Sukses

Pengertian Humas adalah Ahli Membangun Citra Baik, Begini Tugas Pokoknya

Humas adalah pihak yang ahli dalam bidang komunikasi.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu humas? Kepanjangan humas adalah hubungan masyarakat. Humas adalah pihak yang ahli dalam bidang komunikasi dan segala perencanaan yang berhubungan dengan komunikasi.

“Pengertian humas adalah sesuatu yang merangkum keseluruhan komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian,” dijelaskan Frank Jefkins dalam kajian teori penelitian yang diterbitkan Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Ilmu komunikasi memandang peranan humas adalah sama dengan seorang public relation. Humas adalah pihak yang mampu menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik sebuah lembaga atau organisasi dengan publik. Dijelaskan pula, humas adalah pihak yang diandalkan untuk membentuk citra atau pandangan baik dari masyarakat.

“Fungsi humas adalah membentuk corporate image, artinya peranan public relations berupaya menciptakan citra bagi organisasi atau lembaganya,” dijelaskan Rosady Ruslan masih melansir dalam penelitian yang sama.

Dalam buku berjudul Communication Skill oleh Henny Kustini, Scott M. Cutlip, dan Allen H. Center, dijelaskan humas adalah bagian dari pihak manajemen. Humas adalah mengindentifikasi kebijakan, merencanakan, hingga melakukan praktik suatu program. Humas adalah semata ada guna memperoleh pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publik.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian humas dan tugasnya, Selasa (25/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian Humas Menurut Para Ahli

1. Pengertian Humas Menurut J.C. Seidel

Pengertian humas adalah proses berkelanjutan dari berbagai usaha manajemen, guna memperoleh iktikad baik serta pengertian dari langganannya, pegawai, serta publik.

2. Pengertian Humas Menurut Onong Uchjana Effendy

Pengertian humas adalah komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik secara timbal balik dalam rangka mendukung fungsi dan tujuan manajemen dengan meningkatkan pembinaan kerjasama dan pemenuhan kepentingan bersama.

3. Pengertian Humas Menurut W. Emerson Reck

Pengertian humas adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan, penentuan pelayanan, serta sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang atau golongan, agar memperoleh kepercayaan dan iktikad baik.

4. Pengertian Humas Menurut Frank Jefkins dan Daniel Yadin

Pengertian humas adalah sistem komunikasi untuk menciptakan niat baik.

5. Pengertian Humas Menurut Dr. Rex. F. Harlow

Pengertian humas adalah fungsi manajemen khas yang membantu pembentukan serta pemeliharaan garis komunikasi dua arah, saling pengertian, menerima, dan kerja sama antara organisasi dengan masyarakatnya, guna membantu manajemen untuk selalu mendapatkan informasi serta merespons pendapat umum.

6. Pengertian Humas Menurut Edward L.Berney

Pengertian humas adalah membujuk publik untuk memiliki pengertian yang mendukung serta memiliki niat baik.

7. Pengertian Humas Menurut J.C. Seidel

Pengertian humas adalah proses yang kontinyu dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari pelanggan, pegawai dan public yang lebih luas. Kedalam mengadakan analisis dan perbaikan diri sendiri, sedangkan keluar memberikan pernyataan-pernyataan.

8. Pengertian Humas Menurut Oemi Abdurrachman, MA

Pengertian humas adalah falsafah manajemen yang didalam tiap keputusan dan tindakannya mendahulukan kepentingan orang lain.

9. Pengertian Humas Menurut Anthony Davis

Pengertian humas adalah manajemen komunikasi antara suatu organisasi dengan publiknya.

10. Pengertian Humas Menurut Drs. Muslimin, M.Si

Pengertian humas adalah suatu fungsi manajemen yang menilai sikap publik, menunjukan kebijaksaan dan prosedur dari individu atau organisasiatas dasar kepentingan publik dan melaksanakan rencana kerja untuk memperoleh pengertian dan pengakuan dari publik.

11. Pengertian Humas Menurut Prof. Drs. H.A.W. Widjaja

Pengertian humas adalah profesi yang mengurusi hubungan antara sesuatu unit dan publiknya yang menentukan hidup unit itu.

12. Pengertian Humas Menurut M. Linggar Anggoro

Pengertian humas adalah bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan oleh setiap organsasi, baik itu organisasi yang bersifat komersial (perusahaan) maupun organisasi yang nonkomersial.

3 dari 3 halaman

Tugas Humas

Humas adalah pihak yang diandalkan untuk membangun citra baik di masyarakat atau publik. Bagaimana humas memerankan tugasnya itu? Masih melansir sumber penelitian yang sama, F. Rachmadi menjelaskan ada empat tugas pokok seorang humas. Ini penjelasannya:

1. Bertanggung Jawab atas Informasi

Tugas humas adalah menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi atau pesan secara lisan, tertulis atau melalui gambar (visual) kepada publik, sehingga publik mempunyai pengertian yang hal ikhwal perusahaan atau lembaga, segenap tujuan serta kegiatan yang dilakukan.

2. Melakukan Monitoring

Tugas humas adalah memonitor, merekam, dan mengevaluasi tanggapan serta pendapat umum/masyarakat.

3. Melakukan Analisis

Tugas humas adalah mempelajari dan melakukan analisis reaksi publik terhadap kebijakan perusahaan/lembaga, maupun segala macam pendapat (public acceptance dan non-accaptance).

4. Memastikan Penerimaan Publik

Tugas humas adalah memastikan penyelenggaraan hubungan baik dengan masyarakat dan media massa untuk memperoleh penerimaan publik (public favour), pendapat umum (public opinion) dan perubahan sikap.

Itulah empat tugas humas atau publik relation yang perlu diketahui. Ahli dalam bidang ini Oemi Abdurrachman masih mengutip sumber penelitian yang sama menjelaskan dua bentuk humas.

Ada “Interval Public Relationis” adalah sekelompok orang bekerja di dalam suatu organisasi. Lalu ada “External Public Relations” adalah komunikasi yang dijalin dengan kelompok orang-orang diluar organisasi, masyarakat dan pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.