Sukses

Tujuan Olahraga dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Lakukan Secara Rutin

Tujuan olahraga yang paling utama tentunya adalah untuk menjaga kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Tujuan olahraga yang paling utama tentunya adalah untuk menjaga kesehatan. Olahraga merupakan salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, masih banyak yang mengabaikannya.

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dengan memelihara fungsi organ hingga meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Bahkan, olahraga juga dapat menunjang kesehatan mental seseorang. 

Tujuan olahraga perlu diperhatikan sebelum melakukannya. Pasalnya, tujuan olahraga ini nantinya akan memberikan manfaat yang berbeda-beda pula. Walaupun begitu, setiap olahraga yang dilakukan dengan benar dan tepat biasanya akan memberikan manfaat kesehatan tertentu.

Secara umum, orang dewasa berusia 19–64 tahun disarankan untuk berolahraga sekitar 150 menit per minggu atau 30 menit per hari. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/7/2021) tentang tujuan olahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tujuan Olahraga

Tujuan olahraga yang paling utama tentunya adalah untuk menjaga kesehatan. Selain itu, tujuan olahraga lainnya sejalan dengan manfaatnya yaitu untuk menguatkan tubuh, mengatur pernapasan, hingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Tujuan olahraga setiap orang tentunya berbeda-beda. Ada orang yang memiliki tujuan olahraga untuk menurunkan berat badan, membentuk otot, untuk kompetisi, hingga sekadar menjaga kesehatan.

Seperti Liputan6.com kutip dari Merdeka, tujuan olahraga sendiri dikelompokkan sebagai berikut:

- Olahraga Rehabilitas : Olahraga ini digunakan untuk memperbaiki keadaan tubuh seseorang.

- Olahraga Prestasi : Olahraga ini digunakan dalam kejuaraan dan dalam perlombaan.

- Olahraga Pendidikan : Olahraga ini digunakan dalam kurikulum pendidikan.

- Olahraga Rekreasi : Olahraga ini digunakan untuk bersenang-senang dan bergembira.

Itulah beberapa tujuan olahraga yang perlu kamu pahami terlebih dahulu. Mengenal tujuan olahraga yang kamu lakukan bisa membuat kamu mengatur aktivitasnya dengan baik.

3 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga

- Melancarkan peredaran darah

Manfaat olahraga yang pertama adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini karena aktivitas olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Dengan begitu, risiko terserang penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga penyakit stroke dapat berkurang.

- Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat olahraga selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Jika rutin melakukannya, daya tahan tubuh akan semakin kuat. Metabolisme tubuh juga akan semakin lancar dan sistem imun meningkat.

Olahraga atau latihan kebugaran jasmani mampu mencegah kamu terkena berbagai penyakit, baik penyakit menular atau penyakit ringan seperti flu atau demam. Seseorang yang rajin melakukan latihan kebugaran jasmani juga akan terlihat lebih sehat, segar dan cerah. 

- Mengontrol berat badan

Manfaat olahraga juga baik untuk mengontrol berat badan. Latihan kebugaran jasmani membantu kamu untuk selalu bergerak aktif melakukan kegiatan fisik. Tentunya kalori dalam tubuh akan semakin banyak terbakar bila kamu melakukan aktivitas fisik yang intens. Dengan begitu, kamu bisa menjaga berat badan ideal.

Kamu bisa meluangkan waktu untuk melakukan latihan kebugaran jasmani ini selama beberapa kali dalam seminggu, tidak perlu setiap hari. Asalkan melakukannya secara rutin, maka kamu bisa mendapatkan berbagai manfaatnya untuk kesehatan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Olahraga

- Meningkatkan energi

Aktivitas berolahraga secara teratur dapat memperbaiki sistem kerja jantung dan paru-paru menjadi lebih baik. Pada kondisi ini, tubuh akan memperoleh lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari. Jadi, tujuan kebugaran jasmani selanjutnya adalah untuk meningkatkan energi tubuh.

Bukan hanya itu, olahraga juga bisa membantu meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat, bugar, dan jauh dari berbagai macam penyakit.

- Melenturkan sendi dan menguatkan tulang

Rutin melakukan latihan membuat otot-otot tubuh dan anggota gerak lainnya akan lebih lentur. Kamu bisa melakukan berbagai gerakan senam lantai, seperti roll depan, roll belakang, kayang, split, lompat harimau atau melakukan gerakan dari kepala hingga ke kaki.

Selain itu, dengan banyak berolahraga dan latihan yang tepat, tulang akan semakin kuat dan terhindar dari dari osteoporosis. Jenis latihan kebugaran jasmani yang bisa dilakukan untuk menguatkan tulang yakni, berjalan kaki, lari, bersepeda, mendaki, naik turun tangga, senam dan angkat beban.

- Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu manfaat olahraga adalah meningkatkan kualitas tidur. Perlu diketahui bahwa aktivitas fisik yang teratur dapat membantu kamu tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang semakin baik. Walaupun begitu, sebaiknya hindari aktivitas olahraga menjelang waktu tidur. Jika kamu melakukan olahraga menjelang tidur, kamu malah akan terus terjaga dan sulit tidur.

- Meningkatkan Suasana Hati

Dengan berolahraga, kamu dapat meningkatkan mood atau suasana hati menjadi lebih baik. Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin dapat merangsang berbagai senyawa kimia dalam otak untuk merasa lebih bahagia. Tidak hanya itu, dengan berolahraga tubuh juga menjadi lebih rileks, dan kecemasan dapat berkurang.

Latihan kebugaran jasmani yang dilakukan dengan teratur juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Penampilan fisik yang baik tentunya dapat menambah rasa percaya diri kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini