Sukses

12 Manfaat Ciplukan untuk Kesehatan, Buah Liar yang Banyak Dicari

Ciplukan mulai banyak dikenal luas.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat ciplukan mulai banyak dikenal luas. Ciplukan merupakan sejenis buah yang populer belakangan ini. Ciplukan sebenarnya merupakan tanaman yang biasa tumbuh liar dan ditemukan di semak kebun, sawah, atau bahkan tepi jalan. Manfaat ciplukan didapat dari vitamin dan mineral yang dikandungnya.

Manfaat ciplukan bisa dinikmati dengan rasanya yang gurih dan manis. Buahnya bewarna oranye cerah yang dibungkus dengan kelopak tipis.

Manfaat ciplukan ternyata tak kalah sehat dari buah-buahan lain. Dari manfaat ciplukan inilah sekarang tanaman ini begitu banyak dicari. Manfaat ciplukan bisa dikonsumsi langsung tanpa diolah.

Berikut manfaat ciplukan untuk kesehatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mengenal ciplukan

Ciplukan memiliki nama latin Physalis. Ia dikenal dengan nama groundcherry, golden berry, Peruvian groundcherry, Peruvian groundcherry, gooseberry Cape, dan poha berry. Ciplukan tumbuh di semak-semak kuat yang dapat mentolerir lingkungan ekstrem setinggi 10.000 kaki di atas permukaan laut. Ciplukan tumbuh paling baik di daerah yang mendapat banyak sinar matahari dan drainase tanah.

Ciplukan berasal dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan, dan terutama di dataran tinggi Peru dan Chili. Buah ini dibudidayakan oleh suku Inca asli daerah itu sejak 4.000 tahun yang lalu.

Buah ciplukan matang akan berwarna oranye cerah. Ia terbungkus dengan kelopak tipis yang harus dibuang sebelum dimakan. Ukurannya lebih kecil dari tomat ceri. Ciplukan memiliki rasa tropis yang manis dan gurih.

3 dari 8 halaman

Manfaat ciplukan

Kaya antioksidan

Manfaat ciplukan yang paling penting adalah ia kaya antioksidan. Antioksidan melindungi dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang merupakan molekul yang terkait dengan penuaan dan penyakit, seperti kanker.

Melansir Healthline, penelitian telah mengidentifikasi 34 senyawa unik dalam buah ciplukan. Kulit buah ciplukan memiliki kandungan antioksidan hampir tiga kali lipat dari daging buahnya. Selain itu, tingkat antioksidan berada pada puncaknya ketika buah matang.

Sumber vitamin C

Buah ciplukans adalah sumber vitamin C yang baik. Vitamin C memainkan beberapa peran kunci dalam respon sistem kekebalan tubuh yang sehat. Dikatakan bahwa itu memenuhi 18 persen kebutuhan vitamin C, lebih lanjut membantu dalam meningkatkan kekebalan.

4 dari 8 halaman

Manfaat ciplukan

Anti-inflamasi

Ciplukan adalah bagian dari keluarga Solanaceae, sekelompok tanaman yang mengandung steroid alami yang disebut withanolides. Senyawa dalam buah ciplukan yang disebut withanolides memiliki efek anti-inflamasi. Steroid ini berpotensi membantu menenangkan peradangan pada radang sendi kronis , penyakit autoimun , dan beberapa penyakit neurodegeneratif.

Ia juga berpotensi melindungi terhadap kanker usus besar. Meskipun tidak ada penelitian pada manusia yang sebanding, penelitian tabung reaksi dalam sel manusia mengungkapkan efek yang menjanjikan terhadap peradangan.

Tingkatkan kekebalan

Menurut Healthline, studi pada sel manusia mencatat bahwa manfaat ciplukan dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh. Buahnya mengandung banyak polifenol yang menghalangi pelepasan penanda kekebalan inflamasi tertentu.

5 dari 8 halaman

Manfaat ciplukan

Sehatkan tulang

Manfaat ciplukan kaya akan vitamin K, vitamin yang larut dalam lemak yang terlibat dalam metabolisme tulang. Vitamin ini merupakan komponen penting dari tulang dan tulang rawan dan juga terlibat dalam tingkat pergantian tulang yang sehat, yaitu bagaimana tulang dipecah dan direformasi.

Baik untuk penglihatan

Ciplukan mengandung lutein dan beta-karoten, bersama dengan beberapa karotenoid lainnya. Secara khusus, lutein karotenoid terkenal untuk mencegah penyakit mata. Diet tinggi karotenoid dari buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia, penyebab utama kebutaan.

6 dari 8 halaman

Manfaat ciplukan

Kontrol tekanan darah tinggi

Kehadiran fito-kimia seperti polifenol dan karotenoid dalam ciplukan membantu mengatur tingkat tekanan darah tinggi. Bahan kimia ini bersama dengan serat pektin larut menjaga kadar kolesterol jahat tetap terkendali dan meningkatkan kesehatan jantung.

Kontrol diabetes

Manfaat ciplukan mengandung serat larut yang sangat besar seperti fruktosa yang terbukti bermanfaat bagi pasien diabetes. Buah ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

7 dari 8 halaman

Manfaat ciplukan

Dukung penurunan berat badan

Ciplukan rendah lemak dan kalori. Segenggam ciplukan bisa jadi camilan yang enak atau pengisi makanan untuk mendukung tujuan penurunan berat badan. Ciplukan mengandung serat baik yang bisa meningkatkan rasa kenyang lebih lama.

Lancarkan pencernaan

Serat memainkan peran penting dalam mengatur proses pencernaan. Manfaat ciplukan kaya akan serat bermanfaat. Selain itu, serat pektin yang dikandungnya membantu menenangkan saluran cerna yang terganggu, mencegah sembelit dan juga berfungsi sebagai pencahar yang baik.

8 dari 8 halaman

Manfaat ciplukan

Turunkan kolesterol

Manfaat ciplukan mengandung pitosterol, sejenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam darah. Ciplukan juga mengandung asam lemak seperti asam linoleat dan asam oleat. Ini dapat membantu menurunkan kolesterol secara keseluruhan.

Kaya nutrisi bermanfaat

Ciplukan mendapatkan warna khasnya dari karotenoid, sejenis pigmen alami yang juga memberi warna cerah pada makanan seperti wortel dan labu. Di samping itu, ciplukan merupakan buah kaya vitamin dan mineral. Ini termasuk vitamin B, C, A, E, K, kalsium, zat besi, fosfor, beta karoten, dan lutein. Ia juga kaya serat alami yang mengesankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.