Sukses

Cara Membersihkan HP dari Kuman yang Aman Tanpa Merusaknya

Cara membersihkan HP dari kuman tentunya juga harus memperhatikan keamanannya.

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan HP dari kuman patut diperhatikan lagi. Pasalnya, menurut para peneliti HP merupakan salah satu benda yang paling kotor dan sering digunakan. Ketergantungan terhadap HP membuat kamu selalu membawanya kemana-mana.

Beberapa peneliti telah menemukan bahwa ada lebih banyak bakteri yang menempel di HP daripada dudukan toilet. Pada beberapa uji laboratorium, smartphone pada umumnya memiliki 10 kali lipat jumlah mikroorganisme penyebab sakit perut dan muntah-muntah daripada toilet umum.

Cara membersihkan HP dari kuman tentunya juga harus memperhatikan keamanannya. Walaupun terbukti mengandung banyak bakteri, kamu tetap memerlukan HP dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, yang harus diperhatikan adalah cara membersihkannya yang aman tanpa merusaknya.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara membersihkan HP dari kuman dari berbagai sumber, Jumat (27/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menggunakan Alkohol dan Cotton Bud

Menggunakan alkohol

Cara membersihkan hp dari kuman yang pertama adalah menggunakan alkohol. Jangan menggunakan pembersih jendela, semprotan aerosol, pelarut, amonia, atau pengikis untuk membersihkan HP kamu. Berbagai benda tersebut bisa merusaknya. Untuk itulah, kamu cukup menggunakan air sulingan dan juga sedikit alkohol untuk membersihkannya.

Menggunakan cotton bud

Menggunakan cotton bud juga bisa dijadikan sebagai cara membersihkan HP dari kuman. Jika HP kamu memiliki tombol atau eksterior plastik, gunakan kain yang lembut atau cotton bud yang dilembabkan dengan alkohol untuk membersihkannya. Namun, jangan menggosoknya di atas bagian logam.

3 dari 4 halaman

Air Bersih dan Kain Lap

Air bersih siap minum

Cara membersihkan HP dari kuman selanjutnya adalah dengan menggunakan air bersih siap minum. Air keran mengandung bakteri dan residu bahan kimia, selain itu air keran akan meninggalkan lapisan (film) di permukaan layar HP kamu.

Kain lap bersih tanpa serat

Kain lap bersih tanpa serat juga bisa dijadikan cara membersihkan HP dari kuman. Contonya seperti lap kaca mata. Jangan gunakan tisu, karena serat tisu akan menggores layar HP kamu.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan HP dari Kuman yang Aman Tanpa Merusaknya

- Matikan smartphone dan lepas segala aksesoris pendukung, seperti casing tambahan.

- Lepaskan screen protector yang menempel di layar. Namun, berhati-hatilah saat melakukan hal ini. Jika layar ponsel memiliki retak, mengangkat lapisan screen protector akan memicu keretakan semakin menjalar. Jika layar ponsel sudah retak, sebaiknya jangan utak-atik screen protector.

- Bersihkan badan plastik HP dengan alkohol. Jangan menggosok terlalu keras untuk menghindari lapisan cat ikut terkikis. Permukaan baterai ponsel aman untuk dibersihkan dengan alkohol.

- Jika memiliki fitur besi pada badan ponsel kamu, bersihkan dengan cotton bud yang dicelup air bersih.

- Saat bagian luar HP sudah bersih, gunakan cotton bud bersih dan kering untuk mengelap bagian dalam tempat baterai HP (jika bisa dibuka). Jika kotoran membandel, gunakan sedikit air untuk membantu mengangkatnya. Keringkan area tersebut secepatnya setelah dibersihkan.

- Untuk membersihkan kamera belakang dan flash, gunakan cotton bud yang dicelup air bersih dan gosok dengan gerakan memutar. Begitu lensa kering, segera keringkan dengan sisi lain dari cotton bud agar air tidak mengering dan membekas di lensa.

- Basahi sedikit kain lap kacamata, namun tidak sampai basah menetes. Usapkan lap tersebut di sepanjang layar dengan gerakan satu arah dari atas ke bawah. Gerakan ini akan menghindari kuman menyebar ke sisi lain HP. Jangan mengusap dengan gerakan memutar karena akan menggores layar.

- Bersihkan HP dengan hati-hati, terutama jika layarnya retak. Menggosok terlalu keras akan memperparah keretakan. Selain itu, lebih baik gunakan lap kering saat mengelap layar untuk menghindari partikel air masuk ke dalam ponsel lewat sela-sela keretakan.

- Jika kamu melepas screen protector, pasang kembali yang baru sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera di label produk.

- Diamkan smartphone selama beberapa menit sampai kering sepenuhnya, kemudian nyalakan kembali.

Selain itu, untuk membersihkan aksesoris casing plastik, lap permukaan casing dengan alkohol yang dilarutkan dengan air (60:40) dan cotton bud. Keringkan casing sebelum dipasang kembali.

Itulah beberapa cara membersihkan HP dari kuman yang aman tanpa merusaknya. Kamu harus melakukannya secara teratur agar kesehatanmu tetap terjaga, dan berhati-hati agar HP tidak rusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.