan di sekitarnya seperti cahaya, suhu, air, gravitasi, dan zat kimia. Organisme melakukan lebih dari satu proses yang memiliki semua karakteristik tersebut.

 

 

Reporter Magang

Dinda Hafid Hafifah

Universitas Teknologi Yogyakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.