Sukses

8 Makanan dengan Kandungan Vitamin K Tertinggi, Penting untuk Tulang dan Darah

Vitamin K dibutuhkan untuk pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Liputan6.com, Jakarta Vitamin K adalah nutrisi yang diperlukan untuk membantu membangun dan memelihara tulang yang sehat. Vitamin K juga dikenal perannya dalam membantu pembekuan darah, yang dikenal sebagai "koagulasi."

Tubuh membutuhkan vitamin K untuk menghasilkan protrombin, protein dan faktor pembekuan yang penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang. Kekurangan vitamin K jarang terjadi, tetapi, dalam kasus yang parah, dapat melambatkan waktu pembekuan dan menyebabkan perdarahan yang berlebihan.

Vitamin K1, atau phylloquinone, berasal dari tanaman. Ini adalah jenis utama dari makanan vitamin K. Sumber yang lebih rendah adalah vitamin K2, atau menaquinone, yang dapat ditemukan pada beberapa makanan hewani dan fermentasi.

Sayuran berdaun hijau mengandung jumlah vitamin K tertinggi, tetapi ada banyak sumber baik lainnya. Rata-rata, wanita dewasa membutuhkan 90 mikrogram (mcg) vitamin K per hari dan pria dewasa membutuhkan 120 mcg. Berikut makanan dengan kandungan vitamin K tertinggi, yang berhasil Liputan6.com rangkum dari Healthline, Kamis(23/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Kale 565 mcg per 1/2 gelas

Kale adalah raja vitamin K. sayuran ini dikenal sebagai salah satu makanan super. Memang seharusnya begitu, karena kale juga kaya akan kalsium, kalium, dan folat, di antara vitamin dan mineral lainnya.

Bentuk vitamin K dalam kale adalah K1. Ini membantu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis. Banyak antioksidan kuat ditemukan dalam kale, termasuk quercetin dan kaempferol, yang memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan.

3 dari 9 halaman

Sayur Lobak 425 mcg per 1/2 gelas

Tak hanya umbinya, daun lobak pun dapat dimakan. Sayur lobak merujuk secara khusus pada batang dan bagian hijau tanaman lobak.

Selain kaya vitamin K, sayur lobak juga tinggi kalsium, yang membantu memperkuat tulang. Konsumsi vitamin K yang cukup dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium urin dan bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang.

Sayur lobak kaya akan serat dan air, yang membantu mencegah sembelit, meningkatkan keteraturan BAB dan menjaga saluran pencernaan yang sehat.

4 dari 9 halaman

Bayam - 444 mcg per 1/2 gelas

Bayam memiliki segala jenis nutrisi, termasuk vitamin A, B dan E, ditambah magnesium, folat, dan zat besi. Setengah cangkir bayam yang sudah dimasak mengandung sekitar tiga kali lebih banyak vitamin K daripada secangkir bayam mentah, tetapi satu porsi mentah juga cukup untuk memenuhi asupan harian.

Bayam memiliki banyak senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan, seperti lutein, kaempferol, nitrat, quercetin, dan zeaxanthin. Bayam dapat mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kesehatan mata, melawan kanker, dan mengatur tekanan darah.

5 dari 9 halaman

Brokoli 110 mcg per 1/2 gelas

Ada banyak cara untuk menyajikan brokoli. Apa pun resep Anda, cobalah memasaknya dengan minyak canola atau minyak zaitun, tidak hanya untuk menambah rasa tetapi juga untuk meningkatkan kandungan vitamin K. Satu sendok makan perpaduan ini mengandung sekitar 10 mcg vitamin K.

Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk folat, kalium, mangan, zat besi, dan vitamin C dan K1. Brokoli juga rendah karbohidrat yang dapat dicerna tetapi memberikan jumlah serat yang layak, yang meningkatkan kesehatan usus dan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

6 dari 9 halaman

Hati sapi 106 mcg/100 gram

Hati sapi sering disebut makanan super dari dunia hewan karena merupakan salah satu makanan padat nutrisi. Hati adalah sumber protein yang sangat baik, satu-satunya sumber terbesar vitamin A preformed, mengandung vitamin B12 dan B-kompleks yang berlimpah, choline, biotin, zat besi, tembaga, seng, folat, dan mengandung semua vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, K) .

4 Nutrisi yang terdiri dalam hati sapi adalah blok bangunan sinergis dari metabolisme, kekebalan, hati, kulit, mata, reproduksi, dan kesehatan mental.

7 dari 9 halaman

Ayam 60 mcg/100 gram

Ayam adalah daging yang paling populer di dunia. Daging ini tinggi dalam banyak nutrisi bermanfaat dan sumber protein yang sangat baik.

Dada ayam adalah salah satu makanan tinggi vitamin K2. Tiga ons daging jenis ini memberi Anda 17% dari nilai harian vitamin K. Selain itu, dada ayam sangat kaya akan niacin dan vitamin B6. Ini juga merupakan sumber selenium dan fosfor.

8 dari 9 halaman

Kiwi 28 mcg/buah

Kiwi adalah buah kecil yang mengandung banyak rasa dan banyak manfaat kesehatan. Daging hijau mereka manis dan tajam. Ini juga penuh dengan nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan kalium.

Mereka juga memiliki banyak antioksidan dan merupakan sumber serat yang baik. Biji hitam kecil kiwi dapat dimakan, begitu pula dengan kulit cokelatnya, meskipun banyak yang lebih suka mengupas kiwi sebelum memakannya.

9 dari 9 halaman

Alpukat 21 mcg/100 gram

Alpukat sangat bergizi dan mengandung beragam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Dalam 100 gram alpukat terdapat vitamin K2 6% dari nilai harian.

Alpukat hadir dengan 160 kalori, 2 gram protein dan 15 gram lemak sehat. Meskipun mengandung 9 gram karbohidrat, 7 diantaranya adalah serat, jadi hanya ada 2 karbohidrat "bersih", menjadikannya makanan nabati rendah karbohidrat yang ramah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.