Sukses

13 Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Kesehatan, Jaga Berat Badan

Manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan berasal dari kandungan omega-3 yang dimilikinya.

Liputan6.com, Jakarta Ikan salmon dikenal kaya kandungan omega-3. Tak heran jika kemudian ada banyak manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan. Minyak ikan salmon ini bisa didapat dari mengonsumsinya secara langsung atau suplemen.

Lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan salmon ada dua macam. Eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaeconic acid (DHA). Agar bisa merasakan manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan, WHO merekomendasikan konsumsi 250-500 mg per harinya.

Manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan ini tak main-main. Minyak ikan salmon yang dikonsumsi secara rutin, bisa jaga kesehatan jantung, otak, janin, hingga berat badan. Jadi, jangan ragu lagi untuk mulai mengonsumsi minyak ikan salmon ini.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan dari berbagai sumber, Selasa (18/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Autoimun dan Mata

Autoimun

Sistem imun tubuh yang bermasalah tentu bukanlah kabar baik. Apalagi jika sistem imun ini sudah sampai sebabkan penyakit autoimun. Kondisi ketika sistem imun tubuh menyerang sel tubuh sendiri. Beberapa contoh yang umum ditemukan adalah diabetes tipe 1, lupus, dan rematik. 

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi suplemen minyak ikan salmon dapat cegah gejala penderita autoimun lupus. Meski alasannya belum pasti, omega-3 minyak ikan salmon memiliki kandungan DHA mampu kirim sinyal anti-inflamasi ke tubuh. Dampaknya akan cegah reaksi autoimun.

Mata

Lemak omega-3 dikenal cukup penting untuk jaga struktur mata. Faktanya, orang-orang yang tidak mendapatkan cukup omega-3 berisiko terkena gangguan mata. Apalagi bagi lansia, seiring bertambahnya usia kesehatan mata juga ikut menurun. Hingga degenerasi makular terkait usia (AMD) menjadi masalahnya.

Nah, manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan ini efektif cegah AMD. Mengonsumsi suplemen minyak ikan diyakini membawa hasil optimal. Menurut penelitian, manfaat minyak ikan salmon dosis tinggi yang dikonsumsi selama 4.5 bulan dapat perbaiki penglihatan. Terutama penglihatan semua pasien AMD. Meski demikian, karena studi ini berskala kecil, perlu dilakukan studi pendukung lain.

3 dari 7 halaman

Kulit dan Tulang

Kulit

Manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan kulit pun cukup menakjubkan. Hal ini dipengaruhi oleh kulit manusia yang mengandung banyak asam lemak omega-3. Kesehatan kulit bisa menurun saat usia bertambah dan paparan sinar matahari. Hingga tanpa disadari masalah kulit seperti psoriasis dan dermatitis timbul. Agar bisa mencegah dan mengatasinya, coba konsumsi minyak ikan salmon secara rutin.

Tulang

Tulang yang rapuh juga berkaitan dengan omega-3 yang dimiliki tubuh manusia. Tak heran jika manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan mampu atasi berbagai masalah tulang. Seiring bertambahnya usia, tulang dapat kehilangan mineral esensial dan cenderung mudah keropos. Hingga timbul masalah osteoporosis dan osteoarthritis karenanya.

Kalsium dan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang, baik dewasa dan anak-anak. Mendapatkan asupan omega 3 dan kadar darah cukup dipercaya baik untuk jaga kondisi kepadatan mineral tulang atau BMD. Termasuk suplemen minyak ikan yang dapat kurangi tanda-tanda kerusakan tulang dan cegah penyakit terkait tulang. 

4 dari 7 halaman

Jantung, Otak, dan Peradangan

Jantung

Kesehatan jantung manusia bisa tetap terjaga karena omega-3. Tak heran jika kemudian manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan ini wajib dijadikan pilihan. Omega-3 yang dimilikinya bisa bantu tingkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik. Bahkan trigliserida atau kadar kolesterol jahat bisa diturunkan hingga 15-30 persen.

Bagi yang memiliki masalah tekanan darah tinggi disertai jantung, sangat dianjurkan untuk mulai mengonsumsinya. Pembentukan plak pada arteri yang picu masalah jantung bisa diatasi. Hingga masalah aritmia dan penyakit jantung lainnya bisa ikut dicegah lebih dini.

Otak

Otak manusia menurut penelitian terdiri dari 60 persen lemak. Mayoritasnya adalah asam lemak omega 3. Tak heran jika kemudian manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan bisa bantu tingkatkan fungsi otak.

Bagi yang memiliki masalah gangguan mental, sangat direkomendasikan untuk meningkatkan omega-3 di otaknya. Hingga masalah gangguan mental bisa dicegah dan diatasi lebih dini.

Peradangan

Jika tubuh memiliki masalah pada peradangan, pasti sistem kekebalan tubuhnya melemah. Hingga masalah luka dan lain sebagainya bisa berisiko terjadi. Pada akhirnya, tubuh yang tidak bisa mengatasi akan timbul peradangan kronis. Nah, untungnya manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan ini bisa dijadikan solusinya.

Masalah peradangan yang timbulkan penyakit obesitas, diabetes, depresi, artritis dan jantung menjadi mudah diatasi. Manfaat ini berasal dari sifat antiinflamasi yang dimiliki minyak ikan salmon. Minyak ikan salmon ini dapat mengurangi produksi gen molekul inflamasi yang disebut sitokin.

5 dari 7 halaman

Janin dan Bayi

Bagi calon ibu dan ibu, manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan ini wajib dicatat. Manfaat minyak ikan salmon baik untuk jaga janin dan bayi yang sudah dilahirkan. Suplementasinya pada ibu hamil dan ibu menyusui dapat memperbaiki dan meningkatkan koordinasi tangan dan mata pada bayi.

Sementara bagi bayi, minyak ikan salmon baik untuk atasi masalah sesak napas dan paru-parunya. Misalnya saja seperti kasus pembengkakan dan asma yang dialami bayi. Tak hanya bayi, sebenarnya 24-29 persen omega 3 pada ikan salmo mampu kurangi risiko asma pada anak-anak.

6 dari 7 halaman

Lemak Hati dan Berat Badan

Lemak Hati

Hati manusia akan memproses sebagian besar lemak di tubuh. Tak heran jika kemudian manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan dapat perbaiki fungsi hati karena lemak omega-3 yang dimilikinya. Hingga masalah perlemakan hati pun dapat dicegah dan diatasi.

Penyakit hati sering terjadi pada orang yang kelebihan berat badan atau gemuk. Pemberian suplemen minyak ikan salmon diyakini dapat membantu mengurangi lemak di hati. Gejala penyakit hati berlemak yang bukan karena konsumsi alkohol juga dapat diatasi.

Berat Badan

Manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan dipercaya bisa menjaga berat badan pengonsumsinya. Hal ini dipengaruhi oleh perannya yang dapat memperbaiki komposisi tubuh.

Meski sebenarnya suplementasi minyak ikan salmon tidak menurunkan berat badan obesitas secara signifikan. Akan tetapi minyak ikan salmon ini efektif kurangi lingkar pinggang dan rasio pinggang terhadap pinggul.

7 dari 7 halaman

Gangguan Mental dan Depresi

Gangguan Mental

Minyak ikan salmon memang kaya asam lemak omega-3. Apalagi otak manusia juga mayoritas terdiri dari asam lemak ini. Jadi, tak heran jika kemudian manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan bisa atasi gangguan mental.

Misalnya saja seperti mengurangi risiko gangguan psikotik pada yang berisiko. Kemudian gejala skizofrenia dan gangguan bipolar. Meski begitu, jangan asal mengonsumsi. Pastikan untuk tetap mengonsultasikannya dengan dokter.

Depresi

Jika gangguan mental dapat diatasi oleh manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan. Depresi juga lebih mudah lagi. Menurut penelitian, orang dengan depresi berat memiliki tingkat omega-3 darah yang rendah.

Hal inilah yang kemudian membuat omega-3 sangat diperlukan untuk mencegah dan mengatasi gejala depresi. Sementara penelitian lain mengatakan manfaat minyak ikan salmon dengan EPA, efektif kurangi gejala depresi daripada kandungan DHA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini