Sukses

Mengenal Penyumbatan Otak yang Dialami Pak Ogah, Beserta Gejala dan Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Abdul Hamid pemeran tokoh Pak Ogah dalam serial Si Unyil dikabarkan dilarikan ke rumah sakit pada Senin (17/1/2022) karena kondisinya mengalami penurunan. Pak Ogah memang diketahui tengah berjuang melawan penyakit penyumbatan pembuluh darah pada otak.

Dikutip dari Kapanlagi.com, Pak Ogah diketahui dilarikan ke rumah sakit Kartika Husada Bekasi, Jawa Barat. Penyumbatan otak yang diderita pak Ogah menyebabkan tingkat kesadaran dan daya ingatnya naik turun. Hal ini terlihat dari beberapa video yang diposting sang istri melalui akun Instagram @pakogah_real, terlihat pula Pak Ogah yang mulai melantur saat berbicara. 

Diketahui ini menjadi kali keempat Pak Ogah harus dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan usai mengalami penyumbatan darah pada otak sekitar satu tahun yang lalu. Lalu apa gejala dan penyebabnya?

Berikut ini ulasan mengenai definisi penyumbatan otak beserta gejala, penyebab, dan cara mencegahnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (20/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 5 halaman

Mengenal Penyumbatan Otak

Penyumbatan darah ke otak yang dialami Pak Ogah disebut juga dengan istilah stroke iskemik. Sebagai salah satu organ penting, otak tentu membutuhkan suplay darah yang membawa kadar oksigen dan berbagai nutrisi.

Tetapi akibat adanya penyumbatan tersebut otak tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup. Sehingga menyebabkan komplikasi gangguan pada organ lain. 

Dikutip dari Mayfield Clinic, penyumbatan pembuluh darah ke otak bisa disebabkan karena adanya penyemputan arteri di dalam otak atau disebut juga stenosis intrakranial yang disebabkan penumpukan plak di dalam dinding arteri. 

Untuk memahami stenosis arteri, sangat membantu untuk mengetahui bagaimana darah bersirkulasi ke otak. Awalnya, darah dipompa dari jantung dan dibawa ke otak oleh dua arteri yang berpasangan, yakni arteri karotis interna dan arteri vertebralis.

Arteri karotis interna menyuplai area anterior (depan otak) dan arteri vertebralis menyuplai area posterior (belakang) otak. Setelah melewati tengkorak, arteri vertebralis kanan dan kiri bergabung bersama untuk membentuk arteri basilar tunggal. Arteri basilar dan arteri karotis interna berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah cincin di dasar otak yang disebut Circle of Willis. 

Arteri yang paling mungkin terkena stenosis adalah arteri karotis interna (ICA), arteri serebral tengah (MCA), arteri vertebralis, dan arteri basilar. Keempat pembuluh itulah yang palinh berisiko alami penyempitan hingga mengakibatkan suplay darah ke otak terganggu.

Ada tiga cara di mana stenosis arteri intrakranial dapat menyebabkan stroke, yaitu:

1. Plak dapat tumbuh semakin besar, menyebabkan penyempitan arteri yang parah dan mengurangi aliran darah ke otak. Plak akhirnya dapat sepenuhnya menyumbat arteri.

2. Plak dapat membuat kasar dan merusak dinding arteri, menyebabkan pembekuan darah, dan menghalangi aliran darah ke otak.

3. Plak bisa pecah, bahkan mengalir untuk masuk ke arteri yang lebih kecil dan semakin menghalangi aliran darah ke otak.

3 dari 5 halaman

Gejala Penyumbatan Otak

Apabila penyumbatan pembuluh darah terjadi di area otak atau arteri karotis, seseorang akan berisiko terkena iskemik transien atau stroke. Berikut terdapat beberapa gejala penyumbatan pembuluh darah di otak, antara lain:

1. Mati rasa di daerah wajah atau lengan dan seringnya akan terjadi di salah satu bagian.

2. Tiba-tiba kesulitan berbicara maupun kesulitan memahami sesuatu.

3. Tiba-tiba kesulitan menglihat pada salah satu atau seluruh mata.

4. Tiba-tiba merasa pusing atau kehilangan keseimbangan tubuh.

5. Tiba-tiba mengalami sakit kepala tanpa sebab yang diketahui.

6. Ketidakmampuan menggerakkan lengan atau kaki.

4 dari 5 halaman

Penyebab Penyumbatan Otak

Penyumbatan pembuluh darah ke otak disebabkan karena plak di pembuluh arteri yang mengalirkan darah ke otak. Plak tersebut berupa gumpalan kolesterol, kalsium, jaringan serat dan gumpalan lain yang berada di dalam pembuluh arteri. Proses penggumpalan ini disebut aterosklerosis. Pembuluh arteri di otak yang tersumbat tersebut akan menjadi keras dan menyempit. Hal ini dapat menyebabkan masalah dalam mengirimkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh otak. Kemudian, yang dapat meningkatkan risiko terkena penyumbatan pembuluh darah ke otak antara lain:

1. Hipertensi

2. Merokok

3. Diabetes

4. Tingginya lemak dalam darah

5. Keturunan

6. Umur

7. Obesitas

8. Gangguan tidur dengan ciri-ciri kesulitan bernafas

9. Kurang Olahraga.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Penyumbatan Otak

Penyumbatan pembuluh darah pada otak merupakan salah satu jenis penyakit stroke yang bisa dicegah sejak dini. Lakukan beberapa hal berikut untuk mencegah stroke iskemik, antara lain:

1. Mengontrol tekanan darah tinggi.

2. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Menghentikan kebiasaan merokok.

4. Mengatur kadar gula darah di dalam tubuh agar tidak tinggi.

5. Menjaga berat badan agar tidak berlebih.

6. Mengonsumsi makanan kaya buah dan sayuran.

7. Melakukan olahraga secara rutin.

8. Mengurangi asupan alkohol.

9. Mengatasi masalah sulit tidur yang dialami.

10. Menghindari mengonsumsi obat-obatan terlarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.