Sukses

7 Cara Menghilangkan Bau Sisa Makanan pada Wadah Plastik

Cara menghilangkan bau sisa makanan pada wadah plastik perlu diperhatikan sejak sebelum mencuci hingga mengeringkannya.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bau sisa makanan pada wadah plastik memang tidak semudah wadah kaca. Sering kali bau makanan tertinggal meski sudah dicuci bersih menggunakan sabun cuci piring yang wangi. Bau sisa makanan ini bahkan tak mau hilang dalam jangka waktu lama. 

Padahal, penggunaan wadah plastik disukai banyak orang karena murah, praktis, dan dapat digunakan berkali-kali. Namun, jika kamu menyimpan makanan pedas dan berminyak, wadah plastik cenderung menyerap bau makanan tersebut.

Cara menghilangkan bau sisa makanan pada wadah plastik perlu diperhatikan sejak sebelum mencuci hingga mengeringkannya. Mencuci wadah plastik untuk menghilangkan bau makanan sisa memang tidak bisa dilakukan dengan cara biasa.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/9/2020) tentang cara menghilangkan bau sisa makanan pada wadah plastik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Segera Cuci dan Bilas dengan Air Hangat

Segera Cuci

Cara menghilangkan bau sisa makanan pada wadah plastik yang pertama adalah dengan segera mencucinya setelah digunakan. Jangan tunggu terlalu lama dan menumpuk wadah plastik di tempat cuci piring. Semakin lama kamu membiarkan wadah plastic tidak dicuci, maka bau sisa makanan akan semakin lama tertinggal pada wadah.

Bilas dengan Air Hangat

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan cara menghilangkan bau sisa makanan pada wadah plastic dengan menggunakan air hangat. Gunakan air hangat untuk membilas sisa makanan, kemudian bersihkan dengan sabun hingga sudut-sudut wadah. Kemudian bilas lagi dengan air hangat hingga wadah plastik sampai benar-benar bersih.

3 dari 4 halaman

Garam, Cuka, dan Baking Soda

Garam

Garam juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau sisa makanan pada wadah plastik. Penggunaannya mudah saja, cukup taburkan garam halus pada wadah dan gosok dengan spon cuci piring. Biarkan sejenak, lalu bilas sampai bersih. Kemudian cuci wadah dengan sabun.

Cuka

Selain menggunakan garam cara menghilangkan bau sisa makanan pada wadah plastic selanjutnya adalah menggunakan cuka. Caranya dengan menuang cuka makan secukupnya dan gosok dengan spons bersih, tidak terkena sabun. Biarkan sebentar agar cuka bekerja pada wadah plastik. Setelah itu bilas dan lanjutkan dengan mencucinya dengan sabun.

Baking Soda

Cara menghilangkan bau sisa makanan pada wadah plastic juga bisa menggunakan baking soda. Baking soda atau soda kue selalu bisa menjadi solusi, termasuk dalam menyingkirkan bau dari wadah plastik. Caranya sama dengan menggunakan cuka. Taburkan secukupnya, kemudian gosok secara merata dan bilas. Lanjutkan dengan mencuci wadah plastic memakai sabun.

4 dari 4 halaman

Keringkan di Bawah Sinar Matahari dan Gunakan Kertas Koran

Keringkan di Bawah Sinar Matahari

Setelah selesai menerapkan berbagai cara mencuci wadah plastik agar baunya hilang tersebut, kamu bisa mengeringkannya di bawah sinar matahari. Hal ini dilakukan agar sisa air menguap maksimal dan membawa pergi sisa bau makanan.

Jika wadah dibiarkan kering dalam keadaan lembab, sia bau akan tertinggal di wadah. Cara menghilangkan bau sisa makanan pada wadah plastik ini penting untuk dipraktikkan.

Kertas Koran

Setelah mengeringkannya di bawah sinar matahari, kamu masih perlu melakukan satu langkah lagi. Cara menghilangkan bau sisa makanan pada wadah plastik yang terakhir adalah menggunakan kertas Koran.

Caranya juga cukup mudah, kamu tinggal meremas kertas koran secukupnya dan masukkan ke dalam wadah plastik semalaman atau bisa juga melakukannya lebih lama lagi. Hal ini berkaitan dengan bau khas kertas koran yang tajam mampu menyingkirkan bau makanan yang tertinggal di wadah plastik.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau sisa makanan pada wadah plastik yang bisa kamu terapkan di rumah. Sekarang, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan bau sisa makanan pada kotak bekal ataupun piring plastik yang digunakan sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.