Sukses

10 Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Kunyit, Redakan Peradangan

Kunyit punya sifat anti-inflamasi untuk sembuhkan jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Cara menyembuhkan jerawat dengan kunyit bisa jadi alternatif yang baik. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan anti bakteri yang bisa membantu menyingkirkan jerawat. Kurkumin yang ada dalam kunyit mampu menangani banyak kondisi peradangan, termasuk jerawat.

Selain menyembuhkan jerawat, kunyit juga membantu memudarkan bintik hitam bekas jerawat. Manfaat kunyit untuk kesehatan kulit lainnya seperti memperlambat penuaan dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radiasi UV.

Kunyit bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat dengan cara topikal maupun oral. Kunyit kerap dimasukkan ke dalam campuran masker atau dikonsumsi langsung dalam bentuk minuman. Cara menyembuhkan jerawat dengan kunyit cukup sederhana dengan bahan yang mudah ditemukan.

Berikut cara menyembuhkan jerawat dengan kunyit, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Rabu(23/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Kunyit

Kunyit dan madu

Madu dapat menghambat pertumbuhan Propionibacterium acnes dan S. aureus penyebab jerawat. Bersama kunyit, madu dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Campur satu sendok teh bubuk kunyit dengan setengah sendok teh madu mentah. Aplikasikan masker ini di titik jerawat. Biarkan selama 10-12 menit lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini sekali setiap hari.

Kunyit dan yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang memiliki efek pengelupasan ringan pada kulit. Bersama dengan kunyit, masker ini dapat mempercepat penyembuhan jerawat. Campur dua sendok makan yogurt tawar dengan setengah sendok teh bubuk kunyit. Oleskan campuran tersebut di area berjerawat. Diamkan 15 menit lalu bilas sampai bersih. Gunakan masker ini tiga sampai empat kali seminggu.

3 dari 6 halaman

Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Kunyit

Kunyit dan lidah buaya

Lidah buaya memilik sifat penenang pada kulit. Ini bisa membantu mengurangi rasa perih, kemerahan, dan efek peradangan lainnya. Kombinasi lidah buaya dengan kunyit dapat membantu menyembuhkan jerawat lebih cepat.

Campurkan dua sendok makan gel lidah buaya dengan sendok teh kunyit bubuk. Oleskan campuran tersebut ke area yang berjerawat dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air biasa. Lakukan cara ini setiap hari atau setiap dua hari sekali.

Kunyit dan oatmeal

Oat dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori terbuka yang besar dan mengurangi munculnya jerawat. Oatmeal juga mengandung vitamin E alami yang membantu meringankan kulit kering di wajah.

Campurkan 2 sendok makan oatmeal, 1-2 sejumput kunyit, dan secukupnya air mawar. Oleskan campuran pada wajah dan gosok dengan gerakan melingkar lembut selama satu atau dua menit. Diamkan selama 10 menit lagi dan kemudian bilas dengan air.

4 dari 6 halaman

Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Kunyit

Kunyit dan lemon

Lemon memiliki efek astringent pada kulit. Ini dapat membantu mengeringkan lesi jerawat. Karena air lemon bisa keras untuk kulit, hindari menggunakannya tanpa diencerkan. Hindari pula menggunakan lemon saat kulit sedangg teriritasi.

Campur satu sendok makan jus lemon (encerkan dengan satu sendok makan air) dengan setengah sendok teh kunyit. Oleskan ke area berjerawat dan biarkan selama 10-12 menit. Lakukan dua hari sekali.

Kunyit dan susu

Susu mengandung asam laktat yang memiliki efek pengelupasan ringan pada kulit. Campuran ini bisa menjaga kulit bebas jerawat dan membuatnya lembut. Campur setengah sendok teh kunyit dalam dua sendok makan susu. Oleskan ke area yang berjerawat dengan menggunakan bola kapas. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas. Lakukan cara ini setiap dua hari sekali.

5 dari 6 halaman

Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Kunyit

Kunyit dan minyak zaitun

Minyak zaitun membantu membersihkan minyak berlebih penyebab jerawat. Memijat kulit dengan minyak zaitun yang dicampur dengan kunyit dapat membantu membersihkan wajah secara menyeluruh sebelum membersihkannya dengan pembersih wajah ringan.

Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun dengan satu sendok teh kunyit dan aduk rata. Oleskan masker ke area berjerawat dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air. Lanjutkan dengan pembersih ringan. Lakukan carai ini sekali setiap hari.

Kunyit dan kayu manis

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengatasi jerawat ringan. Campur ½ sendok teh bubuk kayu manis, ½ sendok teh bubuk kunyit, dan 1 sendok teh air atau air mawar. Oleskan campuran ini ke area jerawat. Biarkan hingga kering lalu bersihkan. Gunakan ini sekali setiap hari sampai jerawat sembuh.

6 dari 6 halaman

Cara Menyembuhkan Jerawat dengan Kunyit

Kunyit dan cuka sari apel

Cuka sari apel bisa mengatur pH kulit yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Cuka sari apel juga memiliki efek mengencangkan pada kulit. Namun, penting diketahui penggunaan cuka sari apel harus diencerkan terlebih dahulu dengan air.

Campur satu sendok teh cuka sari apel yang diencerkan dengan dengan satu sendok teh air bersama ½ sendok teh bubuk kunyit. Oleskan campuran ini ke titik jerawat. Biarkan mengering dan bilas setelahnya. Lakukan cara ini sekali sehari.

Konsumsi susu kunyit

Selain diaplikasikan secara langsung pada kulit, cara menyembuhkan jerawat dengan kunyit juga bisa dilakukan dengan mengonsumsinya. Kamu bisa membuat susu kunyit untuk memanfaatkan sifat antibakteri dan antiradangnya.

Caranya tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu. Didihkan dan minum selagi hangat. Minumlah susu kunyit setiap hari sebelum tidur. Kunyit juga bisa ditambahkan ke masakan, dibuat teh, atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini