Sukses

Apa Itu Koda? Ketahui Pengertian dan Contoh Penggunaannya

Koda adalah bagian dari penutup yang menegaskan pesan atau amanat.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu koda adalah istilah yang sering digunakan dalam novel maupun karya sastra yang lain. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, apa itu koda adalah bagian terakhir sebuah komposisi musik sebagai penutup atau penutup lagu.

Memahami apa itu koda merupakan bagian penting dari penutup dan penegas sesuatu karya sastra. Hal ini bertujuan untuk sebagai penegas tentang hal yang dikritik dalam cerita atau sebagai penegas dalam lagu.

Pernyataan yang sama juga ditegaskan dalam modul berjudul Contoh Teks Inspiratif Lengkap dengan Strukturnya yang dipublikasikan Universitas Bina Sarana Informatika, menjelaskan bahwa apa itu koda adalah pesan moral yang ada dalam sebuah cerita.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai apa itu koda dan contoh penggunaannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Koda

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, apa itu koda adalah bagian terakhir sebuah komposisi musik sebagai penutup atau penutup lagu. Dalam penggunaannya, kata koda ini bukan hanya diperuntukkan untuk lagu, namun juga karya sastra yang lain seperti novel, cerpen, drama, anekdot, dan lainnya.

Dalam sebuah karya sastra, apa itu koda adalah bagian dari penutup yang menegaskan pesan atau amanat. Koda adalah bagian yang memudahkan pembaca memahami inti sari sebuah kisah atau cerita.

Dikutip dari buku Menulis Kreatif (2023) karya Anita Candra Dewi, menjelaskan bahwa apa itu koda adalah nilai atau pelajaran yang bisa diambil dari teks cerita pendek oleh pembaca. Biasanya koda ini berada di bagian terakhir teks cerita yang berisikan pesan-pesan dan amanat yang terdapat di dalam cerita fabel.

Hal yang sama juga ditegaskan dalam buku Explore Bahasa Indonesia Jilid 3 (2014) karya Erwan Rachmat, menjelaskan bahwa apa itu koda merupakan bagian berisi pelajaran atau hikmah yang dapat dipetik dari kisah dalam cerpen. Koda biasanya berupa nasihat, pelajaran, atau peringatan kepada pembaca.

Melansir dari modul berjudul Contoh Teks Inspiratif Lengkap dengan Strukturnya yang dipublikasikan Universitas Bina Sarana Informatika, koda adalah bagian dari struktur teks. Koda adalah struktur yang membangun sebuah teks menjadi lebih sempurna. Selain koda, struktur pembangun teks adalah orientasi (pengenalan), rangkaian peristiwa, komplikasi (puncak peristiwa), dan resolusi (penyelesaian).

Sehingga dapat disimpulkan bahwa apa itu koda adalah tahap akhir dalam struktur teks inspiratif yang berisi kesimpulan dari keseluruhan peristiwa termasuk konflik yang terjadi. Sehingga pada bagian ini, pembaca dapat memetik nilai-nilai atau pesan moral untuk diteladani dan direalisasikan dalam kehidupan. Bagian koda biasanya terdapat pada paragraf terakhir.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri dari Koda

Dalam buku yang berjudul Bestie Book Bahasa Indonesia SMA/MA (2022) oleh The King Eduka, menjelaskan beberapa ciri-ciri dari koda adalah:

  1. Berada di akhir cerita.
  2. Biasanya penulis akan memberikan komentar pada koda ini melalui dirinya sendiri atau mewakilkannya pada tokoh dalam novelnya.
  3. Berupa kesimpulan yang memuat inti sari dari cerita pendek, novel, ataupun karya sastra lainnya.
  4. Adanya penegasan terhadap pesan.
4 dari 4 halaman

Contoh Penggunaan Koda

Berikut ini terdapat beberapa contoh penggunaan koda dalam karya sastra, yakni:

a. Judul teks inspiratif: Hilda dan Ulangan Fisika

Contoh Koda: Keesokan harinya, semua anak-anak kelas 9 sukses mengerjakan ulangan Fisika. Bahkan, semuanya mendapatkan nilai yang bagus, termasuk Hilda. Setelah kejadian itu, Hilda semakin mudah bergaul dengan teman-teman lainnya. Semua siswa akhirnya menyadari jika setiap masalah akan bisa dicari jalan keluarnya jika mereka berusaha dengan baik.

b. Judul teks inspiratif: Tabungan Adinda

Contoh Koda: Adinda akhirnya berhasil membeli sesuatu yang dia inginkan dengan tabungannya. Adinda tetap percaya bahwa menabung pangkal kaya. Ia telah berhasil membantu orang tuanya di saat kesulitan. Hal itu membuat Adinda semakin semangat untuk menabung.

c. Judul teks inspiratif: Kuliah atau Kerja?

Contoh Koda: Beberapa bulan setelah bekerja, akhirnya Rival bisa menabung dari gaji yang sudah ia kumpulkan. Biaya sekolah adiknya bisa ditanggung, dan bisa menyisihkan uang untuk membayar biaya pendaftaran kuliah. Akhirnya pada tahun berikutnya, Rival bisa bekerja sambil kuliah setelah memiliki penghasilan sendiri.

d. Judul teks inspiratif: Serangkai Bunga untuk Ibu

Contoh Koda: Sudah dua tahun lebih Pak Dimas belum sempat pulang untuk menjenguk ibunya. Melihat peristiwa tadi, ia sadar betapa beruntungnya bahwa ibunya masih diberi kesehatan, sehingga masih mampu menginjakkan kakinya di dunia ini. Padahal, bocah laki-laki tadi masih kecil dan kemungkinan besar ibunya pun meninggal di usia yang jauh lebih belia dibandingkan dengan orang tua Pak Dimas. Terkadang, apa yang kita miliki baru terasa ketika cerminan pahitnya berdiri di depan kita.

e. Judul teks inspiratif: Belajar dari Sebuah Kepompong

Contoh Koda: Si anak rupanya tidak mengerti bahwa kupu-kupu perlu berjuang dengan usahanya sendiri untuk membebaskan diri dari kepompongnya. Lubang kecil yang perlu dilalui akan memaksa cairan dari tubuh kupu-kupu masuk ke dalam sayap-sayapnya, sehingga dia akan siap terbang dan memperoleh kebebasan.

f. Judul teks inspiratif: Sahabat

Contoh Koda: Dalam persahabatan, sesekali memang kita perlu menyadarkan sahabat kita. Hal ini tentu untuk kebaikan sahabat kita sendiri. Namun, saat dengan mudah ingin mengakhiri persahabatan dengan sahabat kita sejak kecil, sebaiknya pikirkan kembali karena mungkin saja sahabat kita telah memberikan kebaikan yang jumlahnya tak terhitung.

Dalam persahabatan, jika sahabat kita telah menolak saat dinasihati (khususnya mengenai perubahan sikap) maka cukup yakin bahwa suatu saat dia bisa berubah, tanpa perlu kita perintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.