Sukses

Contoh Kalimat Saran yang Perlu Diketahui, Simak Pula Definisi dan Ciri-Cirinya

Kalimat saran adalah suatu pendapat atau anjuran mengenai sesuatu yang dikemukakan untuk dipertimbangkan.

Liputan6.com, Jakarta Contoh kalimat saran penting untuk diketahui, pasalnya kalimat ini secara tidak langsung selalu digunakan dalam percakapan sehari-hari. Supaya tidak salah mengartikan, anda perlu mengetahui apa itu kalimat saran dan contohnya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kalimat saran adalah suatu pendapat atau anjuran mengenai sesuatu yang dikemukakan untuk dipertimbangkan. Kalimat saran disebut juga kalimat anjuran, karena berisi sesuatu hal yang dipertimbangkan dari seseorang ke orang lain.

Pada umumnya, contoh kalimat saran digunakan ketika ada seorang teman yang membutuhkan saran atau solusi. Selain itu, contoh kalimat saran juga seringkali digunakan dalam sebuah karya sastra, dimana penulis tersebut memberikan halaman saran untuk dijadikan sebuah rekomendasi, resensi, tajuk rencana yang dibuat dalam bentuk sebuah paragraf argumentasi.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh kalimat saran beserta pengertian dan ciri-cirinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Contoh Kalimat Saran

Berikut ini terdapat beberapa contoh kalimat saran yag bisa anda cermati dan pelajari, yakni:

  1. Sebaiknya kamu tidak melangkahkan kakimu lagi di tempat ini untuk urusan apa pun!
  2. Seharusnya mahasiswa dapat lebih aktif dalam melakukan penyuluhan terhadap petani.
  3. Sebaiknya di era globalisasi ini orang-orang harus mencari peluang lebih banyak untuk bisa berkarya.
  4. Akan lebih baik jika dalam penyusunan makalah ini mahasiswa lebih aktif bertanya pada dosen atau teman perihal pembahasan agar lebih lengkap.
  5. Sebaiknya mahasiswa harus lebih aktif mencari referensi buku yang digunakan agar hasil makalah lebih maksimal.
  6. Menurut pendapat saya, mahasiswa harus lebih aktif melakukan penyuluhan kepada petani demi kemajuan pertanian di desa itu.
  7. Sebaiknya kamu mulai membersihkan tempat tidurmu mulai sekarang.
  8. Hendaknya kamu membantu ibumu di rumah.
  9. Sebaiknya orang dengan karakter seperti ini tidak dimasukan ke staf kami karena pekerjaan yang diberikan kemarin tidak dapat diselesaikan dan berdampak buruk bagi organisasi.
  10. Menurut saya, globalisasi tidak selalu berdampak buruk, buktinya orang-orang masih bisa memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan uang.
  11. Sebaiknya kamu memperbaiki tulisanmu sehingga orang lain bisa membacanya.
  12. Akan lebih baik jika Sinta tidak pulang terlalu malam agar ibunya tidak khawatir.
  13. Sebaiknya kamu belajar lebih giat daripada menonton televisi terlalu lama.
  14. Menurut saya pribadi, hal tersebut merupakan tindakan melanggar aturan.
  15. Sebaiknya kamu lebih fokus belajar untuk ujian besok daripada bermain agar kamu dapat menghadapi ujian tersebut.
  16. Menurutku, sebaiknya masalah ini dirundingkan dengan baik terlebih dahulu.
  17. Sebelum pergi liburan, alangkah baiknya kita cek lagi barang apa saja yang harus dipersiapkan untuk dibawa agar tidak ada yang tertinggal.
  18. Lebih baik kamu menuruti apa yang dikatakan orang tuamu.
  19. Alangkah baiknya jika kalian semua saling mengenal satu sama lain.
  20. Perlu diketahui bahwa tugas Matematika yang kamu kerjakan kemarin masih salah, jadi coba kerjakan kembali ya.
3 dari 6 halaman

Pengertian Kalimat Saran

Setelah mengetahui contoh kalimat saran, anda perlu mengenal definisi kalimat saran. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kalimat saran adalah suatu pendapat atau anjuran mengenai sesuatu yang dikemukakan untuk dipertimbangkan. Secara umum, kalimat saran adalah sesuatu yang diusulkan untuk dilakukan. Umumnya, saran muncul karena ada suatu permasalahan atau berada di situasi yang membutuhkan pendapat maupun masukan dalam melakukan sesuatu.

Sejatinya kalimay saran diberikan seseorang ke orang lain untuk menjadikan segala sesuatu menjadi lebih baik. Kalimat saran disebut juga dengan kalimat anjuran karena berisi sesuatu hal yang dipertimbangkan dari seseorang ke orang lain.

Definisi lain, kalimat saran merupakan sebuah kalimat yang diungkapkan oleh seseorang kepada orang lain yang berisi mengenai opini maupun harapan akan suatu hal. Saran yang diberikan harus objektif serta sesuai dengan apa yang sedang dibahas. Selain itu, sebaiknya menggunakan kalimat yang baik dan benar agar tidak menyinggung perasaan lawan bicara.

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Kalimat Saran

Untuk mengenali kalimat saran, anda perlu mengetahui ciri-ciri kalimat saran. Berikut ini ciri-cirinya:

  1. Biasanya terdapat kata penanda yang digunakan biasanya ada pada awal kalimat maupun pada tengah kalimat. Berikut contoh dari kata penanda yaitu seharusnya, sebaiknya, lebih baik jika, perlu diingat bahwa, usahakan, hendaknya, saran saya dan berbagai kata penanda lainnya yang serupa.
  2. Sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan juga sebuah karya sastra. Kalimat saran juga bisa digunakan untuk teks tajuk rencana, resensi, maupun paragraf argumentasi.
  3. Pada akhir kalimat, kalimat saran tidak menggunakan tanda baca seru yang menggambarkan sebagai sebuah kalimat seruan maupun kalimat larangan.
5 dari 6 halaman

Cara Membuat Kalimat Saran

Cara membuat atau menulis kalimat saran yang baik adalah sebagai berikut ini:

  1. Buatlah kalimat saran yang sifatnya membangun menggunakan bahasa yang sopan agar mudah diterima.
  2. Usahakan untuk memberikan solusi atau penyelesaian masalah kepada orang yang kamu ingin berikan saran, tujuannya agar ia bisa lebih baik lagi.
  3. Saran lebih baik disampaikan secara tertutup, agar hal ini tidak menyinggung perasaan si penerima saran. Sebaiknya, menggunakan kata maaf saat awal pembuakaan kalimat. Tujuannya untuk menjelaskan bahwa anda dari awal tidak bermaksud menjatuhkan ataupun menyinggung.
  4. Menyampaikan saran kepada orang lain harus dilakukan dengan sopan atau usahakan secara tertutup. Akan lebih baik, sebelum mengungkapkan kalimat saran anda bisa memberi pujian terlebih dahulu, ijin, atau berkata maaf sebelumnya.
6 dari 6 halaman

Perbedaan Kalimat Saran dan Kritik

Kedua kalimat tersebut sering kali dianggap sama, padahal keduanya memiliki makna yang berbeda. Bahkan kalimat yang digunakan pun berbeda. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kritik merupakan sebuah kecaman maupun bentuk tanggapan yang kadang disertai dengan uraian serta pertimbangan baik dan juga buruk yang diberikan oleh seseorang terhadap suatu karya, pendapat, dan sebagainya. Kritik juga dapat dibilang sebagai pengoreksian perbuatan maupun tindakan yang telah terjadi.

Sedangkan, kalimat saran berisi akan pesan untuk perbaikan, sehingga citranya akan lebih positif. Definisi kalimat saran adalah sebuah pendapat atau usul, ajuran, maupun cita-cita yang dikemukakan oleh seseorang untuk mempertimbangkan suatu hal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.