Sukses

Pria 23 Tahun Ini Jadi Seperti Bocah Pasca Operasi Tumor, Alami Kondisi Langka

Pria ini didiagnosis menderita craniopharyngioma

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, wajah dan tubuh ikut menua. Hal ini sudah menjadi siklus kehidupan manusia yang banyak orang menyadarinya. Namun bagaimana jika usia bertambah tua namun wajah dan tubuhnya justru terlihat lebih muda 10 tahun. Hal inilah yang dialami seorang pria bernama Luiz Augusto Márcio Marques.

Pria berusia 23 tahun itu kini jadi sorotan setelah berhenti tumbuh pasca menjalani  operasi pengangkatan tumor yang sangat langka dan ganas. Hari ini Luiz, yang lebih dikenal sebagai Guto di kota asalnya Passo Fundo, di Brasil Selatan itu terlihat seperti anak laki-laki berusia 13 tahun.

Mulanya, Guto memiliki kehidupan yang sangat normal sampai usia 7 tahun. Saat itu ia merasakan sakit kepala yang parah. Tak satupun dari dokter yang dibawa orang tuanya dapat mendiagnosis kondisinya dengan benar. Ia mengeluhkan sakit kepala mulai memengaruhi aktivitas sekolah dan kehidupan sehari-harinya. 

Ada yang mengklaim bahwa itu hanya virus, sementara yang lain mengatakan bahwa itu adalah kondisi psikologis. Bahkan dia dianggap hanya mengada-ada karena malas. Hanya setelah bocah itu menderita kejang, dia dibawa ke rumah sakit kota di mana penyebab sebenarnya dari sakit kepalanya akhirnya terungkap.

Berikut Liptuan6.com merangkum kisah pria yang berhenti tumbuh melansir dari Oddity Central, Selasa, (20/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Idap Penyakit Langka Terlihat 10 Tahun Lebih Muda

Guto didiagnosis menderita craniopharyngioma, suatu jenis tumor otak yang sangat langka dan hanya menyerang sekitar satu dari sejuta orang. Dokter memberitahu bibi Guto bahwa satu-satunya cara untuk menyelamatkannya adalah dengan mengoperasi dan mengangkat sebagian tumor tersebut, jika tidak, nyawanya akan terancam dalam hitungan hari.

Namun, operasi tersebut memiliki banyak risiko. Lokasi tumor membuat Guto kehilangan kemampuan untuk berjalan, berbicara, dan menggerakkan matanya, serta pertumbuhannya dapat terpengaruh. Meskipun demikian, keluarganya memutuskan untuk mengambil risiko dan menyelamatkan nyawa Guto.

Setelah operasi, Guto ditempatkan di ruang perawatan intensif di mana dia diawasi secara ketat oleh dokter. Tujuannya adalah untuk melihat apakah dia akan mengalami kejang atau menunjukkan gejala yang tidak biasa. Beruntung, Guto pulih dengan sempurna. Namun, setelah menjalani serangkaian tes, dokter memberikan beberapa berita yang suram.

"Nyaris tidak ada kasus yang sama seperti Guto, kemungkinan hanya satu kasus per 50 juta atau lebih, karena tidak ada statistik yang pasti," kata Nério Azambuja Jr., seorang ahli bedah saraf yang menangani Guto. Dia juga menambahkan bahwa Guto, yang kini berusia 23 tahun, akan selalu terlihat jauh lebih muda daripada usianya yang sebenarnya.

3 dari 4 halaman

Operasi Masih Meninggalkan Tumor di Otak

Selama operasi, kelenjar pituitari Guto mengalami dampak, yang kemungkinan besar menghentikan pertumbuhannya secara normal dalam beberapa kondisi. Durasi pastinya belum diketahui, bisa dalam satu, dua, atau tiga tahun. Pertumbuhannya terhenti sekitar saat usianya 12 tahun, dan pada usia 23 tahun seperti sekarang, Guto terlihat setidaknya sepuluh tahun lebih muda.

Dalam kasus Guto, dokter hanya dapat mengangkat sekitar 20 persen craniopharyngioma tanpa menyebabkan kerusakan permanen pada otaknya. Oleh karena itu, Guto harus menjalani beberapa sesi kemoterapi untuk mengecilkan tumor tersebut.

Salah satu opsi yang dimiliki dokter adalah menggantikan fungsi kelenjar hipofisis Guto dengan menyuntiknya dengan hormon pertumbuhan. Namun, prosedur ini memiliki risiko memperbesar tumor, sehingga keluarga Guto memutuskan untuk tidak melakukannya.

Saat ini, Guto berusia 23 tahun dengan tinggi 1,62 meter dan berat sekitar 50kg, namun terlihat tidak lebih dari 13 tahun. Meskipun begitu, dia tidak membiarkan hal tersebut mempengaruhi dirinya.

4 dari 4 halaman

Guto Sempat Menjauh dari Masyarakat

Kehidupan Luiz Augusto berubah ketika pertumbuhannya berhenti. Dia menghadapi tantangan besar dalam menerima kondisinya dan menyadari bahwa dia tidak akan pernah melihat usia lanjut. Dia memberontak, tidak lagi berbicara dengan siapa pun di sekolah, termasuk para guru. Satu-satunya yang membantunya mengatasi kesedihannya adalah keluarganya.

"Saya tidak akan bisa menghadapinya tanpa keluarga saya. Saya tahu orang-orang yang menderita kanker dan meninggalkan segalanya," kata Guto kepada BBC.

"Hari ini, saya tidak peduli dengan orang lain. Saya berteman dengan orang tua, orang yang berusia 20, 30, 40 tahun, dan mereka tidak menghakimi saya atau mengatakan hal-hal buruk kepada saya. Hari ini saya merasa baik, saya banyak berbicara, dan saya tidak malu dengan apa pun."

Dia bersyukur masih hidup setelah beberapa tahun menjalani kemoterapi dan 12 operasi kepala, termasuk pemasangan katup untuk mengalirkan cairan serebrospinal di tengkoraknya. Meskipun masih ada tumor seukuran kacang di otaknya, dia tidak lagi merasakan sakit kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.