Sukses

Cara Membuat Masker Alpukat untuk Wajah Beserta Manfaatnya

Cara membuat masker alpukat beserta manfaatnya bisa didapatkan dengan menggunakannya secukupnya.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat masker alpukat untuk wajah tidak begitu sulit. Dengan berbagai kandungan yang dimiliki oleh buah satu ini, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat kecantikan untuk wajah. Bahkan, banyak produk perawatan kulit yang menggunakan alpukat sebagai bahan dasarnya.

Manfaat alpukat untuk kecantikan ini diyakini sudah digunakan sejak zaman dulu. Hal ini tentunya tidak mengherankan karena alpukat memiliki kandungan yang bersifat antioksidan, sehingga dipercaya bermanfaat mencegah penuaan kulit.

Cara membuat masker alpukat beserta manfaatnya bisa didapatkan dengan menggunakannya secukupnya. Kamu tidak perlu menerapkan masker alpukat ini setiap hari. Menggunakan bahan alami untuk perawatan kulit tentunya lebih aman daripada produk berbahan kimia.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara membuat masker alpukat untuk wajah beserta manfaatnya dari berbagai sumber, Rabu (25/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kandungan Alpukat

Buah alpukat sendiri diketahui memiliki kandungan-kandungan sebagai berikut:

- Folat, yang bermanfaat untuk memperbaiki sel.

- Vitamin B, untuk membantu melawan penyakit dan infeksi.

- Vitamin C dan E serta senyawa fitonutrien, yang dapat membantu mencegah kanker.

- Lemak tak jenuh tunggal, yang baik untuk kesehatan karena dapat membantu mengurangi kolesterol dan memperbaiki elastisitas kulit.

- Lutein, yang baik untuk kesehatan mata, serta bersifat antioksidan. Ketika dimakan, antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas, dan mengurangi risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan, seperti kanker, katarak, dan penuaan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Masker Alpukat

Bahan-bahan yang Diperlukan:

- ½ buah alpukat matang.

- 1 sendok makan yoghurt murni.

-  ½ sendok teh minyak alpukat, yaitu minyak nabati hasil perasan alpukat.

Cara Membuat:

- Lumatkan alpukat hingga halus dengan menggunakan blender atau lakukan secara manual.

- Tambahkan minyak alpukat dan yoghurt, lalu aduk hingga menjadi krim halus.

Cara Penggunaan:

- Bersihkan wajah terlebih dahulu.

- Ikat rambut, atau gunakan bando agar rambut tidak mengganggu wajah.

- Oleskan masker alpukat dengan jari tangan atau kuas, lalu diamkan selama 20 menit.

- Celupkan handuk ke dalam air hangat, gunakan handuk tersebut untuk membersihkan masker. Lakukan hingga tersisa lapisan tipis masker.

- Pijat wajah secara perlahan-lahan dengan sisa masker.

- Bersihkan secara menyeluruh dengan handuk hangat.

- Setelah menggunakan masker, kamu dapat memakai toner ringan atau pelembap.

4 dari 5 halaman

Manfaat Masker Alpukat

Buah alpukat, minyak alpukat atau produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak alpukat, seperti masker alpukat, diyakini memiliki beberapa manfaat yang baik terhadap kulit, antara lain:

- Meringankan gatal.

- Mempercepat penyembuhan luka.

- Melembapkan kulit dan mengatasi kulit kering dan pecah-pecah.

- Melindungi kulit dari sinar UV dan kerusakan kulit.

- Ketika dioleskan pada kulit, beberapa pakar mengemukakan bahwa antioksidan dapat membantu menghindari penuaan dini, walau perlu penelitian yang lebih dalam untuk memastikannya.

- Mengoleskan masker alpukat pada kulit dapat menjadi salah satu cara menjaga kelembapan kulit.

5 dari 5 halaman

Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Masker Alpukat

Walau masker alpukat dipercaya dapat menyehatkan kulit karena tidak mengandung bahan kimia, tetapi ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan, yaitu:

Jerawat

Masker alpukat dapat menyumbat pori-pori, sehingga orang yang memiliki kulit berjerawat disarankan untuk menghindari pemakaian masker ini.

Alergi latex

Orang yang memiliki alergi serius terhadap bahan latex, yaitu bahan yang digunakan untuk kondom dan balon, biasanya juga mengalami gejala alergi serupa setelah mengonsumsi alpukat.

Penggunaan Masker

Untuk mendapatkan hasil maksimal, penggunaan dan pengaplikasian masker pada wajah juga harus diperhatikan. Masker harus didiamkan terlebih dahulu sebelum dibersihkan, agar kandungan di dalamnya meresap pada kulit. Sementara produk pembersih bisa digunakan dalam waktu lebih cepat, dan dapat langsung dibilas.

Sebaiknya, gunakan masker secukupnya, jangan menggunakannya setiap hari. Penggunaan setiap hari bisa membuat kulit stres dan meningkatkan sensitivitas kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini