Sukses

Hode Adalah Bahasa Gaul di Game Online, Kenali Istilah Gamers Lainnya

Hode adalah istilah yang biasa digunakan orang-orang yang bermain game online.

Liputan6.com, Jakarta Hode adalah istilah yang mungkin tidak semua orang pernah dengar. Pasalnya, istilah ini memang tidak begitu sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bahkan, hanya kalangan tertentu saja yang menggunakan istilah ini.

Hode adalah istilah yang biasa digunakan orang-orang yang bermain game online. Walaupun awalnya hanya digunakan oleh para gamers saja, penggunaan istilah ini sudah cukup berkembang sehingga juga digunakan oleh pengguna internet lainnya.

Selain hode, masih banyak lagi istilah yang biasa digunakan kalangan pemain game online. Dengan begitu berkembangnya industri game online saat ini, kamu tentunya perlu memahami berbagai kata atau istilah yang biasa digunakan gamers.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/7/2023) tentang hode.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hode adalah

Hode adalah kosakata yang populer di internet, lebih tepatnya lebih familier digunakan oleh apra pemain game online. Hode adalah istilah yang merujuk kepada pemain laki-laki yang mengaku sebagai perempuan di game.

Jadi, hode adalah istilah yang merujuk pada pemain game laki-laki yang gemar menggunakan karakter game perempuan. Namun tak sampai di situ saja, hode juga membangun persona seolah dirinya memang seorang perempuan. Untuk membangun persona tersebut, hode juga menggunakan nama akun yang feminin dan menggunakan gambar perempuan sebagai foto profil.

Istilah hode disinyalir berasal dari sebuah karakter di game Ragnarok versi online. Hode adalah monster yang keluar sembunyi di tanah dan menyerang pemain lain ketika lengah. Sikap hode yang menyerang diam-diam ini kemudian disamakan dengan pemain game laki-laki yang berpura-pura jadi perempuan dengan tujuan menipu.

Hode adalah kasakata yang maknanya memang cenderung negatif. Hode tak sebatas laki-laki yang membangun persona sebagai gamers perempuan. Biasanya hode adalah melakukan hal-hal dengan tujuan jahat yaitu untuk mengelabui gamers laki-laki. Biasanya, hode akan mendekati gamers laki-laki untuk menipu agar bisa mendapatkan apa yang dia mau misalnya uang hingga item suatu game.

3 dari 3 halaman

Istilah Gamers Lainnya

Hode adalah istilah yang kerap kali dipakai di dunia game online. Gamers tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Selain hode, ada banyak istilah lainnya yang juga seharusnya dipahami oleh para gamer, yaitu:

1. Deho, merupakan kebalikan dari hedo yaitu pemain game perempuan yang membangun persona sebagai seorang laki-laki.

2. Noob, merupakan istilah yang biasanya dilemparkan pada gamer newbie yang bermain buruk dalam sebuah permainan.

3. AFK, adalah singkatan dari away from keyboard yang artinya meninggalkan ke keyboard. Istilah AFK ini dahulu digunakan digunakan saat chattingan dengan orang lain di internet. Sekarang istilah AFK populer pada game online, seperti Mobile Legends, dan game-game lainnya.

3. DC, adalah singkatan dari Disconnect, yaitu terputus dari permainan. Entah karena gangguan jaringan ataupun sengaja menutup game.

4. Lag, permasalahan dalam permainan yang berkaitan dengan koneksi. Istilah ini sering menjadi kambing hitam ketika mengalami kekalahan.

5. GG, singkatan dari Good Game. Kata ini sering diucapkan ketika permainan berakhir, terutama jika meraih kemenangan.

6. GGWP, artinya kamu sedang dipuji. GGWP adalah singkatan dari Good Game, Well Played. Kalimat ini biasanya diucapkan sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama yang telah dilakukan.

7. Savage, istilah yang sering disebutkan ketika pemain berhasil mengalahkan lawan dengan trik yang tidak biasa.

8. Spam, menggunakan jurus yang sama berulang-ulang hingga lawan merasa malas menghadapi kita.

9. Push, hampir sama seperti bahasa Indonesianya, push berarti mendorong. Di dalam game, push bisa berarti segala kegiatan yang mendorong menuju objektif dalam game. Misalnya, melakukan push untuk menghancurkan tower lawan atau mendorong creep untuk maju. 

10. GB, GB adalah singkatan dari guide beginner, yaitu istilah yang digunakan untuk meminta bantuan menaikkan level pada gamer yang lebih kuat. Biasanya, GB digunakan oleh dua gamer atau lebih sebagai strategi untuk melawan monster.

11. Spawn, Spawn atau yang sering disebut juga sebagai respawn adalah proses kemunculan yang bisa terjadi berulang-ulang. Objek yang bisa melakukan spawn atau respawn biasanya adalah karakter yang sudah mati kemudian hidup kembali. Bisa juga berupa benda/monster yang sulit untuk dihancurkan.

12. Cooldown, Ketika bermain game seringkali ketika ingin mengeluarkan skill atau item terdapat jeda untuk menggunakannya. Nah, ini yang disebut dengan cooldown atau sering disingkat menjadi CD.

13. Loot, biasa digunakan ketika kamu menemukan senjata atau perlengkapan lain di mayat lawan yang telah kamu habisi ataupun di lokasi lain. Sering digunakan pada game PUBG.

14. Buff, adalah peningkatan status atau pemberian efek tertentu yang bisa menguntungkan player. Pada beberapa game, buff juga berarti perubahan dalam sebuah permainan yang menambah kekuatan untuk menstabilkan suatu game.

15. Nerf, adalah penyesuaian yang mana mengurangi kemampuan dan fungsi dari suatu item atau karakter dalam sebuah game. Sama seperti buff, nerf juga diperlukan untuk menyeimbangkan sebuah game.  

16. Imba, berasal dari kata Imbalance yang artinya adalah tanpa tandingan. Kata ini sering kali diucapkan untuk memberikan pujian pada seorang gamer. Pujian yang diberikan pun dalam konteks tertentu, mulai dari skill, item yang didapatkan, kekompakan tim dan masih banyak yang lainnya.

17. Party, merupakan istilah yang digunakan untuk mengajak gamer lainnya masuk satu grup dengan tujuan yang sama.

18. Roaming, berarti menjelajah atau berkeliaran. Dalam game, roaming adalah situasi ketika seorang player berjalan atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Fungsi dari roaming adalah untuk mengetahui pergerakan lawan, membuka map, atau membantu teman.

19. Farming, pada permainan tertentu, player diharuskan mengumpulkan resources baik berupa item, gold, exp, level, dan lain-lain. Dalam game, farming memiliki arti seorang player mengumpulkan resource tersebut dengan berbagai cara. Misalnya, membunuh monster atau mengeliminasi lawan.  

20. Leveling, suatu kondisi di mana kamu sedang berusaha menaikkan level karaktermu sampai batas tertentu. Biasanya dengan mengalahkan musuh-musuh yang berlevel rendah sebelum menghadapi musuh berlevel tinggi.

21. Bait, dalam bahasa Indonesia, bait memiliki arti sebagai umpan. Pada game sendiri, bait berarti memancing atau menjadikan diri sebagai umpan supaya lawan keluar dan bisa terlihat dalam map. 

22. META, Istilah META sering dijumpai terutama pada game dengan aliran MOBA. META sendiri ternyata merupakan singkatan dari Most Effective Tactic Available. Jadi, META adalah metode, taktik, atau teknik paling efektif yang bisa digunakan untuk mencapai suatu objektif dalam permainan. 

23. Ulti, jurus pamungkas yang baru bisa dikeluarkan ketika mengumpulkan energi hingga ke taraf tertentu.

24. FPS, atau singkatan dari First-Person Shooter adalah game online yang biasanya erat kaitannya dengan senapan atau senjata api. Dalam permainan ini, biasanya pemain akan mengambil sudut pandang orang pertama, dan harus mengalahkan tim lawan dengan menggunakan senjata api. Contoh game FPS adalah Call of Duty (COD), Free Fire, PUBG dan lain sebagainya.

25. MMORPG, singkatan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Game adalah game online dengan banyak pemain dalam saat yang sama melalui sebuah permainan bermain peran (RPG). Contoh dari game MMORPG yang terkenal adalah World of Warcraft (WOW), Ragnarok Online, dan Final Fantasy XIV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.