Sukses

7 Manfaat Niacinamide untuk Kecantikan, Bikin Wajah Sehat

Niacinamide mampu menangkal polusi dan gangguan atau serangan dari luar sekaligus menjaga kelembapan alami dari dalam.

Liputan6.com, Jakarta Niacinamide merupakan salah satu bahan yang biasa ditemukan dalam produk perawatan wajah. Produk perawatan wajah dengan niacinamide banyak dicari karena dikenal ampuh mengatasi masalah kulit wajah.

Niacinamide adalah bentuk dari Niacin atau B3 yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit seperti keriput, mempromosikan kesehatan kulit, dan memberikan manfaat anti-inflamasi.

Zat yang satu ini dapat ditemukan dalam kebanyakan jenis perawatan wajah mulai dari pembersih, serum, dan daily cream. Niacinamide biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti rosacea, jerawat, kulit berminyak, dehidrasi, warna kulit tidak merata, dan hiperpigmentasi.

Niacinamide berfungsi sebagai barrier pada kulit. Ketika diaplikasikan, niacinamide mampu menangkal polusi dan gangguan atau serangan dari luar sekaligus menjaga kelembapan alami dari dalam. Skin barrier merupakan garda utama yang melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal mulai dari menangkal infeksi bakteri, polusi, sinar UV, bahan kimia berbahaya, hingga menjaga kulit dari gesekan atau goresan.

Barrier alami kulit akan semakin melemah seiring bertambahnya usia dan faktor luar lainnya. Di sinilah niacinamide menjalankan tugasnya dengan maksimal. Berikut manfaat niacinamide lainnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mengatasi Jerawat

Manfaat niacinamide pertama adalah mampu membantu mengatasi masalah jerawat. Jenis vitamin B3 ini ampuh membantu mengatasi jerawat, eksim, dan rosacea. Rosacea merupakan penykit kulit yang menyebabkan wajah dan hidung menjadi kemerahan.

 

3 dari 8 halaman

Menyamarkan Noda Hitam

Manfaat niacinamide untuk kecantikan berikutnya dapat membantu mencerahkan kulit. Manfaat ini didapat karena niacinamide dapat merangsang produksi kolagen kulit sehingga noda hitam bekas jerawat jadi tersamarkan.

4 dari 8 halaman

Melembapkan Kulit

Manfaat niacinamide berikutnya dapat melembapkan dan menghaluskan kulit. Mengoleskan niacinamide ke kulit dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit.

 

5 dari 8 halaman

Mengatur Produksi Minyak Alami Wajah

Niacinamide memiliki kemampuan untuk menjaga hidrasi kulit. Dengan terjaganya hidrasi kulit dengan baik, secara tidak langsung dapat membuat produksi minyak alami pada wajah akan lebih terkontrol. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan terhindar dari risiko munculnya jerawat akibat produksi minyak berlebih.

6 dari 8 halaman

Menyamarkan Kerutan dan Garis Halus

Niacinamide memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas pada kulit. Menggunakan niacinamide untuk perawatan wajah sehari-hari, maka akan menjadikan permukaan dan tekstur kulit menjadi lebih halus, garis halus dan keriput di wajah tersamarkan.

7 dari 8 halaman

Meningkatkan Imunitas Kulit

Paparan sinar matahari secara langsung terus-menerus dapat mengakibatkan kerusakan kulit. Ketika kulit terbakar atau terpapar matahari, sel Langerhans yang berfungsi untuk melindungi akan menghilang sementara dan meninggalkan kulit tanpa perlindungan. Dengan menggunakan niacinamide akan membuat imunitas kulit menguat. Hal ini dikarenakan vitamin tersebut mampu meningkatkan kemampuan anti-inflamasi.

8 dari 8 halaman

Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi

Hipermigmentasi disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan pada kulit, khususnya saat kulit terkena paparan sinar matahari. Menggunakan produk perawatan dengan niacinamide dapat memperlambat proses perpindahan melanin pada epidermis akibat sinar UV ini. Dengan begitu risiko pembentukan hiperpigmentasi pun akan berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini