Sukses

Chord Exist Mencari Alasan Beserta Liriknya, Mudah Dipraktikkan Pemula

Chord Exist Mencari Alasan bisa menjadi pilihan bagi kamu yang baru belajar gitar.

Liputan6.com, Jakarta Chord Exist Mencari Alasan bisa menjadi pilihan bagi kamu yang baru belajar gitar. Pasalnya, lagu ini menggunakan chord dasar yang mudah dipraktikkan. Jadi, selain bernostalgia ke era pop 90-an, kamu juga sekaligus belajar bermain gitar dengan chord yang gampang.

Lagu Mencari Alasan menjadi hits pada masanya dan berhasil menaikkan nama band Exist di kancah musik Tanah Air. Exist sendiri merupakan band asal Malaysia yang populer pada tahun 90-an. Meski sudah lebih dari 20 tahun, karya-karya band Exists masih banyak digemari. 

Kepopuleran lagu Mencari Alasan yang easy-listening membuatnya enak dinyanyikan. Ditambah chord-nya yang mudah dipraktikkan, membuat lagu ini masih sering didengarkan dan dimainkan sampai sekarang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagao sumber, Senin (3/1/2022) tentang chord Exist Mencari Alasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Band Exists, Band Malaysia yang Populer di Indonesia

Band Exists sendiri merupakan grup band asal Malaysia yang populer di tahun 90-an. Di Indonesia, band ini menjadi idola banyak remaja. Exists muncul pertama kali pada tahun 1991 dengan beranggotakan 6 musisi remaja. Anggota grup ini berumur rata-rata 13 hingga 19 tahun. Pada awal kemunculannya Exists masih menggunakan nama Exist sebelum akhirnya di tahun 1997 mereka memutuskan untuk menambahkan huruf S di nama band.

Para personel awal dari Exists adalah Mamat (Vokal), Musa (Bass), Along (Gitar), Ujang (Dram), Shah (Gitar) dan Ajai (Keyboard). Di tahun 1991 Mamat dan kawan-kawan sukses meraih popularitas dengan album perdana bertajuk Exist.

Kepopuleran Exists di Indonesia tak lepas dari lagu hitsnya yang berjudul Mencari Alasan. Album bertajuk 'Diammu Gunung Berapi' yang melejit di Indonesia membuat band ini makin dikenal. Dengan lagu andalan berjudul 'Alasanmu (Mencari Alasan)' mereka meramaikan industri musik Tanah Air yang di masa itu memang diwarnai banyak musisi Malaysia. Tak heran Chord Exist Mencari Alasan banyak diminati para pemain gitar.

Kepopuleran Exists tentunya juga berimbas pada pencarian Chord Exist Mencari Alasan. Di tahun 1993, Exist memutuskan untuk pindah label dari JOJO's Production ke BMG Music. Hal ini berimbas dari hengkangnya vokalis mereka yaitu Mamat yang tak ingin pindah label. Posisi vokalis akhirnya digantikan oleh Ezad.

Setelah berganti vokalis Exists kemudian merilis album bertajuk 'Diammu Gunung Berapi' pada tahun 1995. Album ini meledak di pasaran hingga masuk ke pasar Indonesia dengan rekor penjualan sebesar 600.000 keping. Setelah kepopulerannya yang melesat, Exists merilis album ke-4 yang berjudul Jangan Gentar (1997). Setahun kemudian muncul album ke-5 yang berjudul Mutan (1998) dengan lagu andalannya berjudul Dirantai Digelangi Rindu.

Masuk tahun 2000-an Exists mengeluarkan album Best Of Exists dengan satu lagu baru berjudul 'Bunga'. Tahun 2003 merupakan tahun mereka mengeluarkan album studio mereka yang ke-9 berjudul Seperti Dulu dengan lagu hits Seperti Dulu. Album-album selanjutnya yang mereka keluarkan adalah Paragon (2004), Special Edition (2006), Hit Rakaman Semula (2007), dan Keunggulan (2008).

3 dari 4 halaman

Chord Exist Mencari Alasan

Chord Exist Mencari Alasan yang dipopulerkan band Exists memang menjadi langganan pemain gitar pemula. Hal ini tidak lepas dari penggunaan chord dasar yang mudah diterapkan. Jadi, Chord Exist Mencari Alasan bisa menjadi pilihan kamu dalam belajar gitar.

Berikut Chord Exist Mencari Alasan:

Intro: C Em F G

Am Em

Ikhlasnya hati seringkali disalah arti

Am G

Tulusnya cinta tidak pernah engkau hargai

C Em

Berlalu pergi dengan kelukaan ini

F G

Ku mengalah ku bersalah

(*) 

Am Em

Berpaling muka bila saling bertatap mata

Am G

Seolah kita tiada pernah saling mencinta

C Em

Mencari sebab serta mencari asalan

F G C

Supaya tercapai hasratmu

Reff:

G C

Manis di bibir, memutar kata

F

Malah kau tuduh akulah

G

Segala penyebabnya

Em F

Siapa terlena pasti kan terpana

G

Bujuknya rayunya suaranya

C E

Yang menyimpan simpati dan harapan

(#) 

C G

Engkau pastinya tersenyum

F C

Dengan pengunduran diriku

F C G C

Tetapi bagi diriku suatu ketenangan

   C G

Andainya kita terus bersama

F C

Belum tentu kita bahagia

F C G C

Selama tidak kau rubah cara hidupmu

Am Em

Ada baiknya kita tidak lagi bersama

Am G

Terasa jauh diriku ini dengan dosa

C Em

Aku tinggalkan walau tanpa kerelaan

F G C

Yang nyata kau tidak berubah

Interlude: C Em F G C G

Kembali ke: (*), REFF, (#)

Kembali ke: (*), Reff, (#)

D A

Katakan apa yang kau ingin

G D

Selagi kau dapat berkata

G D A D

Memang begini sikapmu semenjak dahulu

A

Andainya kita terus bersama

G D

Belum tentu kita bahagia

G D A D

Selama tidak kau rubah jalan hidupmu

4 dari 4 halaman

Makna Lagu Mencari Alasan

Chord Exist Mencari Alasan tentunya dicari banyak orang karena maknanya yang mendalam dan memberikan perasaan nostalgia ke masa lampau. Apalagi Chord Exist Mencari Alasan juga cukup mudah dipraktikkan.

Lagu Mencari Alasan mengisahkan tentang gambaran kekecewaan seseorang akibat berpisah dengan kekasihnya. Alih-alih menceritakan ratapan kegalauan, lagu ini justru memberi gambaran bahwa perpisahan terkadang memberi hikmah tersendiri.

Lagu ini bercerita tentang betapa bersyukurnya seseorang yang telah berpisah dengan kekasihnya. Ini berarti bahwa mereka lebih baik tidak bersama dan perpisahan tersebut memberi ketenangan pada orang tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.