Sukses

20 Manfaat Teh untuk Tubuh, Sehatkan Jantung hingga Lindungi Kulit

Minum teh menjadi kebiasaan banyak orang di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat teh menjadi minuman sehat sehari-hari. Teh merupakan jenis minuman yang berasal dari tanaman Camellia sinensis. Minum teh menjadi kebiasaan banyak orang di seluruh dunia.

Ada banyak jenis teh yang bisa dikonsumsi. Mulai dari teh hijau, teh hitam, teh putih, teh oolong, semua menawarkan manfaat teh yang menakjubkan. Manfaat teh bukan hanya bisa menenangkan pikiran, tapi juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat teh didapat dari kandungan antioksidannya yang kuat. Ini membuat manfaat teh mampu mencegah masalah kardiovaskular, kanker, hingga penyakit akibat radikal bebas lainnya. Manfaat teh bisa dinikmati setiap hari.

Berikut 20 manfaat teh untuk tubuh, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(22/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Manfaat teh untuk kesehatan

Meningkatkan metabolisme

Teh mengandung polifenol yang telah terbukti meningkatkan pengeluaran kalori dan mengurangi lemak tubuh. Menariknya, teh sebenarnya mempromosikan satu jenis lemak yaitu lemak cokelat. Jenis lemak ini lebih aktif secara metabolik dan mengandung lebih banyak mitokondria daripada lemak putih. Ini artinya, lemak cokelat dapat membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.

Anti peradangan

Polifenol antioksidan dalam teh adalah pencegah peradangan yang kuat. Bahkan, EGCG dalam teh hijau sebanyak 100 kali lebih kuat dari kekuatan antioksidan vitamin C. Peradangan telah dikaitkan dengan segala hal mulai dari diabetes hingga penurunan kognitif. Peradangan juga menjadi akar hampir semua penyakit kronis.

Mengurangi risiko kematian akibat penyakit kronis tertentu

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 40.000 orang dewasa, ditemukan bahwa konsumsi teh secara teratur mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker. Peserta yang minum lima cangkir atau lebih teh hijau per hari memiliki risiko kematian kardiovaskular 16% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari satu cangkir per hari.

3 dari 9 halaman

Manfaat teh untuk kesehatan

Kurangi komplikasi diabetes

Diabetes adalah masalah kesehatan di seluruh dunia, dengan risiko komplikasi yang signifikan, kematian dini, dan kualitas hidup yang lebih buruk. Teh hijau dapat membantu mengurangi komplikasi dari diabetes. Penelitian menunjukkan teh dapat meningkatkan sensitivitas insulin, melindungi sel pankreas dari kerusakan lebih lanjut, dan mengurangi peradangan. Manfaat teh ini berguna bagi mereka yang berisiko atau sudah didiagnosis menderita diabetes.

Baik untuk otak

Manfaat teh jika diminum secara teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan penyakit neurodegeneratif lainnya. Penelitian menegaskan bahwa minum teh hijau dan hitam meningkatkan skor kognitif di antara mereka yang menderita demensia dan penyakit Alzheimer. Teh juga dapat meningkatkan memori dan meningkatkan rentang perhatian untuk mencegah penurunan kognitif. Kombinasi kafein dan L-theanine dalam teh telah terbukti meningkatkan waktu reaksi, pemrosesan visual, memori, dan konsentrasi.

Mencegah kanker

EGCG katekin teh hijau adalah antioksidan kuat yang memiliki potensi besar melawan kanker. Penelitian laboratorium dan hewan telah menemukan bahwa EGCG dapat mengurangi metastasis dan meningkatkan hasil untuk kanker payudara, paru-paru, usus besar, kulit, dan lainnya.

4 dari 9 halaman

Manfaat teh untuk kesehatan

Baik untuk kesehatan mulut

Teh mengandung fluoride dan dapat mengurangi populasi bakteri di dalam mulut. Ini mengurangi risiko penyakit periodontal, gigi berlubang, dan bahkan mungkin kanker mulut. Katekin dalam teh hijau juga memiliki manfaat untuk kesehatan mulut. Studi menunjukkan bahwa katekin dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut.

Dapat meningkatkan kesuburan

Sebuah tinjauan tahun 2018 melaporkan perjuangan dengan kesuburan sangat dipengaruhi oleh tingkat stres oksidatif pada jaringan reproduksi. Polifenol dalam teh telah mengkonfirmasi efek anti-inflamasi dan antioksidan kuat. Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi itu jelas terlihat menjanjikan.

5 dari 9 halaman

Manfaat teh untuk kesehatan

Menghidrasi tubuh

Teh termasuk cara menghidrasi tubuh yang baik. Meskipun sebelumnya diperkirakan bahwa teh menyebabkan dehidrasi dengan bertindak seperti diuretik dan menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan, penelitian terbaru menemukan bahwa enam hingga delapan cangkir teh sehari sama menghidrasi dengan jumlah yang sama dari air biasa.

Baik untuk usus

Penelitian menunjukkan bahwa polifenol teh dapat secara menguntungkan memodifikasi bakteri usus. Hal ini dapat menyebabkan efek kesehatan yang positif seperti pengurangan penyerapan karbohidrat, peningkatan kadar gula darah, dan penurunan berat badan.

6 dari 9 halaman

Manfaat teh untuk kesehatan

Melansir Healthline, berikut manfaat teh lainnya:

Kaya senyawa sehat

Teh mengandung berbagai senyawa sehat yang menjadikannya minuman sehat. Teh kaya akan polifenol, senyawa alami yang memiliki manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan dan membantu melawan kanker. Teh hijau mengandung katekin yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Katekin adalah antioksidan alami yang membantu mencegah kerusakan sel dan memberikan manfaat lainnya. Teh juga memiliki sejumlah kecil mineral yang dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan beberapa faktor risiko utama untuk penyakit ini, yang meliputi peningkatan kolesterol total dan kolesterol LDL (jahat). Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke, adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Manfaat teh juga meningkatkan kapasitas antioksidan darah, yang melindungi partikel LDL dari oksidasi, yang merupakan salah satu bagian dari jalur menuju penyakit jantung.

Tingkatkan fokus

Teh hitam mengandung kafein dan asam amino yang disebut L-theanine, yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. L-theanine meningkatkan aktivitas alfa di otak, menghasilkan relaksasi dan fokus yang lebih baik. Studi telah menemukan bahwa minuman yang mengandung L-theanine dan kafein memiliki dampak terbesar pada fokus karena efek L-theanine pada otak.

7 dari 9 halaman

Manfaat teh untuk kulit

Cegah penuaan dini

Manfaat teh hijau untuk kulit yang pertama adalah membantu mencegah penuaan dini. Efek ini berkat kandungan antioksidan EGCG dalam teh. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk meremajakan sel-sel kulit. Teh hijau juga kaya vitamin B-2 yang membantu mengencangkan kulit.

Atasi kemerahan dan iritasi

Teh dapat membantu menenangkan kulit yang kemerahan dan iritasi. Ini karena teh memiliki sifat anti-inflamasi. Polifenolnya yang tinggi membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan. Menerapkan green tea pada kulit juga dapat menenangkan luka kecil dan luka bakar akibat sinar matahari.

Atasi jerawat

Manfaat teh untuk kulit dapat efektif mengatasi jerawat. Ini berkat sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antimikroba. Polifenol dalam green tea, ketika diterapkan pada kulit akan membantu mengurangi sekresi sebum yang dapat menyebabkan jerawat.

8 dari 9 halaman

Manfaat teh untuk kulit

Bantu hilangkan kantung mata

Manfaat teh untuk kulit yang sering digunakan adalah menghilangkan kantung mata. Mengompres mata dengan kantung teh hijau dapat menghilangkan bengkak di mata. Teh hijau dingin mampu mengencangkan pembuluh yang melebar di bawah mata yang menyebabkan kantung mata.

Lindungi kulit dari sinar UV

Teh juga melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Ini membantu mencegah masalah kulit yang disebabkan oleh sinar UV, seperti keriput, garis-garis halus, dan pigmentasi, melanoma, dan kanker non-melanoma.

Lembapkan kulit

Teh mengandung beberapa vitamin, termasuk vitamin E yang dikenal karena kemampuannya untuk memelihara dan melembabkan kulit. Ia terbukti mampu meningkatkan kelembapan dan mengurangi kekasaran kulit. Manfaat teh hijau untuk wajah ini bisa sanagat berguna untuk kulit kering. Ia memastikan kadar air tetap terjaga pada kulit.

9 dari 9 halaman

Manfaat teh untuk rambut

Dilansir dari Stylecraze, berikut manfaat teh untuk rambut:

Cegah rambut rontok

Minum teh hitam dapat mencegah rambut rontok. Manfaat teh sarat dengan antioksidan yang membantu mengais radikal bebas dan menghilangkan stres. Kedua faktor ini adalah penyebab utama kerontokan rambut.

Mendukung pertumbuhan rambut

Pembilas rambut teh hitam banyak digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini karena kandungan antioksidan dan kafein teh yang tinggi diyakini dapat mendukung kesehatan kulit kepala dan rambut.

Meningkatkan warna rambut

Teh hitam mengandung tanin konsentrasi tinggi. Ini merupakan sejenis antioksidan polifenol yang menetralkan senyawa perusak sel yang disebut radikal bebas. Secara khusus, teh hitam mengandung theaflavin dan thearubigins, yang memberikan karakteristik warna gelap. Karena pigmen gelap ini, bilasan teh hitam dapat memberikan warna alami pada rambut gelap untuk sementara dan membantu mengurangi munculnya uban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.