Sukses

8 Artis Jalani Operasi Bariatrik untuk Turunkan Berat Badan, Ada yang Komplikasi

Meski menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, operasi bariatrik ternyata tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Prosedur ini hanya dianjurkan bagi mereka yang mengalami obesitas dan telah menjalani diet dan olahraga namun tidak berhasil menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Operasi bariatrik belakangan menjadi topik yang banyak diperbincangkan. Alasannya beberapa publik figur mengaku secara terang-terangan menjalani prosedur bedah tersebut untuk mendapatkan tubuh yang langsing. Salah satunya selebgram dan pengusaha Shindy Samuel.

Meski menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, operasi bariatrik ternyata tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Operasi bariatrik atau juga dikenal dengan potong lambung ini bertujuan untuk memodifikasi saluran cerna hingga kemampuan penyerapan kalori dalam tubuh berkurang. Prosedur ini hanya dianjurkan bagi mereka yang mengalami obesitas dan telah menjalani diet dan olahraga namun tidak berhasil menurunkan berat badan.

Selain Shindy Samuel, beberapa artis dari maupun negeri ternyata juga menjalani prosedur bedah ini untuk mendapatkan tubuh yang lebih langsing. Berikut deretan artis yang melakukan operasi bariatrik, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (28/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Melly Goeslaw

Pada pertengahan 2022, Melly Goeslaw mengejutkan publik dengan penampilannya dengan tubuh yang langsing. Penyanyi dan pencipta lagu ini pun dengan gamblang mengatakan bahwa ia menjalani prosedur bariatrik dengan memotong 85 persen lambungnya. Tujuannya adalah agar asupan makannya berkurang.

Semenjak menjalani operasi bariatrik Melly mengaku porsi makannya jauh berkurang. Dengan kondisi lambungnya pasca operasi, Melly hanya dapat makan satu sendok nasi setiap kali makan. Meski porsi makannya menjadi jauh lebih sedikit, Melly mengaku dirinya tetap makan lima kali dalam sehari. Berat badannya pun berhasil turun hingga 23 kilogram.

2. Jennifer Dunn

Jennifer Dunn menjadi artis Indonesia selanjutnya yang menjalani operasi bariatrik pada Juni 2023 lalu. Pada kolom komentar salah satu unggahannya wanita yang akrab disapa Jedun ini membalas komentar pengikutnya yang menanyakan kondisinya pasca operasi. Ia mengungkap dirinya berhasil menurunkan 4 kilogram dalam waktu seminggu.

3 dari 5 halaman

3. Lisa Marie Presley

Penyanyi dan penulis lagu Lisa Marie Presley juga melakukan operasi bariatrik, namun sayangnya hasil prosedur bedah yang dilakukan tidak seperti yang diharapkan. Lisa mengalami komplikasi yang mengakibatkan ia berpulang pada 12 Januari 2023 lalu. Kala itu ia diduga mengalami cardiac arrest atau henti jantung. Sekitar enam bulan setelahnya, muncul penjelasan yang lebih detail mengenai berpulangnya anak tunggal sang Raja Rock N’ Roll Elvis Presley.

Dalam laporan autopsi yang dikeluarkan Badan Pemeriksa Medis wilayah Los Angeles wanita yang meninggal dunia di usia 54 tahun ini dinyatakan mengalami penyumbatan di usus kecilnya. Sebenarnya kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari hernia hingga tumor. Namun dalam kasus Lisa Marie Presley, “ususnya tercekik” setelah terjadi perlengketan terkait operasi bariatrik yang dijalaninya bertahun-tahun sebelumnya.

4. Shindy Samuel

Selebgram sekaligus pengusaha Shindy Samuel menjadi sosok publik figur yang membuat operasi bariatrik banyak dibicarakan oleh publik Indonesia. Shindy menjalani operasi bariatrik pada 19 Juli 2023 karena obesitas. Shindy pun mendapat banyak dukungan dari teman-teman artis, seperti Nathalie Holscher, Bubah Alfian, hingga Ivan Gunawan.

Istri aktor Rendy Samuel itu mengaku sebelum menjalani prosedur bariatrik, ia telah melakukan berbagai metode diet dan olahraga namun tidak ada yang berhasil menurunkan bobot tubuhnya. Pasca operasi bariatrik berat badan Shindy berhasil turun 34 kilogram dalam sebulan.

4 dari 5 halaman

5. Mariah Carey

Pelantun lagu “All I Want For Christmas Is You” ini memang memiliki tubuh yang berisi. Namu pada tahun 2010, ia merasa ada yang tak beres dengan berat badannya. Mariah Carey kemudian memutuskan untuk menjalani operasi nariatrik untuk membuat tubuhnya lebih langsing dan sehat. 3 bulan pasca operasi berat badan Mariah Carey berhasil turun hingga 13 kilogram.

6. Randy Jackson 

Salah satu juri American Idol, Randy Jackson sempat didiagnosis penyakit diabetes tipe 2. Saat itu, Randy Jackson memiliki berat badan mencapai 150 kilogram. Randy Jackson memutuskan untuk menjalani operasi bariatrik untuk membuat tubuhnya lebih sehat. Tak lama pasca operasi, berat badannya langsung turun 50 kilogram.

5 dari 5 halaman

7. Sharon Osbourne

Artis Sharon Osbourne juga pernah merasa tidak nyaman dengan tubuhnya yang gemuk. Berbagai metode diet telah dicoba namun tidak ada yang berhasil membuat berat badannya ideal. Pada 1999, pemain series The Five ini memutuskan untuk melakukan operasi bariatrik agar berat badannya lebih ideal.

8. Kelly Osbourne

Sama seperti ibunya, Sharon Osbourne, Kelly Osbourne juga dikenal memiliki tubuh yang gemuk. Sempat merahasiakan prosedur bedah yang ia jalankan, Kelly akhirnya membuat pengakuan pada 2020 bahwa dirinya menjalani operasi bariatrik. Setelah melakukan operasi, berat badan pelantun lagu “One Word” ini berhasil turun hingga 38 kilogram. Ia merasa lebih nyaman dan percaya diri dan mengaku psikisnya lebih tenang dengan bentuk tubuh sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.