Sukses

8 Tips Makan Sehat untuk Orang Sibuk, Asupan Gizi Tetap Terjaga

Tips makan sehat untuk orang sibuk perlu diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Walaupun sibuk, asupan makanan harus tetap terjaga. Tips makan sehat untuk orang sibuk ini perlu untuk kamu ketahui. Pasalnya, tak sedikit orang mengesampingkan jadwal makannya karena disibukkan dengan aktivitas di sekolah ataupun di kantor.

Tips makan sehat untuk orang sibuk ini bisa membantu kamu untuk menjaga pola makan dan asupan makanan yang kamu konsumsi. Kamu tetap harus memerhatikan jadwal makan dan asupan yang kamu konsumsi walaupun sedang disibukkan dengan segudang aktivitas. 

Makan makanan sehat merupakan salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya itu saja keuntungannya, makanan sehat juga membawa dampak baik bagi mood kamu sehari-hari. Selain itu juga kamu tetap semangat melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu penting memahami tips makan sehat untuk orang sibuk ini.

Tips makan sehat untuk orang sibuk ini bisa mulai kamu terapkan jika selama ini kamu merasa bahwa pola makan dan asupan makan yang kamu konsumsi belum baik karena disibukkan dengan segudang aktivitas.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang tips makan sehat untuk orang sibuk yang perlu diperhatikan, Jumat (6/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Makan Sehat untuk Orang Sibuk

Tips makan sehat untuk orang sibuk ini penting untuk kamu ketahui agar dapat membantu mengatur pola makan kamu. Kesehatan kamu harus terjaga agar tetap semangat menjalani hari-hari kamu yang dipadatkan dengan segudang aktivitas.

1. Sarapan

Tips makan sehat untuk orang sibuk yang pertama yakni sarapan. Kamu harus menyempatkan diri untuk sarapan sebelum memulai aktivitas. Tak sedikit orang yang mengabaikan tips satu ini karena merasa sudah terlambat untuk pergi ke kantor atau ke sekolah. Sarapan sangat penting untuk menyokong energi dan membantu mengendalikan gula darah. Hindari sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan gula. Berikut ini menu makan sehat yang bisa kamu konsumsi :

- Makanan dengan karbohidrat kompleks yang tinggi misalnya oatmeal, nasi merah, sereal, buah, dan sayur.

- Makanan yang mengandung serat yang tinggi misalnya sereal gandum dan chia seed.

- Menu yang kaya akan protein misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, susu almond, susu sapi rendah lemak, yoghurt, dan telur.

- Makanan dengan lemak baik dari kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan kelapa. 

2. Banyak Minum Air Putih

Tips makan sehat untuk orang sibuk berikutnya yakni banyak minum air putih. Tips satu ini cukup mudah dilakukan, namun masih banyak orang yang mengabaikannya. Minimal minumlah 8 gelas air putih dalam sehari agar kadar energi kamu tetap tinggi, pencernaan lancar, dan konsentrasi tetap terjaga.

3. Hindari Kopi

Tips makan sehat untuk orang sibuk berikutnya yakni sebaiknya menghindari kopi atau membatasi konsumsi kopi setiap harinya, jangan kebanyakan minum kopi ketika kamu sedang dipadatkan dengan segudang aktivitas.  Kebanyakan minum kopi akan membebani organ hati, membuat kamu dehidrasi, karena kopi adalah minuman yang bersifat diuretik alias meningkatkan kecepatan pembentukan urine.

Usahakan untuk tidak minum kopi lebih dari 400 mg per hari agar tetap aman dan tidak memberikan efek samping yang berbahaya. Sebagai alternatif bila butuh asupan kafein, kamu dapat meminum teh herbal seperti misalnya teh hijau atau matcha.

4. Konsumsi Makanan Segar

Tips makan sehat untuk orang sibuk berikutnya yakni kamu sebaiknya konsumsi makanan segar. Daging, ikan, kacang-kacangan, gandum, buah, dan sayur yang segar adalah makanan sehat yang baik untuk kesehatan. Jika ingin membawa snack, bawalah kacang-kacangan atau buah dan sayur yang dipotong kecil-kecil.

3 dari 4 halaman

Tips Makan Sehat untuk Orang Sibuk

5. Kurangi Konsumsi Makanan Kemasan

Tips makan sehat untuk orang sibuk berikutnya yakni mengurangi atau membatasi mengonsumsi makanan kemasan karena tidak baik untuk kondisi kesehatan kamu. Makanan kemasan mengandung banyak gula, garam, penstabil, pengawet, perasa buatan, pewarna buatan, dan lain sebagainya. Bahan-bahan makanan tersebut kurang baik bagi kesehatan. 

6. Jangan Makan Berlebihan

Tips makan sehat untuk orang sibuk yang harus diperhatikan berikutnya yakni jangan makan berlebihan. Agar aktivitas makin optimal, sebaiknya jangan makan secara berlebihan. Makan saja secukupnya dan teratur. Jika masih merasa lapar setelah makan, tunggu hingga 30 menit baru makan lagi dengan porsi kecil.

Makan berlebihan bukan saja mengakibatkan bertambahnya berat badan, melainkan juga menghambat sistem pencernaan Anda dan dapat mengakibatkan penyakit-penyakit yang lebih serius seperti diabetes. 

7. Makan Secara Teratur dan Tepat Waktu

Tips makan sehat untuk orang sibuk berikutnya yakni usahakan selalu makan teratur dan tepat waktu. Tak sedikit orang yang mengabaikan jam makannya karena disibukkan dengan segudang aktivitas.

Laju metabolisme akan melambat saat malam. Dianjurkan untuk makan makanan sehat sebelum jam 8 malam agar tubuh sempat untuk memproses makanan yang makan dan membersihkan racun pada tubuh.

8. Konsumsi Suplemen

Konsumsi suplemen merupakan tips makan sehat untuk orang sibuk berikutnya yang harus diperhatikan. Aktivitas yang padat mengharuskan tubuh mampu menyerap manfaat makanan secara sempurna. Salah satunya adalah dengan suplemen. 

Lingkungan yang mengandung banyak zat-zat yang tidak baik bagi tubuh kita, atau stres karena pekerjaan dapat mempengaruhi nutrisi di dalam tubuh kita. Beberapa suplemen yang dianjurkan seperti :

- Suplemen multivitamin atau mineral

- Suplemen probiotik

- Vitamin B kompleks

- Suplemen yang mengandung asam lemak esensial omega-3 atau omega-6

- Minyak Ikan

4 dari 4 halaman

Makanan Penambah Stamina

Makanan penambah stamina ini bisa kamu konsumsi untuk memabntu menambah energi kamu yang selalu disibukkan dengan aktivitas. Makanan penambah stamina dibutuhkan sebagai sumber energi bagi tubuh, termasuk untuk kerja otak.

Stamina adalah kekuatan untuk bertahan, baik secara fisik dan mental, dalam jangka waktu yang lebih lama. Untuk menjaga stamina, cara paling efektif adalah dengan menjalani pola hidup sehat dan mengonsumsi beragam makanan bergizi.

1. Oatmeal

Makanan penambah stamina yang pertama yakni adalah oatmeal. Oatmeal merupakan jenis gandum yang kaya akan kandungan serat, vitamin B, zat besi, dan mangan. Oatmeal sangat ideal dikonsumsi sebagai sarapan sehat karena lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan tidak cepat kehabisan energi.

2. Telur

Telur merupakan makanan penambah stamina berikutnya yang bisa dijadikan sebagai menu makanan kamu. Kandungan leusin pada telur cukup tinggi, yaitu jenis asam amino esensial yang bermanfaat dalam penyerapan gula dan metabolisme lemak untuk menghasilkan energi.

3. Pisang

Makanan penambah stamina berikutnya yakni pisang. Pisang merupakan salah satu buah yang sangat dikenal manfaatnya sebagai penambah stamina. Hal ini karena buah pisang kaya akan kandungan karbohidrat, kalium, dan vitamin B6. Ketiga kandungan tersebut terbukti dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh.

4. Hati Sapi

Hati sapi merupakan salah satu makanan padat nutrisi (superfood) yang baik untuk dikonsumsi. Selain dikenal sebagai sumber zat besi, hati sapi juga mengandung semua jenis protein yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Hati sapi  juga kaya akan vitamin B12 yang dikenal mampu menambah produksi energi.

5. Ikan Salmon dan Tuna

Jenis makanan penambah stamina berikutnya yang bisa menambah stamina atau energi kamu yakni ikan salmon dan tuna. Ikan salmon dan tuna dikenal mengandung protein dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak omega-3 telah terbukti dapat meningkatkan performa dan ketahanan tubuh saat beraktivitas fisik.

 

Contoh Minuman Penambah Stamina :

1. Air Kelapa

Air kelapa muda memiliki kandungan mineral yang tinggi, terutama kalium. Jenis air kepala yang baik tentunya air kelapa alami yang berasal dari kelapa muda. Air kelapa dalam bentuk kemasan umumnya memiliki kandungan gula tambahan.

2. Jus Hijau

Jus hijau ini tentunya mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Kandungan klorofil dalam sayuran hijau juga membantu mengoksigenasi darah, sehingga membuat stamina meningkatkan dan otak lebih tajam.

3. Teh Hijau dan Delima

Contoh minuman penambah stamina berikutnya yakni adalah teh hijau atau delima. Teh hijau juga dapat menjadi sumber kafein alami yang dapat meningkatkan energi dan stamina tubuh. Paduan teh hijau, jus delima, dan biji chia tidak hanya akan membantu meningkatkan energi, tapi juga dapat memberikan asupan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini