Sukses

10 Wisata Salatiga dan Sekitarnya yang Paling Hits dan Instagramable, Wajib Dikunjungi

Wisata Salatiga terdiri dari berbagai destinasi alam yang menyejukkan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Salatiga terdiri dari berbagai destinasi alam yang menyejukkan. Wisata Kabupaten Semarang yang dekat dengan Salatiga juga bisa menjadi pilihan tepat karena, Salatiga berbatasan sepenuhnya dengan Kabupaten Semarang.

Salatiga yang terletak di jalan antara Kota Semarang dan Surakarta ini menyajikan alam yang asri dan menenangkan. Tidak heran jika kamu dapat menemukan beragam destinasi wisata, dari perbukitan yang menangkan hingga air terjun yang indah. 

Wisata Salatiga dan sekitarnya bisa menjadi pilihan tepat menjadi destinasi liburan, terutama bagi kamu yang menyukai wisata alam. Udaranya yang sejuk bisa membuat kamu melupakan penat dan pening karena hiruk pikuk perkotaan.

Wisata Salatiga ini memang tidak semuanya berada di wilayah Salatiga, ada pula yang berlokasi di Kabupaten Semarang. Namun, lokasi tersebut lebih dekat dikunjungi jika kamu berangkat dari Salatiga. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (2/5/2021) tentang tempat wisata Salatiga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Salatiga dan Sekitarnya

Kopeng Treetop Adventure Park

Wisata Salatiga ini merupakan bagian dari Treetop Adventure Park yang telah tersebar di seluruh dunia. Kopeng Treetop Adventure Park berada di tengah hutan pinus seluas 7 hektar.

Di sini kamu dapat melakukan petualangan alam dengan berbagai fasilitas menarik. Kopeng Treetop Adventure Park memiliki 8 sirkuit, 88 tantangan, 24 flying fox serta giant tarzan jump yang cocok untuk kegiatan outing.

Semua platform rangkaian dipasang, menggunakan sistem kompresi inovatif untuk melindungi pohon dari kerusakan. Ada pula area Camping Glam yang memberi pengalaman rekreasi bermalam di tenda layanan bintang lima.

Atlantic Dreamland

Salah satu tempat wisata Salatiga yang bisa kamu kunjungi ialah Atlantic Dreamland. Tempat wisata ini menjadi salah satu wahana favorit rekreasi bersama keluarga dan juga teman-teman.

Meskipun permainan utama di tempat wisata Salatiga ini ialah bermain dengan air, akan tetapi banyak pula wahana wisata yang bisa kamu nikmati di Atlantic Dreamland ini. Bukan hanya berenang atau bermain water toys, waterboom serta water balls saja loh, kamu pun bisa bermain jet coaster, flying fox, ATV dan lain sebagainya.

Temapat wisata Salatiga ini cukup terkenal dan ramai dikunjungi, terutama pada musim liburan datang. Berlokasi di jalan Soekarno-Hatta, wisata Salatiga ini memiliki konsep yang hampir sama dengan tempat wisata Ancol yang ada di Jakarta.

3 dari 6 halaman

Wisata Salatiga dan Sekitarnya

Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng berlokasi di Jl. Raya Kopeng – Magelang Km. 15 Getasan, Kopeng, Semarang, Jawa Tengah. Taman wisata ini merupakan area rekreasi yang cocok untuk liburan keluarga atau instansi. Taman Wisata Kopeng menjadi tujuan menyenangkan untuk berlibur ke Salatiga ataupun Semarang.

Taman Wisata Kopeng memiliki fasilitas lengkap seperti Waterpark, Outbound Centre, Gardening 4,17 hektar, Playground, ATV, Family resort, Hall, VIP family karaoke, Fun Bilyard, Kaos corner, Resto dan Coffe Shop. Berpadu dengan suasana pegunungan yang sejuk, Taman Wisata Kopeng menarik dikunjungi bagi kamu yang ingin melepas penat.

Wisata Salatiga ini juga menawarkan camping ground untuk berkemah. Tak perlu repot membawa tenda dan peralatan lainnya, semua sudah disediakan di sini.

Umbul Songo

Umbul Songo terletak di kompleks wisata Kopeng, di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Umbul Songo merupakan air terjun yang diapit oleh Gunung Telomoyo, Andong dan Gunung Merbabu. Umbul songo beradai di ketinggian tempat 1.450 mdpl.

Air terjun setinggi 15 meter ini mengalir deras dan sejuk di antara rimbunnya pepohonan. Selain menikmati keindahan air terjun, kamu juga bisa menikmati fasilitas lain seperti kolam untuk berendam, taman bermain dan bumi perkemahan.

4 dari 6 halaman

Wisata Salatiga dan Sekitarnya

Gardu Pandang Kopeng

Gardu Pandang Kopeng terletak di lereng Gunung Merbabu sekitar 2,3 km dari Taman Wisata Kopeng. Wisata Salatiga ini berada di dusun Cuntel, Kopeng, Kabupaten Semarang. Dusun Cuntel memang terkenal sebagai salah satu jalur pendakian menuju puncak Merbabu.

Tak cuma panorama gunung Merbabu, dari Gardu Pandang Kopeng kamu juga dapat menikmati pemandangan gunung Andong, gunung Telomoyo, bukit Gajahmungkur, dan rawa pening dari ketinggian.

Bukit Harapan Cuntel

Tidak jauh dari Gardu Pandang Kopeng, kamu juga bisa mampir ke Bukit Harapan Cuntel. Wisata Salatiga ini memiliki pohon yang mengering dan menjadi begitu ikonik bagi para wisatawan. Di Bukit Harapan Cuntel sudah tersedia tempat untuk bersantai seperti tempat duduk, rumah pohon, atau spot foto menarik.

Bukit Harapan Cuntel juga menyediakan gardu pandang yang menyajikan keindahan pegunungan dan kabupaten Semarang. Di sini pengunjung dapat menikmati panorama jajaran gunung seperti Sumbing, Sindoro, Andong, dan Telomoyo. Lahan pertanian warga yang hijau juga indah dan menarik mata.

5 dari 6 halaman

Wisata Salatiga dan Sekitarnya

 

Rawa Pening

Wisata Salatiga yang cukup terkenal ialah Rawa Pening. Seperti namanya, objek wisata ini memang memanfaatkan rawa untuk dijadikan tempat wisata. Tempat wisata Rawa Pening ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dengan hawa yang sejuk.

Kamu juga bisa bersantai dan menikmati kuliner yang ada di sekitaran wisata Salatiga ini. Lokasi Rawa Pening ini pun masuk di tiga wilayah yaitu, Salatiga, Ambarawa dan juga Ungaran.

Kamu tidak hanya bisa bersantai menikmati kuliner dan juga pemandangan yang ada, akan tetapi juga mencoba berbagai wahana yang seru. Kamu bisa bersepada air, ataupun berenang, bahkan kamu juga bisa berkuda di Rawa Pening ini.

Tlogo Plantation

Tlogo Plantation merupakan wisata Salatiga yang menawarkan wisata terpadu menyenangkan untuk mengisi liburan kamu bersama keluarga. Di sini, kamu bisa menjelajahi perkebunan kopi serta menikmati rimbunnya pepohonan yang asri dan menyejukkan.

 

6 dari 6 halaman

Wisata Salatiga dan Sekitarnya

 

Agrowisata Salib Putih

Salah satu wisata Salatiga yang sayang untuk dilewatkan adalah Agrowisata Salib Putih. Belokasi di Jalan Hasanudin Km.4, wisata Salatiga ini menawarkan keseruan bermain dengan fasilitas yang sangat bagus.

Kamu akan disuguhkan fasilitas taman bermain, kolam renang, perkebunan, dan juga outbound. Bahkan, di sini juga tersedia area untuk camping. Tak hanya memiliki panorama yang indah, agrowisata Salib Putih juga diselimuti hawa udara yang sejuk yang menenangkan.

Gunung Merbabu

Beberapa wisata Salatiga yang telah disebutkan sebelumnya, terletak di Gunung Merbabu. Oleh karena itu, tentunya belum lengkap membahas wisata Salatiga tanpa menyebutkan nama Gunung Merbabu sebagai salah satu destinasinya.

Bagi kamu yang menyukai kegiatan mendaki gunung, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba mendaki gunung yang sangat indah ini. Memiliki ketinggian 3145 mdpl, Gunung Merbabu menjadi salah satu destinasi favorit para pendaki. Pemandangan di puncak gunung Merbabu sangat menakjubkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini