Sukses

8 Keutamaan Surat Yasin jika Rutin Diamalkan, Dimudahkan Sakaratul Maut

Ada sejumlah keutamaan dari surat Yasin, sehingga sering dibaca sebagai doa dan hadiah pahala untuk orang yang sudah meninggal.

Liputan6.com, Jakarta Seluruh surat di dalam Alquran merupakan bacaan yang baik. Dan setiap surat dalam Alquran memiliki keutamaannya masing-masing, termasuk surat Yasin. Ada sejumlah keutamaan dari surat Yasin, sehingga surat yang terdiri atas 83 ayat ini sering dibaca sebagai doa dan hadiah pahala untuk orang yang sudah meninggal.

Maka tidak mengherankan jika surat Yasin sering dibaca di waktu-waktu tertentu, seperti selama tujuh hari setelah seseorang meninggal, pada hari keseratus setelah seseorang meninggal, hari ke-1000, dan seterusnya.

Keutamaan surat Yasin sebagai doa untuk orang yang telah meninggal juga membuatnya menjadi surat yang paling sering dibaca di hari-hari tertentu, terutama di hari kematian seseorang. Namun penting untuk dipahami bahwa keutamaan Surat Yasin tidak hanya terbatas sebagai doa untuk orang yang telah meninggal.

Di luar itu, masih ada banyak sekali keutamaan surat Yasin. Berikut adalah sejumlah keutamaan surat Yasin seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (28/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Sebagai Doa dan Hadiah pahala untuk Orang yang Telah Meninggal

Salah satu keutamaan surat Yasin adalah dapat dijadikan sebagai doa dan hadiah pahala bagi orang yang telah meninggal. Alasannya, setiap amal dan perbuatan yang diniatkan untuk dihadiahkan untuk orang yang sudah meninggal, maka amal tersebut akan sampai, sebagai diriwayatkan Sayyidah Aisyah ra.:

أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ أُمِّي افْتُلِتَتْ نَفْسُهَا وَأَظُنُّهَا لَوْ تَكَلَّمَتْ تَصَدَّقَتْ، فَهَلْ لَهَا أَجْرٌ إِنْ تَصَدَّقْتُ عَنْهَا؟ قَالَ: نَعَمْ

Seorang laki-laki berkata kepada Nabi ﷺ, “Wahai Rasulullah ﷺ, sesungguhnya ibuku telah meninggal dunia secara mendadak dan belum berwasiat sesuatu pun, dan aku menduga seandainya dia sempat berbicara (ketika masih hidup) dia akan bersedekah, Apakah dia akan memperoleh pahala jika aku bershadaqah untuknya (atas namanya)?". Beliau menjawab: "Ya” (HR. Bukhari no. 1388).

Secara khusus, jika amalan untuk orang yang sudah meninggal tersebut berupa bacaan surat Yasin, maka hal tersebut diperbolehkan. Para ulama berdalil dengan sabda Rasulullah ﷺ:

وَيس قَلْبُ الْقُرْآنِ لَا يَقْرَؤُهَا رَجُلٌ يُرِيدُ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَالدَّارَ الْآخِرَةَ إِلَّا غُفِرَ لَهُ وَاقْرَءُوهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ

Yasin adalah jantung Al-Qur’an, ia tidak dibaca oleh seseorang yang menghendaki Allah dan rumah akhirat kecuali ia diampuni. Bacakanlah ia atas orang-orang yang telah wafat di antara kalian (HR. Ahmad no. 19415).

Salah satu alasan mengapa surat Yasin dan tahlil dibacakan untuk mendoakan orang yang telah meninggal, karena Surat yasin dan tahlil dapat membuat mayit diampuni dosanya.

Para ulama berdalil dengan sabda Rasulullah ﷺ:

وَيس قَلْبُ الْقُرْآنِ لَا يَقْرَؤُهَا رَجُلٌ يُرِيدُ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَالدَّارَ الْآخِرَةَ إِلَّا غُفِرَ لَهُ وَاقْرَءُوهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ

Yasin adalah jantung Al-Qur’an, ia tidak dibaca oleh seseorang yang menghendaki Allah dan rumah akhirat kecuali ia diampuni. Bacakanlah ia atas orang-orang yang telah wafat di antara kalian (HR. Ahmad no. 19415).

3 dari 5 halaman

2. Membuka Pintu Rezeki

Selain dapat dibaca sebagai doa dan hadiah pahala untuk orang yang meninggal, keutamaan surat yasin juga dapat dibaca untuk memohon kepada Allah SWT untuk dilancarkan jalan rezekinya.

Menurut Imam Ad-Darimi, barang siapa membaca Surat Yasin di pagi hari, maka pekerjaannya di hari itu bakal dilancarkan Allah SWT.

"Dan bila membacanya di akhir hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga," demikian tertulis dalam Sunan Ad-Darimi.

3. Memperolah Keberkahan dan Dikabulkan Hajatnya

Selain dapat melancarkan rezeki, keutamaan surat Yasin adalah dapat menghadirkan keberkahan dalam hidup. Memperoleh rezeki saja tentu tidak cukup jika rezeki yang kita peroleh tidak berkah. Tanpa keberkahan, rezeki yang kita peroleh bisa saja tidak menghadirkan manfaat, cepat habis, bahkan tidak dapat dinikmati.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk beramal saleh dengan membaca surat Yasin agar rezeki yang kita peroleh mendapat keberkahan dari Allah SWT. Anjuran ini dibenarkan pula oleh Imam Ad-Darimi dalam sunannya.

"Siapa yang membaca surat Yasin pada awal pagi, seluruh hajatnya akan dikabulkan oleh Allah," demikian Imam Ad-Darimi dalam kitabnya.

4 dari 5 halaman

4. Mendatangkan Ketenangan Hati

Hidup selalu dinamis, tidak setiap hari kita merasa tenang dan bahagia. Ada kalanya kita merasa sedih, gundah, dan merasa cemas. Namun dengan membaca Alquran, kita bisa kembali mendapatkan ketenangan dan kedamaian hati.

Maka, dengan membaca Surat Yasin setiap hari bakal mengubah semua itu menjadi kebahagiaan. Berdasarkan firman Allah SWT dalam Surat Ar-Rad ayat 28, dengan mengingat-Nya hati menjadi tenang.

"Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

5. Mendapat Ampunan dari Allah SWT

Selain itu, keutamaan surat Yasin jika dibaca dapat membuat kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Terutama, jika terus mengamalkan membaca Surat Yasin, maka dosa-dosa yang besar pun bakal diampuni oleh Allah SWT.

Seperti pernah diungkapkan Abu Hurairah Ra berdasarkan hadis yang diriwayatkan At-Thabrani dan Al-Baihaqi. "Siapa yang membaca (Surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya."

6. Mempermudah Sakaratul Maut

Selain itu, keutamaan Surat Yasin juga dipercaya bisa membantu sakaratul maut supaya lebih mudah. Ini seperti dijelaskan dalam tafsir Al-Qur'an Al-Azhim:

"Membaca Surat Yasin di sisi mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh." (Tafsir Al-Qur'an Al-Azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi)

"Disunnahkan membaca Surat Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian." (Al–Majmu’syaih Al-Muhadzdzab 5 /76 Dar’alim alkitab)

5 dari 5 halaman

7. Terhindar dari Siksa Kubur

Selanjutnya, keutamaan Surat Yasin yang luar biasa diyakini pula meringankan manusia dari siksa kubur yang mengerikan.

"Barang siap yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin, maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka. Serta, diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu." (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373).

8. Terlindungi dari Malapetaka

Keutamaan surat Yasin berikutnya adalah dapat menghindarkan kita dari malapetaka. Jika hidup Anda terasa melelahkan, sering menghadapi masalah, kemungkinan simpanan kebaikan Anda tengah menipis.

Karena itu, manfaat dari membaca Surat Yasin selanjutnya adalah supaya senantiasa terhindar dari marabahaya, malapetaka, dan nasib sial. Serta, keburukan lain yang dapat datang kapan saja.

Allah SWT pun bakal memberikan perlindungan kepada umat-Nya dengan menjauhkan dari segala penyakit, dilindungi selama hidup di dunia dan akhirat. Serta, mati syahid dan dimudahkan saat akan keluar ruh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.