Sukses

20 Wisata Malaysia yang Terpopuler, Cocok untuk Pelesiran Bersama Keluarga

Ini dia daftar wisata Malaysia yang dapat menjadi referensi Anda ketika ingin berlibur dengan suasana yang berbeda dan unik.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Malaysia wajib masuk daftar liburanmu saat telah lelah dengan rutinitas setiap hari. Destinasi wisata yang disuguhkan oleh negara Malaysia juga tak perlu diragukan lagi, baik wisata alam, sejarah, budaya, hingga tempat-tempat ikonik lengkap ada di tempat wisata Malaysia.

Malaysia yang akrab dikenal dengan julukan Negeri Jiran ini, sangat dekat jaraknya dengan Indonesia. Selain, berbatasan langsung dengan Indonesia, berlibur di Malaysia juga sangat menyenangkan dan membuat nyaman. Pasalnya bahasa yang digunakan Malaysia dengan Indonesia tak jauh berbeda, masih bisa untuk dipahami.

Ada wisata Malaysia yang menjadi ikonik dan terpopuler di kalangan para turis, yaitu Petronas Twin Tower dan KL Tower. Terbukti, tempat wisata Malaysia ini tak pernah sepi kedatangan pengunjung. Entah itu dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Selain itu, masih banyak tempat wisata Malaysia yang menarik dan wajib Anda kunjungi, baik bersama keluarga, saudara, maupun kerabat dekat.

Berikut daftar tempat wisata Malaysia yang terpopuler dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (7/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malaysia yang Terpopuler

1. Petronas Twin Tower

Menara 88 lantai ini dikenal juga dengan sebutan Menara Kembar Petronas. Menara ini merupakan landmark Negeri Jiran. Meskipun sudah banyak dikenal orang, banyak wisatawan yang telah mengunjungi menara ini lebih dari sekali karena kemegahannya.

Menara dengan tinggi 451,9 meter ini lokasinya ada di tengah kota Kuala Lumpur. Selain bangunan arsitektur yang mewah, menara ini memiliki skybridge yang menghubungkan menara satu dengan menara lainnya. Uniknya, jembatan tersebut merupakan jembatan dua lantai yang berada di ketinggian 175 meter, tepatnya di lantai 41. 

2. Kuala Lumpur Tower

Menara lain yang wajib masuk wishlist Anda ketika liburan di Malaysia adalah Menara Kuala Lumpur atau sering disebut dengan KL Tower. Anda bisa menikmati pemandangan kota yang keren banget dari atas menara setinggi 421 meter ini.

Salah satu spot paling menarik ketika berkunjung ke menara ini adalah Sky Deck. Anda akan merasakan sensasi memandangi keindahan kota Kuala Lumpur dari atas menara tanpa terhalang kaca. Selain itu, jangan lewatkan pengalaman unik berdiri di atas kaca transparan Sky Box. Bangunan kaca yang menjorong keluar ini terbuat dari bahan kaca tebal transparan.

3. Bukit Bintang

Jangan terkecoh dengan namanya. Ketika mendengar bukit bintang, Anda mungkin berpikir tentang suasana perbukitan yang sunyi. Nyatanya, Bukit Bintang adalah nama sebuah kawasan di pusat Kuala Lumpur. Bukit Bintang adalah kawasan perbelanjaan dan hiburan.

Berbagai pusat perbelanjaan yang menjual barang-barang branded, klub malam, dan hotel bintang lima berjajar di sana. Lokasinya pun strategis dan mudah dicapai dengan transportasi umum, seperti MRT, LRT, bus lokal, maupun taksi.

4. Batu Caves

Batu Caves merupakan kuil yang terletak di dalam gua. Batu Caves berlokasi di Selangor, di kawasan perbukitan kapur yang menawan. Di sana terdapat patung tertinggi Murugan, salah satu dewa yang dihormati rakyat Hindu India.

Jika Anda datang bertepatan dengan Hari Raya Thaipusam, akan ada atraksi yang tak boleh Anda lewatkan. Untuk menuju kuil di puncak, Anda harus mendaki ratusan anak tangga. Anda pun bisa mencicipi jajanan khas India di sepanjang pintu masuk menuju ke area kuil.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malaysia yang Terpopuler

5. Genting Highlands

Inilah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang gemar bersenang-senang di dataran tinggi. Genting Highlands terletak di perbatasan antara Pahang dan Selangor. Salah satu primadona dari wisata ini adalah Awana Skyway Gondola yang memungkinkan Anda melihat keseluruhan aktivitas hiburan dari puncak Gunung Ulu Kali setinggi 1800 meter.

Meski berada di puncak gunung, namun Anda bisa menjumpai pusat perbelanjaan yang menjual barang-barang branded dengan harga miring, taman hiburan, hotel, dan banyak gedung pencakar langit. Pada station terakhir ketika menaiki gondola, Anda akan turun di sebuah mall yang juga terdapat SkyCasino di dalamnya. Dijamin Anda tak akan berhenti berdecak kagum ketika berada di sini.

6. Langkawi Cable Car

Tempat wisata Malaysia yang berikutnya adalah langkawi cable car. Kereta gantung yang berada du puncak gunung tertinggi kedia di Langkawi ini memiliki ketinggian 709 meter di atas permukaan laut. Anda akan melintasi hutan tropis dan air terjun yang indah.

Saat cuaca cerah, wisatawan bahkan dapat melihat Indonesia di arah barat daya dan Thailand di arah utara. Perjalanan sepanjang 2,2 km yang akan ditempuh selama 20 menit.

7. Pulau Redang

Tempat wisata Malaysia yang berikutnya adalah Pulau Redang. Pulau ini memiliki pesona bahari yang memukau, selain punya banyak spot bagus untuk menyelam. Laut di sekitar pulau ini juga sangat jernih yang dilengkapi dengan berbagai biota laut yang cantik.

8. Gunung Mulu National Park

Tempat wisata Malaysia yang berikutnya adalah Gunung Mulu National Park. Mulu Canves National Park adalah salah satu jaringan gua terpanjang di dunia. Di sini terdapat ruang bawah tanah terpanjang di dunia, yaitu Sarawak Chamber yang luas.

Wisata alam ini cukup terkenal di Malaysia, untuk menuju ke Gunung Mulu National Park harus menggunakan pesawat. Kemudian, barulah disambung dengan menyewa kendaraan.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malaysia yang Terpopuler

9. Penang National Park

Tempat wisata Malaysia yang berikutnya adalah Penang National Park. Tempat wisata Malaysia ini merupakan rumah bagi berbagai macam jenis flora dan fauna khas daerah tropis. Luas tempat wisata Malaysia ini sekita 1.213 hektar dan menjadi tempat penangkaran penyu di Pantai Kerachut dan Pantai Kampi.

10. The Habitat Penang Hill

Tempat wisata Malaysia yang berikutnya adalah The Habitat Penang Hill. Tempat wisata Malaysia terfavorit ini sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga yang asyik. Anda dapat memperkenalkan alam dan hutan pada anak dengan cara menyenangkan. The Habitat Hill adalah tempat wisata edukatif di mana pengunjung bisa melihat hutan, keindahan ragam flora, dan pemnadangan laut yang mengagumkan.

11. Sri Mahamariamman Malaysia

Tempat wisata Malaysia selanjutnya adalah Sri Mahamariamman. Obyek wisata yang satu ini berada di Jantung Kota Kuala Lumpur. Sehingga anda bisa dengan mudah mengunjungi tempat yang satu ini. Lokasinya sangat dekat dengan Chinatown yang ada di Kuala Lumpur. Sri Mahamariamman ini adalah tempat beribadah Umat Hindu yang ada di kota Malaka Malaysia.

12. Sultan Abdul Samad Building

Tempat wisata Malaysia yang selanjutnya adalah Sultan Abdul Samad Building. Tempat inilah yang menjadi tempat pertama kali bendera Malaysia berkibar setelah merdeka dari penjajahan Inggris pada tahun 1957. Jadi Anda harus mengunjunginya.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malaysia yang Terpopuler

13. Kuil Kek Lo Si di atas Bukit Kwok San

Penang memang memiliki beragam situs keagamaan, setelah mengunjungi kuil Mahamariamman, Anda bisa mampir ke Kuil Kek Lo Si. Tempat ini juga memiliki julukan Kuil Kebahagiaan Agung (Temple of Supreme Bliss).

Kuil ini merupakan salah satu kuil Buddha terbesar di Asia Tenggara. Area sekeliling wihara ini juga sangat luas. Selain menjadi objek wisata, kuil ini juga merupakan pusat ziarah bagi Umat Buddha dari berbagai negara.

Berada di puncak Bukit Kwok San di kawasan Air Itam, kuil ini selalu ramai dengan berbagai kegiatan keagamaan. Keindahan Pulau Penang bisa Anda nikmati dari komplek kuil. Selain itu, bangunan arsitektur yang unik menjadi daya tarik sendiri bagi wihara ini.

14. Kota Tua di Merdeka Square Malaysia

Anda bisa menikmati Kota Tua dengan bangunan bersejarah dan bangunan museum di Merdeka Square Malaysia. Bagi Anda yang suka berfoto, akan sangat disayangkan tanpa mengambil gambar untuk di unggah di jejaring sosial media. Sebab keindahan artistik bangunan yang ada di tempat ini sangat indah dan Instagramable.

15. Rumah Penghulu Abu Seman

Bangunan Rumah kuno yang satu ini merupakan rumah terkuno di Malaysia. Pasalnya rumah ini di bangun pada tahun 1901 dan 1930-an yang berada di Kampung Sungai Kecil yang terletak di Peninsula. Bagi Anda yang suka berwisata sejarah Anda bisa mengunjungi obyek wisata yang satu ini. Karena di tempat ini Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan sejarah.

16. Chinatown

Tempat wisata Malaysia ini terletak di jalan Petaling, kalau di Indonesia Anda mengenalnya dengan kawasan Pecinan. Anda bisa berbelanja suvenir di sini, dan kebanyakan penjualnya adalah orang China Malaysia. Untuk berinteraksi pun dengan para penjualnya sangat mudah, Anda bisa menggunakan bahasa Melayu, Inggris dan juga bahasa Mandarin atau Kanton.

Jangan lupa untuk mengeluarkan jurus jitu menawar untuk memperoleh harga terbaik. Rute ke sini, Anda harus masukkan tempat ini ke destinasi Anda di Kuala Lumpur.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Malaysia yang Terpopuler

17. Dataran Merdeka

Dataran Merdeka merupakan lapangan yang sangat luas dengan ikon tiang bendera tertinggi di Asia Tenggara. Dulu, tempat wisata Malaysia ini merupakan pusat pemerintahan Kuala Lumpur saat masih masa pendudukan Inggris. Anda bakal menjumpai bangunan tua yang sangat epic dan masih terjaga.

Anda bisa menikmati bangunan Sultan Abdul Samad, Katedral St Mary the Virgin, dan Perpustakaan Kuala Lumpur secara gratis. Perlu Anda tahu, tempat wisata Malaysia ini disebut Dataran Merdeka karena tempat ini merupakan lokasi deklarasi kemerdekaan Malaysia.

18. Masjid Negara

Masjid milik pemerintah atau biasa disebut kerajaan malaysia ini tampak begitu modern. Masjid Negara terbuka untuk turis, tapi wajib menggunakan penutup atau jubah buat Anda yang tidak menutup aurat. Masjid ini selalu ramai pengunjung, selain itu Anda bisa menggunakan Bus GoKL secara gratis untuk menuju tempat wisata Malaysia ini. Jika Anda suka jalan kaki, hanya butuh 10 menit dari Dataran Merdeka menuju Masjid Negara.

19. Pasar Seni

Mau berburu suvenir di Kuala Lumpur, Pasar Seni tempatnya. Banyak suvenir dengan harga miring di tempat wisata Malaysia ini, selain itu Anda bisa menikmati pemandangan aneka kerajinan tangan masyarakat di sana. Unik dan suasana pasarnya yang sangat menyenangkan akan terpampang jelas di depan Anda. Jika berminat, Anda bisa menjangkaunya dengan LRT Laluan Kelana Jaya dan turun di Stasiun Pasar Seni.

20. KL City Gallery

Datang aja ke KL City Gallery, Anda akan ditunjukkan bagaimana Kuala Lumpur tumbuh dari masa ke masa. Hanya perlu biaya 5 ringgit atau setara Rp 16.000, Anda sudah bisa masuk ke tempat wisata Malaysia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini