Sukses

Doa Pindah Rumah Baru dalam Bahasa Arab dan Artinya, Wajib Diamalkan Supaya Berkah

Simak bacaan doa pindah rumah baru yang bisa anda amalkan dan hafalkan ketika sedang menempati rumah yang baru.

Liputan6.com, Jakarta Doa pindah rumah baru penting diketahui oleh setiap umat Muslim. Hal ini agar rumah yang baru memberikan kenyamanan, berkah dan kehidupan baru yang membahagiakan. Membaca doa pindah rumah baru juga sebagai bentuk syukur atas nimat yang Allah SWT berikan.

Selain itu, tujuan lain dari membaca doa pindah rumah baru adalah agar bisa membawa kebaikan bagi penghuninya. Hal ini juga perlu dilakukan untuk memohon perlindungan dari Allah SWT agar tidak mendapat gangguan dari jin dan setan.

Ada sejumlah doa pindah rumah baru yang bisa anda amalkan dan hafalkan oleh umat Muslim. Berikut ini bacaan doa pindah rumah baru dalam bahasa Arab dan artinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (9/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Pindah Rumah Baru dalam Bahasa Arab dan Artinya

Berikut ini bacaan doa pindah rumah baru dalam bahasa Arab dan artinya yang bisa anda amalkan sebagai bentuk syukur atas nikmat Allah SWT, yakni:

اَللّٰهُمَّ يَا مَنْ فَلَقَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى بْنِ عِمْرَانَ وَنَجَّى يُوْنُسَ مِنْ بَطْنِ الْحُوْتِ وَسَيَّرَ الْفُلْكَ لِمَنْ شَاءَ أَنْتَ الْعَالِمُ بِعَدَدِ قَطْرِ الْبِحَارِ وَذَرَّاتِ الرِّمَالِ يَا خَالِقَ أَصْنَافِ عَجَائِبِ الْمَخْلُوْقَاتِ أَسْأَلُكَ الْكِفَايَةَ يَا كَافِيَ مَنْ اِسْتَكْفَاهُ يَا مُجِيْبَ مَنْ دَعَاهُ يَا مُقِيْلَ مَنْ رَجَاهُ أَنْتَ الْكَافِيْ لَا كَافِيَ إِلَّا أَنْتَ، اِكْفِنِيْ شَرَّمَا أَخَافُ وَأَحْذَرُ وَامْلَأْ مَنْزِلِيْ هٰذَا خَيْرًا وَبَرَكَةً وَصَلِّ عَلَى نَبِيِّكَ وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Arab Latin: Allahumma ya man falaqal bahra li Musa bin ‘Imran, wa najja Yunusa min bathnil hut, wa sayyaral fulka li man sya a, antal 'alimu bi 'adadi qathril bihari, wa dzarratir rimal. Ya Khaliqa ashnafi 'aja’ibil makhluqat. 

As’alukal kifayah, ya kafiya man istakfah, ya Mujiba man da'ah, ya muqila man rajah. Antal kafi, la kafiya illa anta. Ikfinî syarra ma akhafu wa ahdzar. Wamla’ manzilî hadza khairan wa barakah. Washalli 'ala nabiyyika wa rasulika sayyidina Muhammadin wa alihi wa shahbih wa sallim.

Artinya: “Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin ‘Imran, dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapapun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan-satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk-makhluk. 

Aku memohon kepada-Mu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepada-Nya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepada-Nya, yang mengampuni hamba yang mengharap rahmat-Nya, Engkau maha mencukupi. 

Tiada yang mencukupi selain-Mu. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang aku khawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Shalawat salam semoga tercurah kepada nabi dan utusan-Mu, junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, dan kepada para keluarga serta sahabatnya.”

3 dari 3 halaman

Rangkaian Doa Menempati Rumah Baru

Setelah mengetahui bacaan doa pindah rumah baru, ada serangkaian amalan doa menempati rumah baru yang perlu dibaca oleh penghuninya. Berikut rangkaiannya yang dikutip dari Kitab Al-Wasa'ilis Syafi'ah oleh Syekh Al-Habib Muhammad bin Ali Khirid Al-Alawi Al Husaini At-Tarimi,

1. Membaca surat Al-Fatihah

Berikut ini bacaan surat Al-Fatihah dalam bahasa Arab, Latin dan artinya yang bisa diamalkan sebanyak tiga kali, yakni:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Arab Latin : Bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ

Arab Latin : Al-ḥamdu lillāhi rabbil-‘ālamīn

Artinya : "Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam" 

الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ

Arab Latin : Ar-raḥmānir-raḥīm

Artinya : "Yang Maha Pengasih, Maha Penyanyang."

مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ

Arab Latin : Māliki yaumid-dīn

Artinya : "Pemilik hari pembalasan."

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ

Arab Latin : Iyyāka na‘budu wa iyyāka nasta‘īn

Artinya : "Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkau kami memohon pertolongan."

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ

Arab Latin : Ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm

Artinya : "Tunjukanlah kepada kami jalan yang lurus."

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

Arab Latin : Ṣirāṭal-lażīna an‘amta ‘alaihim, gairil-magḍūbi ‘alaihim wa laḍ-ḍāllīn

Artinya :(Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

2. Membaca surat Al-Mu’minun

Selanjutnya adalah membaca Surat Al Mu’minun ayat 28-29. Adapun bunyi dan terjemahannya adalah sebagai berikut.

فَإِذَا ٱسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى ٱلْفُلْكِ فَقُلِ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى نَجَّىٰنَا مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

Arab Latin: Fa izastawaita anta wa mam ma'aka 'alal-fulki fa qulil-ḥamdu lillahillazi najjana minal-qaumiz-zalimin.

Artinya: “Apabila kamu dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas bahtera itu, maka ucapkanlah 'Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim'”.

ا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْمُنزِلِينَ

Arab Latin: Wa qur rabbi anzilni munzalam mubarakaw wa anta khairul-munzilin.

Artinya: “Dan berdoalah, 'Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik yang memberi tempat'”.

3. Membaca doa pindah rumah baru

Setelah mengamalkan surat Al-Fatihah dan Al-Mu'minun, anda bisa melanjutkannya dengan membaca bacaan doa pindah rumah baru yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.