Sukses

7 Potret Kaisar Jepang Kunjungi Keraton Jogja, Mengulang Sejarah Temui Sultan

Keraton Yogyakarta yang jadi saksi ayah Kaisar Naruhito, Kaisar Akihito menemui Sri Sultan Hamengkubuwono X 32 tahun silam.

Liputan6.com, Jakarta Kaisar Jepang belakangan mencuri perhatian beberapa hari mengunjungi Indonesia. Tak lain sosok Kaisar Hironomiya Naruhito mengawali kunjungannya di Jakarta. Kaisar Naruhito saat itu juga disambut penyanyi  Haruka Eks JKT48. Ia juga jadi simbol memperkuat hubungan Indonesia dan Jepang dari industri hiburan dan budaya. 

Kunjungan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito berlanjut ke kota lain. Salah satunya Keraton Yogyakarta yang jadi saksi ayah Kaisar Naruhito, Kaisar Akihito menemui Sri Sultan Hamengkubuwono X 32 tahun silam. Kedatangan Kaisar Hironomiya Naruhito ke DIY ini disambut hangat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas pada jamuan makan malam, 

“Pada tahun 1991, Kaisar Jepang Akihito, ayah dari Kaisar Naruhito, berkunjung ke Keraton Yogyakarta dan ditemui oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Sejarah berulang, Kaisar Naruhito mengikuti jejak sang ayah untuk mengunjungi pula Keraton Yogyakarta, tulis dalam unggahan Instagram Humas Jogja Rabu (21/06/2023).

Selain Jakarta, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako juga berkunjung ke Bogor, Bekasi, dan Yogyakarta. Keduanya ikut mengunjungi bukti peninggalan sejarah masa lampau Jepang dan Indonesia. Berikut Liputan6.com merangkum momen Kaisar Jepang kunjungi Keraton Yogyakarta melansir dari Instagram @humasjogja, Sabtu (24/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Inilah momen hangat pertemuan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bertemu Sri Sultan Hamengkubuwono X.

3 dari 8 halaman

2. Kedua sosok pemimpin didampingi GKR Hemas dalam jamuan makan malam di di Regol Danapratapa, Kompleks Pelataran Srimanganti, Keraton Yogyakarta.

4 dari 8 halaman

3. Dalam kesempatan ini, sempat pula dipamerkan Manuskrip bertajuk Serat Baratayuda yang dibuat pada masa Sri Sultan Hamengku Buwana VII-VIII.

5 dari 8 halaman

4. Kaisar Naruhito disambut layaknya tamu agung dengan bregada prajurit hingga lantunan langgam pareanom.

6 dari 8 halaman

5. Sesuai agenda, Kaisar Naruhio tak didampingi Permaisuri Masako saat kunjungi Keraton Yogyakarta.

7 dari 8 halaman

6. Naruhito juga menikmati sajian khas Kraton kali ini. Setup jambu dipilih sebagai minuman pembuka, diikuti sop ayam, nasi pandan wangi, empal sapi, hingga es teler sebagai penutup.

8 dari 8 halaman

7. Pihak Keraton Yogyakarta yang diwakili GKR Mangkubumi mengungkapkan pertemuan ini menjadi ajang menjalin silaturahmi keluarga Kaisar Jepang dan Sultan Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.