Sukses

10 Manfaat Kerang Hijau yang Jarang Diketahui

Manfaat kerang hijau ini berasal dari kandungan dan sifat yang dimilikinya.

Liputan6.com, Jakarta Kerang hijau memiliki ciri khas cangkang berwarna hijau dengan daging kenyal. Kerang ini banyak dijumpai di restoran hingga warteg. Selain terkenal karena rasa, sebenarnya ada segudang manfaat kerang hijau yang jarang sekali diketahui.

Manfaat kerang hijau ini berasal dari kandungan vitamin dan mineral yang dimilikinya. Kerang hijau pun memiliki protein cukup tinggi dan proteinnya rendah lemak. Adapula sifat antibakteri, antiinflamasi, dan kaya omega-3.

Nah, kandungan dan sifat inilah yang membuat manfaat kerang hijau bagi kesehatan tak perlu diragukan lagi. Mampu tingkatkan sistem imun, lancarkan sirkulasi darah, dan atasi peradangan. Termasuk omega-3 yang dimilikinya mampu jaga kesehatan otak, jantung, dan cegah penuaan.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat kerang hijau dari berbagai sumber, Minggu (13/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Sistem Imun dan Sirkulasi Darah

Sistem Imun

Manfaat kerang hijau bagi kesehatan bisa bantu tingkatkan sistem imun. Kerang hijau ini memiliki sifat antibakteri yang mampu merangsang antibodi.

Tak heran jika kemudian berbagai faktor yang membahayakan tubuh dapat dengan mudah ditangkal.

Termasuk dapat melawan sel kanker, bakteri infeksi, dan radikal bebas. Ketiganya tentu dapat membahayakan kesehatan manusia.

Sirkulasi Darah

Memiliki sirkulasi darah yang baik pastilah berdampak baik bagi kesehatan. Sirkulasi darah yang baik ini bisa didapat dari manfaat kerang hijau.

Aliran darah yang lancar akan membantu meningkatkan proses penyembuhan. Termasuk meningkatkan energi tubuh manusia.

Sementara jika sirkulasinya terganggu, maka kesehatan pun ikut terganggu. Kasus kerusakan pembuluh darah bisa sebabkan masalah kesehatan berbahaya.

Masalah jantung bisa menjadi ancamannya. Untungnya kerang hijau memiliki mineral yang dapat membantu memperkuat dinding arteri.

3 dari 7 halaman

Artritis dan Otak

Artritis

Peradangan memang kerap dikaitkan dengan masalah sendi. Masalah inipun kerap terjadi pada lansia dan orang dewasa.

Salah satunya Artritis atau sering disebut radang sendi. Penderita biasanya akan mengalami kondisi sendi yang sulit digerakkan.

Nah, bagi yang khawatir dan sedang mengalami bisa mengandalkan manfaat kerang hijau. Kerang hijau memiliki sifat antiinflamasi yang baik untuk peradangan.

Sifat ini dapat membantu mengurangi peradangan sendi. Terutama untuk pengobatan osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Otak

Memiliki daya ingat yang baik, berarti kesehatan otaknya terjaga dengan baik. Kesehatan otak ini sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Bagi ibu yang ingin anaknya cerdas, coba beri anak kerang hijau untuk menu makanannya. Manfaat kerang hijau untuk otak ini berasal dari kandungan omega-3 yang dimilikinya.

Dalam 85 gram kerang hijau, terdapat jumlah DHA (docosahexaenoic acid) yang sama dengan 3-5 pil suplemen minyak ikan. Menurut penelitian, DHA merupakan satu-satunya omega-3 yang diangkut ke otak.

4 dari 7 halaman

Penuaan dan Jantung

Penuaan

Manfaat kerang hijau pun bisa atasi dan cegah penuaan. Manfaat ini berasal dari kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dimilikinya.

Keduanya dipercaya dapat menangkal faktor-faktor penyebab penuaan dini. Termasuk menangkal berbagai macam kerusakan organ karena penuaan.

Hal ini membuat konsumsi kerang hijau patut dipertimbangkan. Apalagi bagi yang lebih berisiko mengalami penuaan dini.

Terutama bagi yang memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi makanan cepat saji atau olahan. Lalu sering terpapar radikal bebas dan lain sebagainya.

Jantung

Tak hanya mampu jaga sirkulasi darah. Manfaat kerang hijau pun bisa menjaga kesehatan jantung pengonsumsinya. Jadi tak perlu ragu, ya.

Menurut American Heart Association, kerang hijau memiliki manfaat kardioprotektif. Manfaat ini berasal dari kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi.

Terdapat pula kandungan lemak tak jenuh yang dapat menurunkan risiko denyut jantung abnormal. Berbagai masalah penumpukan kolesterol penyebab jantung pun dapat diatasi.

5 dari 7 halaman

Kulit dan Nyeri Sendi

Kulit

Memiliki kesehatan kulit yang baik akan membuat kecantikan terpancar secara alami. Kesehatan kulit ini bisa didapat dari manfaat kerang hijau.

Berbagai masalah radikal bebas hingga stres oksidatif bisa diatasi dengan kerang hijau ini. Jika terus dibiarkan, stres oksidatif bisa menghancurkan sel-sel dan jaringan kulit.

Berbagai masalah kulit bisa terjadi. Mulai dari keriput dini, garis-garis halus, dan kulit kendor. Untuk mengatasinya, kerang hijau memiliki nutrisi yang baik untuk meremajakan kulit dan cegah kerusakannya.

Nyeri Sendi

Sedikit berbeda dengan Artritis. Nyeri sendi ini erat kaitannya dengan lansia karena kerentanan tulangnya.

Tulang lansia sudah rapuh dan berisiko mengalami kerusakan. Untungnya ada manfaat kerang hijau yang bisa diandalkan.

Kerang hijau memiliki kalium yang cukup kaya dan kandungan ini baik untuk kepadatan tulang. Berbagai risiko masalah tulang yang berkaitan dengan usia menjadi mudah dikendalikan.

Banyak ahli gizi yang merekomendasikan untuk mengonsumsi kerang hijau ini. Menurutnya berbagai masalah radang sendi bisa dengan mudah diatasi dengan mengonsumsinya.

6 dari 7 halaman

Rambut dan Asma

Rambut

Manfaat kerang hijau tak hanya baik untuk kesehatan kulit dan organ dalam. Kerang hijau pun dapat diandalkan untuk menjaga kesehatan rambut pengonsumsinya.

Kesehatan rambut ini bisa didapat dari kandungan kalium, omega-3, omega-6, dan proteinnya. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut lebih maksimal.

Folikel rambut yang kuat pun bisa dengan mudah didapatkan. Masalah kebotakan juga menjadi lebih mudah dihindarkan.

Cegah Asma

Masalah pernapasan memang sangat mengganggu produktivitas seseorang. Utamanya masalah asma yang bisa kambuh secara tiba-tiba.

Untungnya asma bisa diatasi dan dicegah dengan manfaat kerang hijau. Manfaat ini berasal dari sifat antiinflamasi yang dimiliki kerang hijau.

Antiinflamasi kerang hijau sangat efektif untuk menangkal bakteri penyebab asma. Penurunannya terjadi secara signifikan setelah mengonsumsi kerang hijau ini.

Para ahli gizi pun banyak merekomendasikan mengonsumsi kerang hijau. Paling tidak, konsumsi seminggu sekali untuk bisa merasakan manfaat kerang hijau ini.

7 dari 7 halaman

Tips Memilih Kerang Hijau

Pilih yang Masih Hidup

Dalam satu keranjang, pasti ada kerang hijau yang masih tertutup dan yang sudah terbuka. Dari dua kondisi tersebut, pilihlah yang masih dalam keadaan tertutup. Kerang mentah yang tertutup mengindikasikan bahwa dia masih hidup dan segar. 

Hal itu pun dibenarkan oleh dr. Seruni Mentari Putri dari KlikDokter. Menurutnya, akan lebih baik bila selalu memilih seafood yang masih segar. Jika Anda memilih kerang hijau mentah yang sudah terbuka, maka kerang tersebut sudah mati dan tak segar lagi. 

Cium Aroma Kerang

Setelah Anda memilih kerang, cium aromanya. Dokter Seruni mengatakan pada dasarnya semua seafood pasti mengeluarkan aroma amis. Namun, seafood yang segar mengeluarkan aroma amis yang tidak begitu menyengat.

“Kerang yang tidak layak dikonsumsi memiliki bau amis yang sangat menyengat dan menusuk. Bahkan, baunya cenderung busuk. Jadi, jangan pilih kerang yang aromanya seperti itu,” tutur dr. Seruni. 

Perhatikan Tekstur Kulit Kerang Hijau

Saat hendak membelinya, kulit kerang hijau juga menjadi bagian yang mesti diperhatikan, lho. Apabila teksturnya kesat, tandanya hewan laut tersebut masih segar dan layak dikonsumsi. Sementara, bila kulit cangkang licin berlendir, kemungkinan besar daging dalamnya sudah hampir membusuk. 

Cuci dengan Air Garam Bersih

Apabila sudah berhasil memilihnya, saatnya Anda mengetahui cara mencuci kerang hijau yang benar sebelum dimasak. Rendamlah kerang selama beberapa waktu dalam air yang telah diberikan garam. Garam akan membuka pori-pori cangkang, sehingga kotoran yang ada di dalamnya bisa keluar. Bila perlu, Anda bisa menyikatnya. 

Perhatikan Cara Menyimpannya 

Jika tak ingin langsung memasak kerang tersebut, Anda harus memasukkannya dalam freezer. Kerang hijau bisa disimpan sekitar 2 minggu hingga 1 bulan. Tidak perlu menyimpan kerang dengan merendamnya dalam air. Hal ini hanya akan menimbulkan bau busuk setelah dicairkan kembali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini