Sukses

20 Wisata Jakarta dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Wisata Jakarta yang cocok buat tamasya bareng keluarga sekaligus nongkrong.

Liputan6.com, Jakarta Mengunjungi ibu kota Indonesia tak lengkap rasanya tanpa mampir ke wisata Jakarta dan sekitarnya. Di kota metropolitan ini, bukan cuma ada Dufan dan Taman Mini Indonesia Indah, loh.

Ada banyak wisata Jakarta yang hits dan biasa buat nongkrong muda-mudi ibu kota. Untuk yang suka jelajah kafe-kafe estetik, berkeliling kota Jakarta tak akan ada ruginya.

Wisata Jakarta untuk keluarga, di kota terbesar Indonesia ini dapat diandalankan karena ada banyak tempat yang cocok banget buat tamasya. Mulai dari Kota Tua, Monumen Nasional, Kepulauan Seribu, Pantai Ancol, Ragunan, Museum Macan, Sea World, dan masih banyak lagi.

Langsung saja simak ulasan tentang tempat wisata Jakarta dan sekitarnya, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (13/3/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Wisata Jakarta dan Sekitarnya

Dufan

Dunia Fantasi Ancol yang dikenal dengan nama Dufan merupakan wisata Jakarta yang wajib dikunjungi. Disini terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati bersama keluarga. Tempatnya berada di area Taman Impian Jaya Ancol, jadi Anda bisa sekalian mengunjungi berbagai tempat wisata lain yang ada di area ini.

Taman Mini Indonesia Indah

Taman dengan luas hingga 150 hektar ini bisa dikatakan sebagai miniaturnya Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah ini adalah salah satu wisata Jakarta yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Berbagai jenis budaya daerah yang ada di tanah air bisa Anda temui di taman ini, seperti rumah-rumah adat. Tak hanya itu, kawasan taman tersebut juga berdiri lebih dari belasan museum, puluhan taman dengan tema yang atraktif, gedung teater hingga teman bermain.

TMII ini buka setiap hari dari pukul 07.00 – 22.00, dengan harga tiket masuk sebesar Rp.10.000 per orang hanya untuk masuk kawasan. Kemudian setiap wahananya  ditarif dengan kasiran harga Rp. 10.000 hingga 30.000.

Kota Tua Jakarta

Wisata Jakarta yang wajib dikunjungi selanjutnya ada Kota Tua. Kota Tua menjadi tempat wisata di Jakarta yang sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Selain tempatnya bagus untuk berfoto, wisata Jakarta ini sarat akan nilai sejarah yang unik.

Ketika mengunjungi wisata Jakarta yang satu ini, ada banyak hal yang bisa Anda jelajahi. Ada Museum Fatahilah yang jadi saksi sejarah perjuangan bang sa untuk meraih kemerdekaan. Lalu ada Gedung Merah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Bahari, Pelabuhan Sunda Kelapa hingga Stasiun Kereta Api Kota.

Ocean Ecopark

Ocean Ecopark ini merupakan salah satu wisata Jakarta yang sering digunakan untuk mengadakan konser. Baru-baru ini ada program baru yang bernama ecofishing. Hanya dengan Rp 25.000 saja, kalian sudah mendapatkan umpan untuk memancing ikan apa saja sepuasnya.

Di wisata Jakarta ini menyediakan berbagai macam wahana yang bisa kalian coba. Harga tiket masuknya beragam, mulai dari Rpp 25.000 hingga Rp 180.000. Kemudian untuk kalian yang hobi banget belanja, bisa kok mampir di eco-market yang menyediakan berbagai macam barang.

3 dari 7 halaman

Wisata Jakarta dan Sekitarnya

Arborea Cafe

Biasanya kafe di Jakarta berada diantara pertokoan ruko ataupun di mall-mall. Menariknya, wisata Jakarta satu ini ternyata berada di tengah hutan kota Manggala Wanabakti, Tanah Abang.

Lokasi wisata Jakarta ini dikenal adem dan super asik ini menjadi incaran orang-orang yang ingin bersantai sambil menikmati kopi. Bangunannya yang unik dan berlantai tiga ini memiliki roof top, yang bisa kamu gunakan untuk sekedar makan maupun berfoto-foto.

Lucky Cat Coffee & Kitchen

Kafe yang berkonsep outdoor ini memiliki banyak tanaman hias di dalamnya. Terdapat pula pohon besar yang membuat wisata Jakarta ini asri dan sejuk.

Kafe yang berada di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan ini buka 24 jam loh. Jadi kamu bisa datang kapan pun kamu mau. Kafe ini mirip dengan kafe-kafe yang ada di Eropa.

Mbah Jingkrak Setiabudi

Tempatnya yang super cool dan dilengkapi dengan dekorasi unik ini bernama Mbah Jingkrak Setiabudi (MJS). Wisata Jakarta ini merupakan sebuah restoran yang menyediakan masakan Jawa. Kamu bisa memesan nasi bakar, bebek goreng.

Menu lainnya yang memiliki nama unik ada es bablas, es pocongan, gedhang kadhemen dan banyak lainnya. Tempat makan bernuansa Jawa ini berada di Jalan Setiabudi Tengah No.11. Jadi kalau kamu berada di Jakarta dan rindu masakan Jawa, tempat ini bisa banget ngobatin kamu.

4 dari 7 halaman

Wisata Jakarta dan Sekitarnya

Petak Sembilan Glodok

Peta Sembilan Glodok dikenal sebagai kawasan pecinan di Jakarta yang memiliki sejumlah kelenteng yang membuat suasana mirip di Tiongkok.

Dari sejumlah kelenteng, ada satu kelenteng yang paling terkenal di kalangan masyarakat Jakarta, yakni Kelenteng Petak Sembilan atau disebut juga dengan Vihara Dharma Bakti.

Tidak hanya sebagai peribadatan, wisata Jakarta yang terletak di Jalan Kemenangan No 40 ini pun menjadi destinasi wisata yang cukup unik di mana pengunjung bebas berfoto di sekitar lokasi.

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan dikenal sebagai salah satu kebun binatang yang paling lengkap di Indonesia. Di tempat wisata Jakarta ini terdapat 300 spesies binatang, yang disertai dengan papan penjelasan spesies tersebut.

Selain sebagai tempat refresing, wisata Jakarta ini bisa menjadi tempat edukasi anak-anak sambil berburu spot foto yang unik. Tiket masuk ke kebun binatang ragunan dan menaiki beberapa wahana di sana, kurang lebih Rp 20 ribu saja.

Museum Nasional

Mengunjungi museum memang dapat menjadi pilihan wisata yang mendidik. Salah satu museum yang bisa dikunjungi di Jakarta adalah Museum Nasional. Kamu akan diperkenalkan 160 ribu benda-benda yang punya nilai sejarah.

Mulai dari koleksi prasejarah, arkeologi masa klasik atau Hindu - Buddha, hingga warisan budaya dan sejarah lainnya. Walau dinamakan Museum Nasional, wisata Jakarta ini juga dikenal dengan nama Museum Gajah. Untuk masuk ke Museum Nasional.

Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 2.000 hingga Rp 10.000 saja. Wisata Jakarta ini terletak di Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Kota Jakarta Pusat, Jakarta. Buka dari Selasa Jumat pukul 08.00 16.00 dan Sabtu Minggu pukul 08.00 17.00.

5 dari 7 halaman

Wisata Jakarta dan Sekitarnya

Kepulauan Seribu

Kepulaun Seribu merupakan salah satu wisata Jakarta yang banyak dikunjungi oleh turis lokal hingga turis mancanegara. Di sana kalian bisa mengunjungi berbagai macam pulau, di antaranya Pulau Tidung, Pulau Macan, Pulau Bidadari, dan masih banyak lagi. Di tempat tersebut juga bisa melihat pasir putih dan laut biru, dan terhidar dari hiruk pikuk Jakarta.

Kalau kalian ingin mengunjungi tempat tersebut, caranya gampang banget. Langsung saja cari agen wisata Jakarta yang menawarkan paket wisata ke Kepulaun Seribu dengan biaya murah. Jadi kalian tidak usah pusing memikirkan biaya akomodasi, tempat tinggal dan lain sebagainya, karena hal itu sudah diatur oleh petugas agen.

Ekowisata Mangrove

Jakarta selalu identik dengan bangunan bertingkat tinggi. Di balik kemegahan bangunan tersebut, terdapat sebuah wisata Jakarta yang alam banget yaitu Kawasan Ekowisata Mangrove di Jalan Pantai Indah Utara, Jakarta Utara.

Kamu bisa menjelajah hutan bakau sambil menyusuri danau dengan perahu sewa. Sambil menikmati pemandangan, siapkan kamera untuk membidik objek-objek foto menarik di wisata Jakarta ini.

Sea World

Sea World Ancol adalah salah satu wisata Jakarta yang wajib dikunjungi. Disini Anda dapat melihat berbagai jenis ikan yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Seperti hiu, ikan piranha, maupun ikan pari. Anda dapat berekreasi sekaligus belajar disana.

Perjalanan menyusuri wisata Jakarta ini akan semakin mengesankan karena tempat ini difasilitasi dengan terowongan air, dimana pengunjung dapat merasakan sensasi keindahan yang mengagumkan ketika melihat berbagai jenis ikan seperti di bawah laut.

Tempat wisata di Jakarta ini buka setiap hari pukul 09.00 – 18.00 WIB, dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 115.000 per orang.

6 dari 7 halaman

Wisata Jakarta dan Sekitarnya

Pantai Ancol

Jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan keluarga bermain pasir pantai sembari melihat matahari terbenam, maka Pantai Ancol adalah jawabannya. Harga tiket masuk ke wisata Jakarta ini sekitar Rp 25.000. Hal inilah yang membuat wisata Jakarta ini menjadi salah satu tempat murah yang banyak diminati warga Jakarta.

Museum Macan

Museum Macan merupakan sebuah museum seni dengan berbagai karya seni instalasi bernuansa modern kontemporer yang unik. Wisata Jakarta ini memiliki banyak ruangan yang tak hanya indah untuk dipandang, namun bisa menjadi latar foto yang unik dan instagramable untuk diunggah di media sosial kamu.

Salah satu ruangan yang ikonik dan sering dijadikan spot foto adalah ruangan ribuan bola lampu dan kaca tak terbatas, memberikan kesan ruangan yang sangat luas. Museum ini beralamat di AKR Tower level M, Jl. Perjuangan No.5, Jeruk, Jakarta Barat.

Kopi Lima Detik

Kafe ini mmang tidak terlalu besar, namun setiap sudut yang ada dalam ruangan ini bisa dijadikan spot foto yang epic. Tamilan bangunan ini dari luar bisa dijadikan spot menarik untuk OOTD. Menu andalan di kafe ini yaitu es kopi susu dan juga tahu gorengnya. Kopi LIma detik ini berada di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

7 dari 7 halaman

Wisata Jakarta dan Sekitarnya

Planetarium Jakarta

Planetarium terletak di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Wisata Jakarta ini merupakan salah satu wahana simulasi langit. Harga tiket masuk ke planetarium dibanderol sekitar Rp 7.000 saja untuk orang dewasa dan Rp 3.500 untuk anak-anak. Jam operasional planetarium buka pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 13.00 WIB.

Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti merupakan kompleks pemakaman kolonial Belanda di Jalan Tanah Abang I No 1. Meski begitu, kamu tak perlu merasa takut karena pemakaman di Jakarta Pusat ini tidak terkesan seram.

Berbagai batu nisan besar bertuliskan bahasa Belanda di sini ditata sedemikian rupa, sehingga menciptakan pemandangan yang cantik. Tidak hanya itu, di sela-sela batu nisan juga terdapat patung bergaya Eropa yang masih terawat.

Dibangun pada 1795, kabarnya wisata Jakarta ini disebut sebagai pemakaman modern tertua di dunia. Cocok bagi kamu yang senang hunting foto di tempat-tempat unik.

Rumah Si Pitung

Salah satu wisata Jakarta Utara ini, wajib masuk dalam daftar tempat yang harus kalian kunjungi bersama keluarga. Rumah panggung bergaya Betawi, berwarna cokelat tersebut sering disebut oleh penduduk lokal sebagai Rumah Si Pitung. Tiket masuk ke Rumah Si Pitung memang murah cuma Rp 1500 untuk rombongan pelajar dan Rp 5000 untuk pengunjung dewasa. Tempat tersebut buka pada pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Ice Skating

Di Jakarta memiliki tempat wisata ice skating terbesar di Indonesia. Jika ingin merasakan sensasi berjalan di atas es, atau ingin menari-nari di atas es, kalian bisa datang ke wisata Jakarta di Mall Taman Anggrek. Harga tiketnya dibandrol Rp 65 ribu di hari biasa dan Rp 85 ribu saat weekend.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.