Sukses

Faktor yang Memengaruhi Durasi Keluarnya Hasil Tes RT-PCR, Begini Prosesnya

durasi keluarnya hasil tes RT-PCR bisa memakan waktu 1x24 jam.

Liputan6.com, Jakarta Seiring berbagai pelonggaran yang dilakukan selama penerapan PPKM, perjalanan domestik pun kembali ramai. Perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara menetapkan kewajiban tes RT-PCR sebagai syarat untuk setiap orang boleh melakukan perjalanan.

Seperti yang telah diketahui, tidak seperti tes antigen tes RT-PCR COVID-19 membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengetahui hasilnya. Tes antigen biasanya akan keluar hasilnya cukup dengan menunggu tidak lebih dari 2 jam. 

Sementara itu, durasi keluarnya hasil tes RT-PCR bisa memakan waktu 1x24 jam. Hal ini tidak terlepas dari proses dan berbagai faktor yang memengaruhinya. Sehingga tes RT-PCR membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengetahui hasilnya. Namun, hal ini tentunya sejalan dengan hasilnya uang membuat metoden tes menjadi tes yang paling sensitif terhadap virus COVID-19.

Berikut Liputan6.com rangkum dari covid19.go.id, Minggu (31/10/2021) tentang faktor yang memengaruhi durasi keluarnya hasil tes RT-PCR.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses Keluarnya Hasil RT-PCR

Dilansir dari covid.19.go.id, keluarnya hasil tes RT-PCR memang membutuhkan proses yang cukup panjang. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan, durasi keluarnya hasil tes adalah dalam waktu 1x24 jam yang mengacu SE Satgas No. 21 Tahun 2021 beserta Addendumnya.

Wiku juga menjelaskan, durasi keluarnya hasil tes RT-PCR ini membutuhkan beberapa proses. Proses keluarnya hasil RT-PCR tersebut di antaranya adalah:

- Pengambilan sampel

- Distribusi ke laboratorium

- Tahapan ekstraksi dan perbanyakan materi genetik

- Mengetahui CT Value

Hal ini dijelaskan oleh Wiku saat menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers di Graha BNPB, Kamis (28/10/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

3 dari 3 halaman

Faktor yang Memengaruhi Durasi Keluarnya Hasil Tes RT-PCR

Selain proses yang panjang, ada beberapa faktor lainnya yang memengaruhi durasi keluarnya hasil diagnostik. Beberapa faktor yang memengaruhi durasi keluarnya hasil RT-PCR tersebut adalah:

- Proses pengambilan sampel

- Antrian orang yang melakukan tes

Kedua faktor inilah yang akan memengaruhi apakah hasil tes akan keluar lebih cepat atau bisa lebih lama. Oleh karena itu, penggunaan tes RT-PCR sebagai syarat perjalanan ini perlu diperhatikan oleh masyarakat dalam beraktivitas. Pasalnya, aturan mobilitas yang ditetapkan adalah bentuk upaya Pemerintah agar masyarakat tetap berhati-hati beraktivitas produktif di tengah pandemi COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.