Sukses

Poster Makanan, Tips Mendesain dan Membuatnya Secara Online

Poster makanan menjadi salah satu bentuk promosi yang sangat efektif.

Liputan6.com, Jakarta Poster makanan menjadi salah satu bentuk promosi yang sangat efektif. Bagi kamu yang sedang memulai usaha kuliner, promosi adalah hal yang paling digencarkan. Poster makanan merupakan salah satu medianya.

Poster makanan yang kreatif dan menarik bisa menarik perhatian calon konsumen. Kini membuat poster makanan jauh lebih mudah dengan situs-situs gratis pembuatan poster. Ada banyak situs pembuat poster yang menawarkan konten mereka secara gratis. 

Kamu hanya perlu mengembangkan kreativitas untuk membuat poster makanan. Membuat poster makanan pastinya juga memerlukan strategi agar pesan bisa tersampaikan dengan efektif. Dengan memanfaatkan situs gratis dan strategi yang tepat, kamu bisa membuat poster makanan yang menarik.

Berikut cara membuat poster makanan secara online dan tipsnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(18/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tips membuat poster makanan

Buat agar mudah dibaca dari jauh

Prioritas utama sebuah poster umumnya adalah mengekspos sesuatu ke banyak orang. Informasi kunci harus mudah dibaca dari kejauhan untuk menarik orang ke poster makananmu. Ada tiga bagian teks yang perlu diperhatikan.

Judul

Ini adalah elemen teks utama (dan terbesar) dalam desain. Pilihlah jenis huruf yang dapat dibaca yang menarik dan membutuhkan perhatian.

Detail

Bagaimana, apa, kapan, dimana? Jawablah pertanyaan-pertanyaan ini di tingkat kedua teks ini. Informasi apa yang diperlukan seseorang untuk melakukan apa yang diminta poster dari mereka? Berikan informasi di sini secara ringkas. Untuk ukuran, ada dua opsi - turunkan ukuran menjadi sekitar setengah dari judul utama dan gunakan teknik lain untuk kontras.

Tingkatkan Kontras

Kamu memiliki satu pandangan untuk menarik perhatian seseorang dengan sebuah poster. Kontras tinggi antar elemen dapat membantu melakukan itu. Untuk makanan, hindari palet warna monoton dengan gradien pucat.

Pikirkan juga tentang latar belakang warna yang besar. Seringkali desainer poster memulai dengan kanvas putih. Jika printer memungkinkan, gunakan latar belakang warna tinggi dengan gambar penuh untuk membuat poster makanan menonjol dari yang lain.

3 dari 7 halaman

Tips membuat poster makanan

Pertimbangkan ukuran dan lokasi

Di mana poster ditempatkan sangat penting dipertimbangkan. Ini akan memengaruhi ukuran poster dan menghindari kekacauan visual di sekitar poster. Mengetahui di mana poster makanan akan berada dapat membantu membuat pilihan tentang cara membuatnya. Tidak hanya kontras visual yang penting dalam desain, ini juga merupakan faktor eksternal yang penting.

Misalnya, jika postermu akan ditempel di dinding hijau, Kamu mungkin perlu menggunakan skema warna yang kontras agar poster tidak mati.

Buat versi mininya

Meskipun desain poster pada dasarnya adalah proyek cetak, buat versi mini yang dapat digunakan di tempat lain juga. Ingat salah satu prinsip dasar pemasaran - seseorang membutuhkan eksposur 20 kali untuk mengingatnya. Berbagai versi poster dapat membantu mencapai hal itu.

Perkecil poster makanan agar dapat dapat dibagikan di media sosial. Buat versi yang bisa dikirim melalui email. Atau buat versi poster untuk situs web.

4 dari 7 halaman

Tips membuat poster makanan

Gunakan Satu Visual Besar

Apakah kamu memilih foto, ilustrasi atau teks, gambar yang dominan adalah kuncinya. Dan seperti halnya teks, gambar harus dapat dikenali dari kejauhan. Saat mendesain poster, pikirkan baik-baik - gambar makanan atau elemen close-up, ilustrasi item tunggal, pemandangan umum dengan titik fokus yang tajam, tipografi baru dengan intrik tinggi.

Setelah memilih visual, berhati-hatilah dengan elemen layering. Jenis dan gambar harus memiliki kontras yang cukup agar dapat dibaca secara terpisah.

Gunakan Banyak Ruang

Untuk poster, gunakan jarak antar elemen yang luas. Jarak ekstra akan secara dramatis meningkatkan dampak visual dan keterbacaan pada jarak.

5 dari 7 halaman

Tips membuat poster makanan online

Sertakan ajakan

Tujuan dari setiap poster adalah untuk membujuk orang. Untuk alasan itu, ajakan bertindak sangat penting. Pikirkan hal itu dengan cara yang sama seperti jika kamu membujuk seseorang untuk mencoba masakanmu. Ajakan atau bujukan sering kali berupa informasi menu, diskon atau promosi menarik.

Buat Fokus dengan Tipografi

Desain poster adalah salah satu tempat di mana kamu benar-benar bisa bermain dengan tipografi yang indah. Beberapa poster terbaik dibuat dengan jenis dan warna, tanpa gambar atau ilustrasi. Kamu bisa memanfaatkan font untuk membuat poster makanan terlihat lebih menarik.

6 dari 7 halaman

Cara membuat poster makanan online

Postermywall

Tempat untuk membuat poster makanan online pertama adalah Postermywall. Situs ini memungkinkan kamu mendesain poster yang menarik. Kamu bahkan bisa membuat poster untuk kebutuhan sosial media. Kamu bisa mengintegrasikan teks, video, dan banyak gambar di poster makananmu untuk menjadikannya siap diposting di Instagram.

Crello

Crello adalah situs web lain bisa membantumu membuat poster makanan. Setelah login, kamu dapat mencari dari arsip besar foto, background, dan ilustrasi. Kamu juga dapat mencari foto gratis melalui tab Free Photos. Ada filter yang dapat digunakan untuk mencari jenis gambar (gratis) tertentu.

7 dari 7 halaman

Cara membuat poster makanan online

Canva

Dengan lebih dari enam puluh ribu template, Canva adalah surganya pembuat poster. Di sini kamu bisa membuat poster makanan semenarik mungkin. Kamu dapat memilih ukuran gambar, menambahkan beberapa layer ke gambar, mengubah gaya font, dan memilih dari beragam gambar background.Canva mencantumkan yang gratis di bagian atas daftar, yang menghemat waktu dan meningkatkan pengalaman secara keseluruhan.

Adobe Spark

Adobe Spark merupakan salah satu situs pembuat poster online yang dikembangkan oleh Adobe. Dengan situs ini kamu bisa mendesain poster mirip seperti menggunakan Photoshop. Spark menampilkan banyak stok foto untuk membuat poster makanan menarik secara visual. Kamu dapat memilih dari Adobe Stock atau koleksi di Google Drive atau Dropbox.

Snappa

Jika kamu menyukai poster makanan yang minimalis, kamu bisa memanfaatkan Snappa. Mirip dengan Canva, kamu dapat memilih ukuran gambar dan memilih gaya dan bentuk font. Background yang disediakan menarik dan gratis. Kamu akan semuanya mulai dari desain prismatik (gradien) hingga bokeh klasik dan gambar berpola penuh gaya.

Tidak seperti situs web lain, Snappa tidak memberikan banyak batasan pada paket gratisnya. Kamu memiliki akses ke banyak foto, grafik, dan templat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.