Sukses

Ciri Khusus Bunga Matahari, Selalu Ikuti Arah Cahaya Matahari

Warna cerahnya diasosiasikan dengan keceriaan

Liputan6.com, Jakarta Ciri khusus bunga matahari menarik untuk diketahui. Bunga ini adalah pemandangan yang indah untuk dilihat. Bunga matahari memiliki warna cerah dan ceria, memberi kehangatan ala musim panas yang manis. 

Bunga matahari sudah ada sejak berabad-abad lalu. Ciri khusus bunga matahari begitu istimewa dan tidak dimiliki bunga lain. Bunga matahari telah menjadi favorit banyak orang. Bunga ini banyak ditanam dan dijadikan pengihias rumah dan ruangan yang indah. Ciri khusus bunga matahari juga memberi keunikan tersendiri bagi bunga penuh makna ini.

Bunga matahari kerap diasosiasikan dengan kesetiaan, keceriaan, dan semangat. Makna bunga ini juga dapat dilihat dari ciri khusus bunga matahari. Ciri khusus bunga matahari yang paling dikenali mungkin adalah warna kuning cerah pada kelopaknya.

Bunga matahari dinamis karena tumbuh dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Selain kelopak, masih banyak lagi ciri khusus bunga matahari yang menarik diketahui. Berikut ciri khusus bunga matahari yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa(1/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tersusun dari bunga majemuk

Setiap kepala bunga matahari terbentuk dari bunga yang lebih kecil. Terdapat dua tipe bunga pada bunga matahari. Bunga tepi atau bunga lidah yang berbentuk satu kelopak besar berwarna kuning cerah dan steril.

Tidak semua kelopak bunga matahari berwarna kuning. Ada lebih dari 60 varietas bunga matahari yang hidup di seluruh dunia — beberapa varietas ini memiliki kelopak bunga bergaris-garis.

Di bagian tengah yang dikelilingi bunga tepi terdapat bunga tabung tempat benih berkembang. Bunga tabung ini merupakan bunga majemuk yang terdiri dari banyak kuntum pusat yang berwarna kuning hingga coklat. Bunga tabung ini dapat melakukan penyerbukan sendiri atau mengambil serbuk sari oleh angin atau diangkut oleh serangga.

3 dari 7 halaman

Mengikuti arah matahari

Bunga matahari memiliki perilaku khusus yang disebut heliotropisme. Heliotropisme merupakan perilaku seperti pelacakan matahari yang meningkatkan fotosintesis dan meningkatkan tingkat pertumbuhan. Heliotropisme juga meningkatkan suhu bunga, menarik lebah dan penyerbuk.

Dengan karakteristik pelacakan matahari, bunga matahari adalah salah satu spesies tanaman yang menghadap matahari dan melacak pergerakannya untuk mengoptimalkan penggunaan cahaya. Kuncup bunga dan bunga muda akan menghadap ke timur di pagi hari dan mengikuti matahari saat bumi bergerak di siang hari.

Namun, ketika bunga menjadi lebih berat selama produksi benih, batang akan mengeras dan kepala bunga dewasa umumnya akan tetap menghadap ke timur.

4 dari 7 halaman

Biji di dalam bunga

Buah matahari dapat ditemukan pada bagian bunga matahari. Ini merupakan hasil dari peyerbukan bunga tabung majemuk oleh angin dan serangga. Buah matahari bertipe buah kurung (achene). Saat Kering buah akan berdinding agak keras dan tak terlalu tebal, ini kerap disangka biji bunga matahari. .

Biji yang sesungguhnya terletak di dalam, terlindung oleh buah yang serupa tempurung. Biji matahari dapat dikonsumsi dan dikenal juga dengan sebutan kuaci. Mereka dapat dikonsumsi mentah atau dimasak. Biji bunga matahari kaya akan lemak sehat. Minyak bunga matahari terbuat dari biji hitam (biji minyak), sedangkan camilan sehat terbuat dari biji bergaris (biji non minyak).

5 dari 7 halaman

Tempat berkembang

Lingkungan asli bunga matahari adalah padang rumput, ladang, tepi jalan dan lahan pertanian. Bunga matahari paling baik tumbuh di daerah yang cerah dan lembab. Bunga matahari bisa tumbuh di awah sinar matahari lama bulan-bulan musim panas di lingkungan yang kering dan terbuka lebar.

Bunga matahari liar toleran terhadap suhu tinggi dan rendah, meskipun lebih toleran terhadap suhu rendah dengan kisaran suhu optimal antara 21 dan 26 derajat Celcius. Tanaman ini tumbuh subur di tanah alkali dan agak tahan kekeringan. Tumbuhan ini cocok tumbuh pada tempat dengan iklim subtropik.

6 dari 7 halaman

Tinggi tanaman

Bunga matahari liar adalah tanaman tahunan yang kasar, berbulu, berdaun, dan tumbuh cepat yang biasanya tumbuh setinggi 1 hingga 1,5 meter dan memiliki batang tegak yang kaku. Dengan perawatan dan kelembaban yang memadai, bersama dengan paparan sinar matahari penuh, bunga matahari biasanya tumbuh dengan ketinggian rata-rata 10 hingga 20 kaki.

Menurut GuinnessWorldRecords, bunga matahari tertinggi di dunia berukuran 30 kaki dan 1 inci. Bunga ini ditanam di Karst, Nordrhein Westfalen, Jerman, pada 28 Agustus 2014.

7 dari 7 halaman

Arti bunga matahari

Berdasarkan mitos Clytie dan Apollo, bunga matahari paling sering memiliki makna pemujaan dan kesetiaan. Namun, makna bunga matahari dapat bervariasi antar budaya. Di Cina, orang mengasosiasikan bunga matahari dengan umur panjang, nasib baik, dan vitalitas.

Bagi kelompok penduduk asli Amerika, bunga matahari mewakili panen, karunia, dan perbekalan karena mereka menyediakan benih, pigmen, dan banyak lagi. Warna kuning bunga matahari melambangkan vitalitas, kecerdasan, dan kebahagiaan. Warna kuning juga secara tradisional melambangkan persahabatan.

Sebagian besar makna bunga matahari berasal dari namanya, matahari. Bunga matahari dikenal sebagai bunga "bahagia", menjadikannya hadiah yang sempurna untuk membawa kegembiraan di berbagai momen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini