Sukses

Landing Page Adalah Halaman Website Untuk Marketing Campaign, Ini Penjelasannya

Landing page adalah suatu halaman website yang dibuat secara khusus untuk suatu program marketing campaign atau iklan.

Liputan6.com, Jakarta Landing page adalah suatu halaman website yang dibuat secara khusus untuk suatu program marketing campaign atau iklan.  Halaman inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar (paid search).

Landing page menjadi suatu kesempatan yang sangat berharga untuk para pebisnis dalam memperoleh informasi pengunjung. Dalam hal ini, para pengunjung akan diminta untuk bersedia memasukan berbagai data pribadinya, seperti jenis kelamin, email, usia, hingga nomor telepon.

Selain itu, fungsi lain dari landing page adalah agar bisa meningkatkan conversion rate. Conversion rate adalah suatu angka persentase yang menunjukkan seberapa jauh suatu website mampu menarik para pengunjung dalam melakukan suatu kegiatan.

Berikut ini ulasan mengenai karakteristik landing page, manfaat, dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (10/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Karakteristik Landing Page

Ada beberapa karakteristik landing page yang dapat membedakannya dengan home page, antara lain:

1. Memiliki sebuah halaman khusus yang dibuat dengan spesifik yang jelas dan berbeda.

2. Halaman landing page memiliki fungsi tersendiri ketika berada di dalam sebuah website.

3. Landing page lebih fokus ke satu produk atau layanan dan tujuan utamanya adalah untuk memancing pengunjung agar memberi respon.

4. Halaman ini juga memiliki sifat yang mengajak kepada para pengunjung agar mau mengunjungi halaman berikutnya dan melakukan konversi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Landing Page

Berikut ini terdapat beberapa manfaat landing page adalah:

1. Media Promosi

Manfaat yang pertama dari landing page adalah sebagai media promosi yang efektif. Dengan landing page, Anda bisa menampilkan berbagai informasi singkat dengan font yang besar terkait promosi atau kampanye marketing yang sedang Anda jalankan bersama tim. Meskipun Anda sedang mempunyai berbagai jenis promosi, tapi Anda hanya perlu menonjolkan salah satu promosi saja di dalam halaman landing page Anda.

2. Meningkatkan Conversion Rate

Selain bisa digunakan sebagai media promosi, manfaat lain dari landing page adalah agar bisa meningkatkan persentase conversion rate Anda. sehingga, para pengunjung tidak hanya mengunjungi situs Anda saja. Selain itu, mereka juga bisa melakukan suatu aksi yang Anda mau, seperti dengan berlangganan newsletter atau membuat akun di dalam website Anda. Dilansir dari laman resmi Crazy Egg, conversion rate yang tinggi mampu meningkatkan minat pengunjung untuk masuk ke marketing funnel yang lebih dalam.

3. Mendapat Data Leads

Manfaat yang ketiga dari memiliki landing page adalah mampu memperoleh data leads. Meskipun ini tergantung dengan jenis landing page yang Anda manfaatkan, tapi biasanya landing page akan meminta informasi dari para pengunjung, seperti email, nama, jenis kelamin, dll. Minimal, Anda sudah mendapatkan informasi dasar tentang para pengunjung tersebut agar bisa Anda analisa lebih dalam.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Landing Page

Berdasarkan tujuannya, ada dua jenis landing page yang bisa dibedakan, yaitu:

1. Click Through

Jenis pertama yaitu click through, yang bertujuan mengajak para pengunjung agar mau mengklik halaman yang lainnya. Umumnya jenis landing page click through ini bisa ditemukan pada situs-situs e-Commerce dan layanan B2C lainnya yang fokus ke penjualan produk. Sehingga, landing page jenis ini berisi informasi penawaran singkat dan rinci yang bisa memancing pengunjung agar penasaran. Jadi, hasil akhirnya mau mengklik halaman lain yang bisa mengarahkan ke keranjang pembelanjaan maupun pendaftaran pengguna baru. Contoh dari landing page jenis click-through adalah tombol promosi produk atau layanan yang berisi dengan ajakan konversi seperti “beli sekarang”, “baca selengkapnya” atau “download gratis disini”.

2. Lead Generation

Tidak berbeda jauh dari jenis sebelumnya, landing page jenis lead generation juga berfungsi untuk memberikan ajakan konversi kepada pengunjung. Perbedaan utamanya adalah para pengunjung tidak perlu melompat ke halaman lain untuk menyelesaikan aksi konversi yang dimaksud. Aksi konversi yang ada pada jenis landing page lead generation biasanya digunakan untuk mendapatkan data pelanggan secara sukarela. Data yang dikumpulkan umumnya adalah nama, alamat email, nomor telepon, dan juga minat dari calon pelanggan tersebut. Jenis landing page ini dikenal jauh lebih menarik karena sangat singkat dan juga jelas. Contohnya adalah saat sebuah landing page menawarkan produk gratis dengan alamat email sebagai imbalannya.

5 dari 5 halaman

Perbedaan Landing Page dan Home Page

Perbedaan yang paling jelas antara landing page dan homepage terletak pada tujuannya. Landing page hanya memiliki satu tujuan. Dan umumnya karena tujuannya hanya satu, maka link atau tombol pada halaman landing page juga hanya satu. Selain itu, perbedaan lain antara homepage dan landing page adalah dalam halaman homepage memiliki 43 link atau tombol, bedanya landing page hanya memiliki satu tombol. Kemudian, jika anda  memiliki lebih sedikit tautan pada halaman web telah terbukti meningkatkan konversi, karena lebih sedikit gangguan. Itulah alasannya melakukan iklan berbayar selalu menggunakan halaman landing page.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.