Sukses

50 Ucapan Pernikahan dalam Islam Bahasa Arab dan Ungkapan Penuh Doa

Ucapan pernikahan dalam Islam kerap kali diikuti dengan doa.

Liputan6.com, Jakarta Ucapan pernikahan dalam Islam kerap kali diikuti dengan doa. Doa ini merupakan harapan dan permohonan agar pernikahan kedua mempelai selalu diliputi berkah oleh Allah SWT. Apalagi, pernikahan merupakan momen membahagiakan bagi tiap pasangan dan orang-orang di sekitarnya.

Ucapan selamat pernikahan Islam yang menyentuh hati bisa menambah kebahagiaan mereka. Ucapan pernikahan yang berbeda dan menyentuh hati tentunya ingin kamu sampaikan kepada kedua mempelai agar lebih berkesan bagi mereka.

Ucapan pernikahan dalam Islam merupakan ungkapan selamat yang tulus berisi harapan dan doa bagi kedua mempelai. Kamu juga bisa menyampaikan doa berikut untuk orang yang menikah:

Baarakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan."

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/6/2023) tentang ucapan pernikahan dalam Islam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ucapan Pernikahan dalam Islam Bahasa Arab

Berikut ucapan pernikahan dalam Islam bahasa Arab:

1. "Barakallahu lakuma wa baraka a'laikuma wa jama'a bainakuma fii khoiiir."

Artinya: Semoga Allah memberikan keberkahan kepadamu serta keberkahan atasmu dan semoga Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.

2. Barakallahu lakum wa baraka alaikum

Artinya: “Mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan keberkahan atas kalian) Itulah ucapan yang diajarkan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa sallam.”

3. Alfu mabrukin lil’arusi wal’arisi ‘ala zawajis-sa’idi.

Artinya: Selamat kepada kedua mempelai atas pernikahan bahagia.

4. Tahanina, tamniyyatuna lakum bidawamis-sa’adati.

Artinya: Selamat, Kami berharap Anda terus bahagia.

5. Alfu mabrukin liahla ‘arusaini fil’alami.

Artinya: Selamat untuk pengantin baru paling manis di dunia.

6. Alfu mabrukin liajmali ‘arusaini.

Artinya: Selamat untuk pengantin baru yang paling cantik.

7. "Masya Allah, kalian pasangan sempurna yang pernah saya lihat! Kalian berdua seperti belahan jiwa satu sama lain dan bersama-sama kalian begitu kuat sehingga tidak ada yang bisa mengalahkan. Ya Allah, jaga mereka dalam karunia-Mu!"

8. "Alhamdulillah! Selamat! Saat kalian bersatu dalam pernikahan, saya berharap kalian dipenuhi kebahagiaan, cinta, dan kegembiraan! Semoga Allah merahmati kalian!"

9. Ahlat-tahani wa ajmalul-umniyyati bi munasabati zawajikuma.

Artinya: Selamat dan harapan terbaik atas kesempatan pernikahan Anda.” (M. Zidni Nafi’)

10. Baarakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan."

3 dari 5 halaman

Ucapan Pernikahan dalam Islam Penuh Doa

Berikut ucapan pernikahan dalam Islam yang penuh doa:

1. "Selamat menempuh hidup baru, semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, dan warrahmah."

2. "Selamat menikah, semoga Allah menyempurnakan kebahagiaan kalan dan menyempurnakan ibadah kalian, serta memberikan petunjuk dalam setiap keputusan."

3. "Selamat menempuh hidup baru. Semoga cinta dan kebahagiaan selalu mengisi hari-hari kalian dan menjadi keluarga sakinah, mawadah, warohmah untuk kalian berdua."

4. "Tidak ada pasangan yang sesempurna kalian berdua. Selamat atas pernikahan kalian. Allah menciptakan kalian untuk satu sama lain."

5. "Semoga pernikahan ini bertahan selama-lamanya dan membawa kegembiraan tanpa akhir bagi semua orang yang dekat dengan jiwa-jiwa yang indah ini. Semoga Allah menghujani kalian berdua dengan kedamaian dan kebahagiaan abadi!"

6. "Alhamdulillah, selamat atas pernikahan kalian. Semoga selalu dilimpahi keberkahan, kebaikan, dan cinta. Jazakallahu khairan katsiran."

7. "Selamat atas pernikahanmu, semoga kamu bisa menjadi imam yang baik dan mampu menuntun keluargamu menuju surga Allah SWT."

8. "Doa-doaku selalu bersamamu. Semoga Allah melimpahkan keberkahannya pada dirimu dan istrimu."

9. "Semoga Allah memberikan kebijaksanaan dan pengetahuan yang kalian butuhkan untuk menjalankan fase baru dalam hidup ini."

10. "Semoga Allah membantu kalian berdua untuk menemukan kebahagiaan dan kesenangan satu sama lain. Selamat menikah."

4 dari 5 halaman

Ucapan Pernikahan dalam Islam yang Lucu

Berikut ucapan pernikahan dalam Islam yang lucu:

1. "Beli sprei warnanya ungu, besoknya diganti biru muda. Selamat menempuh hidup baru, semoga selalu bahagia berdua."

2. Selamat untuk pernikahan kalian. Semoga ikatan ini akan bertahan selamanya, dan jika itu berubah, semoga itu berubah menjadi lebih kuat dan lebih baik.

3. "Pergi kita ke Kota Mekkah. Jangan lupa bawa sajadah. Senangnya yang baru menikah. Semoga sakinah mawadah warohmah."

4. "Ketika kamu menyadari bahwa kamu ingin menghabiskan sisa hidupmu dengan seseorang, kamu ingin sisa hidupmu dimulai sesegera mungkin. Selamat memulai hidup baru"

5. Berbahagialah kawan … Kini segala pekerjaanmu adalah ibadah, kini segala ibadahmu berlipat ganda, kini kehidupanmu lebih bermakna.

6. Selamat menempuh hidup baru, semoga jadi keluarga yang saqinah, mawaddah, warrohmah, mendapatkan keturunan yang sholeh serta sholeha, diberikan rejeki yang berkah dan melimpah, serta selalu di dalam lindungan serta kasih sayang Allah SWT.

7. “Selamat Menempuh hidup baru, ya! Semoga langgeng hingga kakek nenek.”

8. "Selamat atas pernikahannya, semoga menjadi titik perjalanan hidup bersama yang lebih membahagiakan."

9. "Semoga pernikahan kalian menjadi pernikahan abadi dan bisa membawa kebahagiaan bagi orang sekitar."

10. "Selamat berbahagia, semoga menjadi pasangan sejati yang abadi."

11. "Selamat menikah, ya! Orang bilang nikah itu seperti film drama. Semoga lebih banyak adegan komedi dan romantisnya daripada adegan melow... hehehe."

12. Mencintai dan dicintai adalah puncak kebahagiaan dan kekayaan. Semoga kalian tidak pernah melupakan harta berharga ini sepanjang hari bersama.

13. Semoga rumah tangga kalian selalu diberkahi dan mendapatkan kebahagiaan. Selalu jaga kepercayaan masing-masing, ya! Selamat menempuh hidup baru, sahabatku!

14. Selamat atas pernikahanya, mudah-mudahan Allah SWT memberi dan melimpahkan atas kalian keberkahan.

15. Pada hari istimewa ini kami berharap kedua teman kami mendapatkan masa depan cerah yang dipenuhi dengan sukacita dan kebahagiaan. Semoga semua berkat datang kepadamu. Kalian berdua pantas mendapatkan yang terbaik.

16. "Gak nyangka akhirnya temen gue yang satu ini nikah juga. Setelah ratusan wanita nolak lo, akhirnya salah satunya mau juga ya sama lo? Hahah. Semoga bahagia terus ya bro, semoga cepet dapet momongan yang gak bandel kaya lo."

17. "Semoga istri lo selalu sabar ya ngadepin lo? Hahaha. Selamat menempuh hidup baru, bro. Semoga pernikahan lo selalu diberikan kebahagiaan."

18. Semoga Allah swt menyempurnakan kebahagiaan kalian, dan menjadikan pernikahan kalian sebagai ibadah kepada-Nya.

19. Selamat menempuh hidup baru! Semoga rumah tanggamu selalu diberkahi cinta dan hal-hal baik yang menyertai. Doaku selalu menyertai kalian berdua.

20. Selamat menempuh hidup baru! Hari pernikahan akan datang dan berakhir, tapi semoga cinta kalian terus tumbuh.

5 dari 5 halaman

Ucapan Pernikahan dalam Islam Penuh Makna

Berikut ucapan pernikahan dalam Islam penuh makna:

1. "Ya Allah! Engkau Maha Penyayang, berikan pasangan yang penuh kasih ini kemampuan untuk tetap bersama! Semoga kalian mendapatkan kehidupan suami istri yang paling bahagia. Semoga Allah merahmati kalian berdua!"

2. "Semoga Allah SWT selalu menguatkan ikatan pernikahan kalian dan diberkahi dengan iman di dalamnya."

3. "Ya Allah, karuniakan mereka dengan kebahagiaan dan kegembiraan yang tak terhitung. Buatlah mereka saling mencintai dan menghargai satu sama lain selamanya."

4. "Selamat menikah. Semoga Allah memberimu kebahagiaan dan kegembiraan, dan kebahagiaan itu tetap ada sampai hari terakhir hidupmu."

5. "Kalian terlihat sangat bahagia di pernikahan ini. Alhamdulillah! Kebahagiaan ini adalah indikasi cinta dan berkah Allah! Semoga awal kehidupan baru kalian berdua dipenuhi kebahagiaan."

6. "Semoga Allah memperkuat ikatan yang menyatukan hati kalian dan merahmati dua hati dengan iman dan cinta satu sama lain! Selamat menikah!"

7. "Segala rahmat bagi Allah karena dia mendekatkan dua hati yang murni satu sama lain dan mengikatnya dalam ikatan pernikahan yang suci. Semoga rahmat-Nya selalu menyertai Anda!"

8. "Subhanallah! Semoga kalian selalu saling memberi cinta tanpa syarat. Semoga kalian mendapatkan keberuntungan terbaik dan kehidupan terindah di depan!"

9. "Semoga Allah SWT mencurahkan rahmat-Nya pada rumah tangga kalian. Dia akan memberi kalian berdua kebahagiaan di dalam dan di luar. Selamat menikah."

10. "Kalian terlihat sangat bahagia di pernikahan ini. Alhamdulillah! Kebahagiaan ini adalah indikasi cinta dan berkah Allah! Semoga awal kehidupan baru kalian berdua dipenuhi kebahagiaan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.