Sukses

12 Manfaat Zucchini bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Diabetes

Meski bentuknya kecil, namun zucchini kaya akan manfaat yang baik bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Zucchini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang masuk ke dalam keluarga labu. Bentuk dari zucchini sendiri sangat mirip dengan timun hijau. Ciri dari sayuran ini memiliki kulit halus, biji kecil yang bisa dimakan serta tekstur daging yang renyah.

Ada beragam manfaat zucchini yang baik bagi kesehatan tubuh. Diantaranya sebagai sumber penting untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh, hingga manfaat zucchini dalam mencegah timbulnya berbagai penyakit baik ringan maupun penyakit serius.

Para peneliti menyatakan apabila cara terbaik untuk mendapatkan beragam manfaat zucchini adalah tanpa mengupas kulitnya. Sebab, sebagian besar nutrisi yang ada di zucchini berasal dari bagian kulitnya. Kulit dari zucchini merupakan sumber air, vitamin C, vitamin A, folat dan beta-karoten yang sangat baik.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai beragam manfaat zucchini tersebut, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Minggu (29/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat Zucchini

1. Sumber nutrisi

Zucchini sangat baik apabila dikonsumsi orang dewasa maupun anak-anak. Sebab manfaat zucchini  sangat kaya akan kandungan nutrisi. Berdasar sebuah penelitian, zucchini dipercaya mengandung beragam nutrisi penting agi tubuh seperti vitamin A yang tinggi, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, mangan, potassium, magnesium, hingga asam folat yang sangat kaya kandungannya di dalam sayuran ini.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam zucchini, maka tidak heran apabila dipercaya mampu menyembuhkan demam, sakit yang dikarenakan nyeri, serta penyakit lainnya. Bahkan kandungan vitamin A dalam zucchini yang sangat tinggi juga mampu bentu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan mata.

 

2. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat zucchini selajutnya berasal dari kandungan serat makanan yang ada di dalamnya. Serat makanan tersebut membantu meringankan semua masalah pencernaan, di antaranya kembung dan sembelit.

3 dari 7 halaman

Manfaat Zucchini

3. Mencegah diabetes

Di dalam zucchini terdapat sejumlah besar serat tidak larut yang sangat efektif untuk mencegah timbulnya diabetes. Kemudian, dengan mengonsumsi sayuran ini dalam jumlah yang cukup juga bisa membantu turunkan risiko sindrom metabolik dan meningkatkan toleransi glukosa sehingga semakin meningkatkan kemampuan pencegahan diabetes.

 

4. Tinggi antioksidan

Manfaat zucchini yang tidak kalah penting, yaitu sayuran ini sangat kaya kadar antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri sangat dikenal sangat penting untuk melindungi tubuh dan kulit dari efek radikal bebas yang bisa menyebabkan dampak buruk ke tubuh. Sumber antioksidan paling tinggi sendiri terdapat di bagian kulit zucchini.

Dengan manfaat zucchini berupa antioksidan tersebut, juga memberi perlindungan lebih terhadap beberapa tipe kanker, termasuk salah satu di antaranya adalah kanker prostat.

4 dari 7 halaman

Manfaat Zucchini

5. Jaga kesehatan jantung

Dengan kandungan nutrisi yang sangat tinggi seperti folat, potassium dan magnesium serta rendah akan kandungan kalori, sangat mampu menjaga kesehatan dari jantung dan mencegah risiko timbulnya penyakit jantung koroner.

 

6. Menjaga kesehatan mata

Adanya berbagai kandungan vitamin dan beta-karoten dalam zucchini, sangat dipercaya mampu membantu untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah timbulnya masalah yang berhubungan dengan penglihatan.

Selain itu, kandungan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthins dalam zucchini membantu mencegah masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia.

5 dari 7 halaman

Manfaat Zucchini

7. Menjaga kesehatan tulang

Di dalam sebuah penelitian terhadap orang dewasa muda, mereka yang memiliki kadar karotenoid tinggi ternyata memiliki tulang yang lebih padat dan lebih kuat.

Hal tersebut menjadi indikator, bahwa makan makanan yang kaya karotenoid secara teratur, seperti zucchini dapat memberi manfaat yang sangat baik untuk tulang. Selain itu, dilakukannya penelitian pada hewan juga ditemukan bahwa lutein secara spesifik merangsang pembentukan tulang.

 

8. Menjaga berat badan

Manfaat zucchini ini tidak lain dari kandungan kalori rendah yang ada di dalamnya. Selain itu, zucchini juga rendah pati, rendah karbohidrat namun tinggi serat serta kadar air.

Maka tidak heran apabila hal tersebut membuat zucchini menjadi makanan pilihan bagi mereka yang sedang berusaha untuk menurunkan maupun menjaga berat badan.

6 dari 7 halaman

Manfaat Zucchini

9. Antikanker

Tingginya jumlah beta-karoten dan vitamin C dalam zucchini juga membantu mengurangi kerusakan akobat stres oksidatif dalam tubuh. Sejumlah besar di antaranya sering menyebabkan kanker seperti kanker prostat pada pria.

 

10. Jaga kesehatan kulit

Kandungan karotenoid yang sangat kaya di kulit zucchini, ternyata juga ada di dalam kulit manusia. Adanya kandungan tersebut dapat melindungi kulit dari sinar UV serta polusi. Berdasarkan penelitian, manfaat zucchini juga mampu menjaga kulit tetap terhidrasi juga elastis.

7 dari 7 halaman

Manfaat Zucchini

11. Perlambat penuaan

Penuaan diakibatkan adanya aktivitas racun, radikal bebas serta peradangan yang terpapar tubuh selama bertahun-tahun. Adanya racun dan peradangan tersebut mampu dikurangi dengan antioksidan dan makanan anti-inflamasi.

Zucchini kaya akan antioksidan serta fitonutrien anti-inflamasi, di mana bisa membantu membersihkan radikal bebas dari tubuh dan cegah peradangan berlebih.

 

12. Menyuburkan rambut

Manfaat zucchini yang terakhir, berasal dari kandungan zucchini seperti seng di mana bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Kemudian, vitamin C dalam zucchini juga mampu mengobati rambut kering serta bercabang.

Manfaat zucchini turut membuat helai rambut jadi kuat dan halus. Selain itu, apabila tubuh kekurangan vitamin C bisa menyebabkan pembesaran folikel rambut, di mana pada akhirnya dapat menghambat pertumbuhan rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.