Sukses

Apa yang Dimaksud dengan Internet? Ini Pengertian dan Manfaatnya

Internet adalah sebuah jaringan komputer dengan sumber daya informasi.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang dimaksud dengan internet? Internet adalah jaringan komputer global yang menghubungkan miliaran perangkat di seluruh dunia. Ini memungkinkan pertukaran informasi, komunikasi, dan akses ke berbagai sumber daya secara cepat dan efisien.

Melalui internet, setiap orang dapat mencari informasi, berkomunikasi melalui pesan teks atau panggilan video, berbagi konten, melakukan transaksi bisnis, dan bahkan mengakses layanan hiburan. Internet telah mengubah cara kita bekerja, belajar, berinteraksi, dan menjalani kehidupan sehari-hari secara keseluruhan.

Apa yang dimaksud dengan internet, beroperasi berdasarkan protokol komunikasi yang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol yang memungkinkan pengiriman paket data antara perangkat yang terhubung dalam jaringan. Data dikirim melalui koneksi jaringan yang dapat berupa kabel, serat optik, atau nirkabel.

Selain itu, apa yang dimaksud dengan internet juga terdiri dari berbagai aplikasi dan layanan seperti web browsing, email, media sosial, streaming video, dan lainnya, yang memperkaya pengalaman pengguna dalam menjelajahi dan memanfaatkan jaringan internet. Simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang apa yang dimaksud dengan internet dan manfaatnya, Minggu (11/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaringan Komputer dengan Sumber Daya Informasi

Apa yang dimaksud dengan internet adalah jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia. Dalam jaringan ini, terdapat berbagai sumber daya informasi dari yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Modul Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mendefinisikaninternet sebagai jaringan komputer global yang menyediakan akses ke berbagai sumber daya informasi.

Sejarah internet di mulai pada 1969 dengan riset yang dilakukan oleh U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) Departemen Pertahanan Amerika. Riset ini bertujuan menghubungkan sejumlah komputer untuk membentuk jaringan organik yang dikenal dengan nama ARPANET.

Pada tahun 1992, jumlah komputer yang terhubung dalam jaringan sudah mencapai lebih dari satu juta. Pada tahun yang sama, istilah "surfing the internet" mulai digunakan. Pada tahun 1994, jumlah situs internet sudah mencapai 3000 halaman, dan virtual-shopping atau e-retail pertama kali muncul. Perkembangan ini mengubah dunia, dan pada tahun yang sama, Yahoo! dan Netscape Navigator 1.0 didirikan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apa yang dimaksud dengan internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Hal yang sama dijelaskan dalam buku berjudul Handout Komputer Teknologi Informasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud RI juga menjelaskan apa yang dimaksud dengan internet adalah jaringan komputer luas dan besar yang menghubungkan seluruh pengguna komputer dari satu negara ke negara lain.

Internet menjadi media yang digunakan untuk berbagai proses komunikasi, seperti web, VoIP, dan email. Media ini dapat menghubungkan pengguna dengan berbagai aplikasi dan layanan komunikasi.

Dalam buku berjudul Panduan Bijak Belajar Internet Untuk Anak (2016) oleh Anhar, apa yang dimaksud dengan internet pada kesimpulannya, ini jaringan atau sistem pada jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan Sistem Global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP). Internet melayani miliaran pengguna di seluruh dunia dengan melakukan pertukaran paket data.

 

3 dari 3 halaman

1. Mengaburkan Batas Jarak dan Waktu

Salah satu hal yang paling menarik tentang internet adalah bahwa keanggotaannya tidak terbatas oleh batasan negara, ras, kelas ekonomi, ideologi, atau faktor lain yang biasanya dapat menjadi hambatan dalam pertukaran pikiran. Apa yang dimaksud dengan internet merupakan komunitas global yang memiliki sifat yang sangat demokratis, semua anggotanya dihormati dan mengikuti kode etik yang telah ditetapkan.

Manfaat utama yang diperoleh dari penggunaan internet terutama berasal dari kerjasama antar individu atau kelompok tanpa mengenal batasan jarak dan waktu. Melalui apa yang dimaksud dengan internet, seseorang dapat berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia tanpa harus terbatas oleh batas-batas geografis.

Lalu, dalam modul UNY ditegaskan bahwa dengan hanya beberapa klik, seseorang dapat terhubung dengan individu atau kelompok yang memiliki minat atau tujuan yang sama, terlepas dari lokasi geografis mereka. Ini memberikan peluang untuk berbagi pemikiran, pengetahuan, dan pengalaman dengan orang-orang yang mungkin memiliki latar belakang dan pandangan yang berbeda.

2. Memudahkan Pekerjaan Manusia

Manfaat internet menurut buku berjudul Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meliputi beberapa aspek yang secara signifikan mempengaruhi kehidupan manusia. Seperti memudahkan pekerjaan manusia.

Apa yang dimaksud dengan internet telah mengubah cara kerja manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Dalam mencari informasi, berita, atau data tertentu, seseorang tidak lagi terbatas pada koran atau perpustakaan fisik. Melalui internet, informasi dapat diakses dengan cepat dan mudah hanya dengan beberapa kali klik. Ini memungkinkan pekerjaan yang membutuhkan pencarian informasi dapat selesai dengan lebih efisien dan waktu yang lebih singkat.

3. Memudahkan dalam Proses Komunikasi, Lebih Cepat

Selanjutnya, apa yang dimaksud dengan internet juga memungkinkan komunikasi yang mudah dan cepat antara individu. Melalui pesan teks atau telepon, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain di seluruh dunia dalam hitungan detik. Hal ini menghilangkan hambatan jarak dan waktu dalam berkomunikasi, memudahkan kolaborasi dalam pekerjaan tim, atau menjaga hubungan dengan orang-orang terkasih yang berada di tempat yang jauh.

4. Pendidikan Menjadi Lebih Mudah Diakses Siapa Saja dan Kapan Saja

Terakhir, Kemdikbud menjelasakan apa yang dimaksud dengan internet, memberikan akses mudah terhadap pendidikan. Dalam buku tersebut, disebutkan bahwa melalui internet, seseorang dapat mengakses pembelajaran secara online dan memperoleh informasi tentang beasiswa dengan mudah.

Ini berarti pendidikan tidak lagi terbatas pada ruang kelas fisik atau pembelajaran tatap muka saja, tetapi dapat diakses oleh siapa saja di mana saja yang memiliki koneksi internet. Ini membuka pintu bagi pendidikan yang lebih inklusif dan peluang untuk meningkatkan kualifikasi dan pengetahuan melalui pembelajaran jarak jauh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.