Sukses

6 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android, Mudah Dipraktikkan

Cara mengembalikan foto yang terhapus bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengembalikan foto yang terhapus bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi. Selain itu, kamu juga bisa melakukan tindakan preventif dengan menerapkan backup foto galeri terlebih dahulu, sehingga kamu tidak perlu panik lagi jika foto tak sengaja terhapus.

Kadang saat membuka galeri pada smartphone dan memorinya sudah penuh, kamu terpaksa untuk menghapus beberapa foto. Namun, kadang penyesalan datang terlambat. Saat kamu sudah menghapus foto-foto tersebut, ternyata kamu masih membutuhkannya di kemudian hari.

Namun, tidak perlu panik karena yang harus kamu lakukan adalah bertindak cepat untuk mengembalikan foto tersebut. Saat ini kamu dapat dengan mudah mengikuti cara mengembalikan foto yang terhapus di galeri ponsel dengan menggunakan beberapa aplikasi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/4/2020) tentang cara mengembalikan foto yang terhapus

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Menggunakan Aplikasi Dumpster

Cara mengembalikan foto yang terhapus pada smartphone yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Dumpster. Aplikasi Android yang luar biasa ini pada dasarnya bertindak sebagai Keranjang Sampah.

Aplikasi Dumpster ini merupakan aplikasi yang dapat mencadangkan dan menyimpan semua data yang baru kamu hapus. Jadi kamu tidak perlu putus asa lagi jika tidak sengaja menghapus sebuah foto.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah membatalkan penghapusan gambar dan video, dan langsung mengembalikannya ke smartphone. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi terbaik yang dapat kamu miliki di smartphone androidmu sebagai salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus.

Berikut cara mengembalikan foto yang terhapus dengan aplikasi Dumpster:

1. Unduh & instal aplikasi Dumpster dari Google Play Store.

2. Buka aplikasi, terima semua syarat dan ketentuan dan berikan semua izin yang dibutuhkan. Sekarang, kamu akan melihat antarmuka di mana kamu harus memilih jenis file yang ingin disimpan.

3. Setelah memilih jenis file, hapus saja file apa pun dari penyimpanan internal atau eksternalmu dan aplikasi akan menyimpan file yang dihapus untukmu.

Perlu dicatat bahwa aplikasi akan menyimpan setiap file yang dihapus setelah menginstal aplikasi. Aplikasi tidak dapat memulihkan file yang dihapus sebelum menginstal aplikasi.

3 dari 7 halaman

Menggunakan Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP selanjutnya memerlukan sebuah aplikasi pemulihan foto, bernama DiskDigger Photo Recovery. Aplikasi ini dapat kamu unduh di Play Store secara gratis.

Aplikasi ini sangat ringan dengan ukuran hanya sekitar 2 MB. Selain itu Aplikasi DiskDigger Photo Recovery ini tak menayangkan banyak iklan yang menganggu fungsi utamanya. Ada beberapa aplikasi di Play Store yang mengklaim dapat digunakan sebagai cara mengembalikan foto yang terhapus, tetapi setelah diselidiki, tidak lebih baik dari DiskDigger ini.

Bagian terbaik dari aplikasi ini adalah kamu tidak memerlukan bantuan sambungan komputer atau laptop. Kamu dapat melakukan proses pemulihan langsung pada ponsel. Berikut langkah pemulihan foto yang dihapus:

1. Pertama, pergi ke Play Store, cari dan instal aplikasi DiskDigger photo recovery.

2. Selanjutnya, buka aplikasi dan pilih “Start Basic Photo Scan”. Pilih folder tempat kamu ingin memulihkan file yang dihapus.

3. Tunggu beberapa detik atau menit hingga pemindaian selesai. Aplikasi akan menunjukkan kepadamu file yang dihapus dari drive ponsel. Kamu dapat menandai foto yang ingin dikembalikan dan dapat memulihkannya dengan mengetuk “Recover button”. Setelah itu, foto yang terhapus akan berhasil kembali di galerimu.

Pada perangkat yang tidak di-rooting, DiskDigger terbatas untuk memulihkan gambar dari cache thumbnail, yang berarti bahwa gambar-gambar tersebut kemungkinan memiliki kualitas yang lebih rendah daripada foto atau video asli.

Memulihkan versi asli foto atau video resolusi penuh hanya dimungkinkan dengan me-rooting perangkat, dan mendapatkan versi Pro dari aplikasi.

4 dari 7 halaman

Menggunakan Aplikasi DigDeep Image Recovery

Cara mengembalikan foto yang terhapus selanjutnya adalah menggunakan aplikasi DigDeep Image Recovery. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengembalikan foto yang pernah terhapus dari memori HP.

DigDeep Image Recovery adalah aplikasi pemulihan yang luar biasa dan kuat untuk Android di mana kamu dapat mencari penyimpanan yang dihapus dan dapat memulihkannya dengan mudah. Pengguna hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi ini untuk memindai semua memori internal dan eksternal ponsel mereka.

5 dari 7 halaman

Menggunakan Aplikasi Restore Image

Aplikasi Restore image juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus. Aplikasi restore image merupakan aplikasi pemulihan gambar yang luar biasa yang dikembangkan oleh AlpacaSoft.

Melalui aplikasi ini, kamu dapat memulihkan gambar baik dari kartu SD dan memori telepon dengan mudah. Aplikasi ini tidak memerlukan akses root untuk menjalankannya.

6 dari 7 halaman

Menggunakan Deleted Photo Recovery Free

Cara mengembalikan foto yang terhapus juga bisa menggunakan aplikasi Deleted Photo Recovery Free. Aplikasi ini mengklaim mampu memgembalikan foto yang terhapus dengan mudah dan cepat.

Cara kerja dari aplikasi ini adalah mencari dan memindai foto yang terhapus dan dikembalikan seperti semula. Untuk langkah-langkah pemakaiannya sangat mudah. Pertama, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasinya. Lalu, pindai semua foto di HP android. Terakhir, tunggulah beberapa saat hingga Deleted Photo Recovery Free selesai mengembalikan foto kamu.

7 dari 7 halaman

Menggunakan Google Photos

Meski ada berbagai cara mengembalikan foto yang terhapus dari HP android, ada baiknya jika kamu melakukan langkah preventif. Langkah ini akan membuatmu tak perlu panik lagi jika foto atau video tak sengaja terhapus. Kamu dapat melakukan back up atau pencadangan foto di ponselmu.

Pada Android kamu bisa membackup foto-fotomu melalui Google Photos. Fitur bawaan ini menawarkan penyimpanan foto tanpa batas (selama file tidak terlalu besar) dan fungsi pencadangan yang mudah diatur.

Buka Google Photos, pilih opsi Pengaturan, lalu pilih Backup & sync, dan kamu dapat memilih seberapa sering dan dengan metode apa saja kamu ingin membuat cadangan foto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini