Sukses

10 Bahan Alami untuk Atasi Kulit Kepala Gatal, Sehatkan Rambut

Atasi kulit kepala gatal dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta Bahan alami untuk atasi kulit kepala gatal bisa sangat membantu mengatasi masalah satu ini. Kulit kepala gatal merupakan kondisi yang sering terjadi. Kulit kepala yang gatal bisa sangat mengganggu.

Kulit kepala gatal bisa disebabkan mulai dari kulit kepala kering, ketombe, hingga kutu. Menggaruk kepala mungkin bisa membantu meringankannya, namun cara ini tidak bertahan lama. Kulit kepala bisa kembali gatal dan jika terus digaruk, kulit bisa teriritasi.

Sejumlah pengobatan rumahan dapat membantu meringankan kulit kepala gatal. Bahan-bahan alami ini bisa membantu mengembalikan kelembapan dan mencegah kulit kepala menjadi kering.

Setelah mencoba produk perawatan rambut yang tepat, Anda dapat melengkapinya dengan mencoba bahan alami. Bahan alami untuk atasi kulit kepala gatal juga bisa membantu mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. Berikut bahan alami untuk atasi kulit kepala gatal seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (17/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bahan Alami untuk Kulit Kepala Gatal

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat dingin yang bisa menenangkan kulit gatal. Lidah buaya akan mencegah ketombe dan kulit kepala kering yang bisa menyebabkan gatal.

Lidah buaya bisa melembapkan kulit kepala dan rambut. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya segar atau produk gel lidah buaya yang banyak dijual di pasaran. Oleskan secara topikal ke kulit kepala, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Pisang

Pisang juga bisa memberi kelembapan pada kulit kepala. Buah ini menjadi solusi yang bagus untuk kulit kepala kering dan ketombe.

Pisang bisa menjadi pelembap dan anti mikroba alami yang dapat membantu membersihkan kulit kepala. Hancurkan atau campur pisang dengan beberapa sendok makan minyak kelapa atau minyak zaitun. Pijatkan ke kulit kepala dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas.

3 dari 6 halaman

Bahan Alami untuk Atasi Kulit Kepala Gatal

Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung zat alami asam asetat. Zat ini bisa membantu mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Sifat anti mikrobanya dapat menghilangkan bakteri atau jamur yang bisa menyebabkan rasa gatal. Sifat anti-inflamasi cuka apel juga dapat membantu eksfoliasi kulit kepala.

Campurkan satu sendok cuka sari apel dengan dua sendok air, dan oleskan langsung ke kulit kepala. Biarkan selama lima menit sebelum mencucinya dengan sampo lembut. Namun, penting untuk tidak mengaplikasikan cuka sari apel pada permukaan kulit yang iritasi karena bisa menimbulkan rasa terbakar.

Alpukat

Bahan alami untuk atasi kulit kepala gatal selanjutnya adalah alpukat. Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda yang bisa melembabkan dan melindungi kulit kepala.

Alpukat dapat membantu merawat kulit kepala yang kering. Anda bisa menggunakan buah alpukat segar sebagai masker rambut atau mengaplikasikan minyak alpukat ke kulit kepala.

4 dari 6 halaman

Bahan Alami untuk Atasi Kulit Kepala Gatal

Yogurt dan telur

Yogurt dan telur bisa menjadi bahan alami untuk atasi kulit kepala gatal. Yogurt menyejukkan dan mengeksfoliasi kulit. Sedangkan kandungan lemak dan protein dalam telur dapat menyehatkan dan melindungi kulit kepala dari radikal bebas.

Campurkan beberapa sendok makan yogurt dan satu butir telur yang sudah dikocok. Pijatkan ke rambut dan kulit kepala, diamkan 10 menit. Bilas dengan air suam kuku atau air dingin.

Minyak zaitun

Menurut Medical News Today, mengoleskan minyak zaitun hangat ke kulit kepala dapat membantu melembutkan dan melonggarkan kerak dan sisik gatal di permukaan kulit kepala. Pijatkan minyak zaitun ke kulit kepala dan diamkan kurang lebih satu jam. Bilas rambut dengan sampo hingga bersih.

5 dari 6 halaman

Bahan Alami untuk Atasi Kulit Kepala Gatal

Minyak peppermint

Minyak peppermint mengandung konsentrasi tinggi mentol. Mentol dikenal sebagai zat yang bisa menenangkan kulit dengan memberi sensasi dingin pada kulit. Ini membuat minyak peppermint sangat membantu dalam menghilangkan gatal di kulit kepala. Campurkan beberapa tetes minyak peppermint pada sampo lalu aplikasikan pada kulit kepala dengan pijatan lembut.

Minyak serai

Minyak serai bisa mengatasi ketombe yang bisa menyebabkan gatal di kulit kepala. Minyak serai juga dipercaya mampu menguatkan folikel rambut. Sifat anti-inflamasinya membantu mencegah iritasi di kulit kepala. Larutkan minyak serai dengan air lalu aplikasikan ke kulit kepala. Lakukan pijatan ringan lalu diamkan beberapa menit. Bilas dengan air dingin hingga bersih.

6 dari 6 halaman

Bahan Alami untuk Atasi Kulit Kepala Gatal

Tea tree oil

Tea tree oil bisa menjadi solusi alami untuk kulit kepala gatal akibat kutu. Minyak ini juga terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat. Sifat ini dapat membantu mengurangi ketombe. Campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Pijatkan ke kulit kepala. Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas.

Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa melembabkan kulit kepala dan memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan pada kulit kepala. Menggunakan minyak ini juga bisa mencegah timbulnya ketombe. Tak hanya mencegah kulit kepala kering, minyak kelapa juga bisa melembutkan rambut.

Oleskan sedikit minyak kelapa langsung ke kulit kepala dan pijatkan ke kulit. Biarkan selama setidaknya 10 menit sebelum mencuci rambut seperti biasa.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini