Sukses

10 Makanan Kucing Murah Berkualitas, Kenali Jenisnya

Makanan kucing murah berkualitas tidak hanya berbentuk kemasan, tetapi bisa juga dibuat sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Makanan kucing murah berkualitas harus dikenali jenisnya terlebih dahulu. Ada 4 jenis makanan kucing, yaitu makanan kering, makanan basah, makanan mentah, dan makanan protein rendah. Kamu bisa memilihnya sesuai keinginan. Namun, biasanya makanan kering lebih murah dari jenis makanan kucing lainnya. 

Saran terbaik adalah memberi campuran makanan kering dan basah. Dengan makanan kering yang lebih murah, kamu bisa memaksimalkan manfaatnya dengan mencari makanan dengan kandungan nutrisi tinggi. Kemudian beri makan makanan basah sebagai mayoritas untuk menjaga asupan air kucing tetap tinggi.

Makanan kucing murah berkualitas tidak hanya berbentuk kemasan, tetapi bisa juga dibuat sendiri. Jika kamu ingin yang lebih praktis, tentunya kamu bisa membeli makanan kucing kemasan. Namun, jika ingin lebih murah dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kamu bisa juga membuatnya sendiri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (31/8/2020) tentang makanan kucing murah berkualitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan Kucing Murah Berkualitas Kemasan

Royal Canin

Makanan kucing murah berkualitas dalam kemasan pertama adalah Royal Canin. Makanan instan buatan pabrik ini banyak dijual di toko hewan, swalayan, maupun toko online.

Rata-rata makanan buatan pabrik terdiri dari dua pilihan, kering dan basah. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Royal Canin merupakan makanan kucing yang sangat poopuler di kalangan pencinta kucing.

Merek makanan kucing ini sudah menyesuaikan gizi yang dibutuhkan kucing, sehingga ada kemasan khusus untuk induk kucing yang sedang hamil, anak kucing, dan kucing menyusui.

Whiskas

Whiskas merupakan salah satu makanan kucing murah berkualitas dalam kemasan untuk kucing yang sangat populer. Di dalam makanan kucing Whiskas ini mengandung gizi dan protein yang cukup baik. Namun, tidak semua kucing cocok dengan produk makanan ini. Dengan begitu kamu bisa mengganti produk makanan lain.

3 dari 6 halaman

Makanan Kucing Murah Berkualitas Buat Sendiri

Resep Ikan Tongkol

Bahan-bahan:

- Ikan tongkol yang sudah direbus dan disuwir-suwir.

- Wortel segar, yang sudah diparut (bisa direbus agar lebih steril dan bakteri mati).

- 1/3 cangkir oatmeal yang sudah dimasak.

Cara membuat:

1. Apabila bahan-bahan tersebut sudah matang, campur ketiga bahan tersebut ke dalam sebuah mangkuk agar merata.

2. Makanan kucing buatan sendiri siap disantap.

3. Simpan di dalam lemari pendingin atau kulkas agar tahan lama, sekitar kurang lebih 3 hari.

Resep Ikan Tuna

Bahan-bahan:

- Ikan tuna segar rebus, kira-kira 1 cangkir.

- Beras merah yang sudah masak, 1 sendok makan.

- Sunflower oil, 1 sendok makan.

- Air rebusan ikan atau air biasa, 1-2 sendok makan.

Pastikan tidak memasak ikan atau daging terlalu lama karena akan mengurangi kandungan nutrisi di dalam bahan-bahan tersebut.

Cara membuat:

1. Campurkan semua bahan dengan menggunakan mesin giling seperti blender dan berikan segera kepada kucing sesuai dengan porsinya.

2. Kamu bisa menyimpannya di lemari pendingin atau kulkas agar tahan lebih lama sekitar 3 hari.

4 dari 6 halaman

Makanan Kucing Murah Berkualitas Buat Sendiri

Resep Daging Ayam

Bahan-bahan:

- Daging ayam rebus, kira-kira 1 cangkir.

- Brokoli dan wortel yang dikukus atau di steam, sekitar 1/4 cangkir.

- Air rebusan daging ayam, secukupnya.

Cara membuat:

Campurkan semua bahan dengan menggunakan blender. Apabila masih panas, dinginkan terlebih dahulu dalam suhu ruangan sebelum disajikan.

Resep Daging Sapi

Bahan-bahan:

- Daging sapi rebus, sekitar 1 cangkir.

- Beras merah masak, setengah cagkir.

- Kentang yang sudah dikukus atau direbus, 1/4 cangkir.

- Air rebusan daging.

Cara membuat:

Haluskan semua bahan dengan menggunakan blender. Kamu juga bisa menambahkan sedikit keju ke dalam campuran tersebut.

5 dari 6 halaman

Makanan Kucing Murah Berkualitas Buat Sendiri

Burger Tuna

Bahan-bahan:

- 1 kaleng tuna tanpa garam.

- Hati ayam rebus.

- 2 batang patersely.

- Nasi secukupnya.

Cara membuat:

Campurkan semua bahan tersebut dan tambahkan sedikit air. Lalu bentuk bulatan sebesar kelereng. Simpan di dalam freezer agar tahan lama. Berikan pada kucing dalam keadaan tidak dingin.

Keju

Makanan kucing murah berkualitas selanjutnya adalah keju. Keju bisa dijadikan sebagai pakan tambahan saja. Keju sangat baik karena memiliki kandungan kalsium dan vitamin yang mampu membantu pertumbuhan tulang kucing. Untuk memudahkan kucing menyantap keju, kamu bisa mencampurkannya dengan bahan-bahan lain. Misalnya saja dicampur dengan daging atau ikan.

6 dari 6 halaman

Makanan Kucing Murah Berkualitas Lainnya

Me-O

Makanan kucing murah berkualitas berikutnya yang bisa diberikan adalah Me-O. Kandungan gizi dan nutrisi pada Me-O tidak kalah bagus dengan merek lainnya. Makanan ini cocok untuk kucing yang memiliki bulu lebat seperti Persia dan Anggora.

Memberikan makanan ini pada kucing akan mencegah kerontokan pada bulu kucing dan cocok dikonsumsi oleh kucing yang sedang hamil.

Pro Plan

Makanan kemasan selanjutnya yang bisa dikonsumsi kucing adalah Pro Plan. Makanan kucing ini cenderung memiliki harga yang relatif cukup tinggi dibandingkan yang lainnya. Namun, kebanyakan orang Eropa menggunakan merek ini sebagai pakan utama kucing, terutama jenis anggora. Hal ini dikarenakan produk ini diyakini mampu mempercepat pertumbuhan kucing menjadi cepat besar dan gemuk.

 

Agar kucing lebih sehat, diperlukan makanan kucing yang bernutrisi, seperti Muezza. Makanan kucing yang sudah mengantongi serifikat halal ini, memiliki kandungan kaya nutrisi. Kamu bisa mendapatkan Muezza di Shopee dan Tokopedia. 

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.