Sukses

7 Cara Bayar BPJS Kesehatan dan Langkah Pendaftaran Secara Online, Lebih Praktis

Cara bayar BPJS bisa dilakukan secara online ataupun datang langsung ke loket pembayaran.

Liputan6.com, Jakarta Cara bayar BPJS bisa dilakukan dengan berbagai langkah mudah. Kamu bisa menyelesaikannya secara online maupun datang langsung ke loket pembayarannya. BPJS Kesehatan sendiri adalah fasilitas kesehatan yang diberikan bagi seluruh warga negara Indonesia.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan program pemerintah berupa asuransi untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebelumnya program ini bernama Askes (Asuransi Kesehatan). Dengan BPJS Kesehatan, masyarakat bisa berobat dengan aman dan terjangkau.

Cara bayar BPJS  bisa dilakukan secara online ataupun datang langsung ke loket pembayaran. Adapun tenggat waktu dalam membayar iuran adalah paling lambat tanggal 10 pada setiap bulannya.

Melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan, negara hadir di tengah masyarakat untuk memastikan seluruh penduduk Indonesia terlindungi oleh jaminan kesehatan yang komprehensif, adil, dan merata. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/7/2021) tentang cara bayar BPJS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online dari Website

Sebelum mengetahui cara bayar BPJS Kesehatan, kamu tentunya perlu tahu cara daftarnya bagi yang belum mendaftar. Cara daftar BPJS Kesehatan sendiri sekarang sudah lebih mudah dilakukan.

Kamu tidak perlu lagi datang secara langsung ke kantor BPJS Kesehatan, tinggal mendaftar secara online dari website ataupun di aplikasi, maka kamu sudah bisa mendapatkan layanan BPJS Kesehatan.

Berikut cara daftar BPJS Kesehatan online yang mudah dari website:

1. Buka dan kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan, yaitu www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

2. Isi Nomor Kartu Keluarga (KK), lalu masukkan kode captcha sesuai gambar yang muncul pada halaman. Setelah itu, klik Inquery kartu keluarga.

3. Setelah itu, akan muncul daftar anggota keluarga secara otomatis. Pada tahap ini, seluruh anggota keluarga akan terpilih, kemudian klik menu Proses Selanjutnya.

4. Berikutnya, akan muncul tampilan data formulir yang harus dilengkapi. Seperti nomor NPWP, kelurahan/desa, nomor HP, dan alamat tinggal.

5. Setelah itu, centang kolom pernyataan bahwa alamat yang digunakan sesuai dengan alamat yang tertera di KTP.

6. Selanjutnya, pilih fasilitas kesehatan (faskes) yang akan digunakan. Cari faskes dengan menggunakan kolom pencarian. Anda bisa memilih Puskesmas, klinik, atau dokter pribadi yang bekerja sama dengan layanan BPJS Kesehatan.

7. Kemudian, unggah foto dengan ukuran maksimal 50 kb, lalu klik Proses Selanjutnya.

8. Lalu akan muncul formulir data yang harus diisi dengan lengkap. Seperti peserta anggota keluarga, kelas perawatan, nomor rekening bank, nomor HP, dan alamat email.

9. Kemudian ketik kode captcha yang telah disediakan, lalu klik kirim email.

10. Buka e-mail konfirmasi. Jika Anda tidak menemukan e-mail masuk, lalu bisa periksa spam folder atau junk.

11. Klik URL aktivasi pada e-mail dan Anda akan mendapatkan nomor VA (virtual account).

12. Pada tahap ini proses online sudah selesai, Anda tinggal melakukan pembayaran ke bank.

13. Tombol e-ID sudah dapat di download setelah melakukan pembayaran.

3 dari 3 halaman

Cara Bayar BPJS Kesehatan

Cara bayar BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara online maupun datang langsung ke loket pembayaran. Cara bayar BPJS Kesehatan secara online bisa dilakukan dengan online banking, melalui e-commerce atau e –wallet, serta melalui aplikasi mobile JKN. Sementara cara bayar BPJS Kesehatan secara langsung dapat dilakukan dengan datang ke loket pembayaran di Kantor BPJS Kesehatan, mendatangi kantor pos, ataupun melalui indomaret atau alfamart.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pembayaran iuran biasanya paling lambat dilakukan pada tanggal 10 di setiap bulannya. Berikut cara bayar BPJS Kesehatan yang pelu kamu ketahui:

1. Cara bayar BPJS Kesehatan yang pertama tentunya adalah dengan daatang langsung. Kamu bisa mendatangi kantor BPJS Kesehatan yang terdekat dengan membawa kartu atau memberi informasi soal nomor anggota. Kamu hanya perlu menuju loket yang disediakan untuk melakukan pembayaran.

2. Cara bayar BPJS juga dapat dilakukan melalui bank yang bermitra dengan BPJS, seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan BCA. Pembayaran juga bisa melalui internet banking dan mobile banking.

3. Cara bayar BPJS via kantor pos juga bisa dipraktikkan. Cara ini juga bisa menjadi pilihan, di samping melayani pengiriman barang Kantor Pos juga melayani segala bentuk pembayaran, termasuk iuran BPJS Kesehatan.

4. Cara bayar BPJS juga dapat melalui e-commerce mitra seperti bukalapak, tokopedia, Gopay dan lain sebagainya.

5. Cara bayar BPJS menggunakan e-wallet yang bermitra dengan BPJS Kesehatan seperti OVO, Gopay, dan DANA.

6. Cara bayar BPJS dapat pula dilakukan melalui minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

7. Cara bayar BPJS Kesehatan juga dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN. Dengan aplikasi mobile JKN, kamu bisa melakukan pembayaran autodebet. Pastikan telah mendownload aplikasi mobile JKN via Playstore.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini