Sukses

Dikira Tumor, Ternyata Pria Ini Punya Kembaran Parasit di Dalam Perut

Mulanya, satu anggota tubuh keluar, lalu anggota tubuh lainnya keluar dari Bhagat.

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan kembar memang menjadi keunikan tersendiri. Pasalnya tak semua ibu bisa memiliki bayi kembar. Nyatanya berbagai tantangan dan perlakuan khusus menyelimuti ibu dengan janin kembar. Selain harus melahirkan dua bayi bersamaan, banyak faktor lain yang membuat bayi kembar tak aman. 

Seperti kisah seorang pria asal India yang tak tahu ia memiliki saudara kembar. Pasalnya, kembaran pria ini tercipta di dalam perutnya, bukan perut sang ibu. Fenomena ini sangat langka ditemui di dunia perkembangbiakan janin bayi. Kini kisah Pria bernama Sanju Bhagat itu sukses mengejutkan banyak orang.

Bhagat terlahir memiliki perut buncit sepanjang hidupnya. Lewat penampilannya yang aneh, tak sedikit orang sekitar menganggapnya lucu. Bahkan ia dijuluki “Pria Hamil” usai melihat perutnya yang buncit. Pasalnya perawakan Bhagat kurus beberapa bagian terlihat tulang. 

Kisah perut buncit Bhagat semakin mengkhawatirkan saat usianya menginjak 20 tahun. Terlahir dari keluarga miskin tak memperdulikan tanda-tanda kelainan tubuhnya meski diketahui sejak kecil. Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum kisah pria punya saudara kembar di perut melansir dari Unilad, Kamis (22/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perut Berisi Anggota Badan Manusia Kembaran

Bhagat lahir di Nagpur, India pada tahun 1963 dan tidak menunjukkan tanda-tanda kelainan medis saat masih kecil. Selama hidupnya, ia hanya ingin terus bekerja dan menafkahi keluarganya. Bhagat tidak menghiraukan perutnya yang semakin membesar meski terus menerus tertawa.

Dia hanya menunduk, mengabaikan permintaan khawatir keluarganya untuk diperiksa dan tidak ingin mengambil cuti kerja. Tapi akhirnya, dia tidak punya pilihan, dia dilarikan ke rumah sakit di Mumbai pada tahun 1999 setelah tonjolan besar menekan diafragma dan membuatnya berhenti bernapas.

Berbicara kepada History Defined, Dr Ajay Mehta melihat perut raksasa Bhagat dan berasumsi ada tumor di sana, tapi dia sangat salah. Dokter mengiris perut yang mengeluarkan cairan sebelum mengungkapkan manusia yang sebenarnya.

Dia baru saja memasukkan tangannya ke dalam dan dia berkata ada banyak tulang di dalamnya. Mulanya, satu anggota tubuh keluar, lalu anggota tubuh lainnya keluar. Lalu sebagian kelamin, kemudian sebagian rambut, sebagian anggota badan, rahang, anggota badan dan rambut.

“Kami merasa ngeri. Kami bingung dan takjub… Yang mengejutkan dan ngeri, saya bisa berjabat tangan dengan seseorang di dalam. Itu sedikit mengejutkan bagi saya.” kata dokter bedah Bhagat.

3 dari 3 halaman

Bhagat Tak Berani Melihat Kembaran Usai Bersarang di Perutnya Selama 36 Tahun

Bhagat dilaporkan 'menolak untuk melihat' kembaran 'segumpal rambut dan daging' yang telah diambil darinya dan sekarang kembali mencoba untuk hidup normal. Terbebas dari saudara kembar yang hidup dari isi perutnya, dia disebut sebagai 'pria hamil' karena perutnya yang besar membuatnya menonjol di komunitas kecilnya.

Lebih jelasnya, fenomena yang dialami Bhagat adalah bagian dari 'fetus in fetu'.  Kembar parasit atau fetus in fetu adalah suatu kelainan langka pada janin di mana salah satu janin anak kembar ditemukan berada di dalam tubuh janin kembar lainnya. Kasus kembar parasit hanya tercatat sekitar 100 kali, dan umumnya lebih sering terjadi pada pria. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.