Sukses

8 Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan Tubuh, Meningkatkan Sistem Imun

Kayu bajakah berasal dari tanaman suku Phaseolea yang tumbuh di hutan tropis Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian RI menerbitkan jurnal penelitian tentang tanaman akar bajakah atau Spatholobus littoralis Hassk. Diungkap, kayu bajakah berasal dari tanaman suku Phaseolea yang tumbuh di hutan tropis Indonesia. Soal popularitas manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh, tak perlu ditanyakan lagi.

Dalam uji pendahuluan secara kualitatif yang dilakukan oleh Anshari pada tahun 2012, masih melansir sumber yang sama, kayu bajakah tampala mengandung fenolik, flavonoid, tanin, dan saponin. Kandungan senyawa metabolit sekunder ini menjadikan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh bisa mengobati berbagai penyakit degeneratif, seperti diabetes, kanker, tumor dan lain-lain.

Hal ini diperkuat dengan penelitian yang telah dilakukan Syarifah pada tahun 2019 yang menyatakan bahwa manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh dapat mengobati penyakit kanker. Apa saja manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh? Berikut Liputan6.com ulas sejumlah manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh, Selasa (9/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

1. Meredakan Disentri

Mampu meredakan disentri merupakan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui. Kayu bajakah efektif dijadikan sebagai obat disentri atau infeksi pada usus yang menyebabkan diare. Penyembuhan disentri pada saluran pencernaan dengan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh ini dinilai akan lebih cepat dengan adanya kandungan anti bakteri yang ada pada kayu bajakah.

2. Mengatasi Pegal-Pegal

Mampu mengatasi atau meringankan pegal merupakan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh. Seseorang yang sering merasa pegal karena pekerjaan atau pun kegiatan lainnya, manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh bisa dijadikan solusinya. Agar bisa merasakan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh, konsumsi air rebusan atau teh dari kayu bajakah sangat direkomendasikan.

3. Menyembuhkan Luka

Mempercepat penyembuhan luka merupakan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh. Kayu bajakah dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka serta dapat menghentikan perdarahan pada luka. Manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh ini berasal dari senyawa saponin dan tannin yang ada pada kayu bajakah.

Senyawa-senyawa pemberi manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh ini diketahui dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada luka. Peran ini sangat berguna untuk mendukung proses penyembuhan luka. Maka penggunaan salep dengan ekstrak kayu bajakah maupun tetesan air rebusan kayu bajakah bisa menjadi pilihan untuk mengobati luka.

4. Mengobati Kanker

Obat kanker alami merupakan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh. Sebuah penelitian manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh yang diaplikasikan pada tikus putih oleh Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat memang menunjukkan hilangnya sel tumor dalam waktu 2 minggu.

Meski penelitian manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh memberikan hasil yang positif, Kementerian Kesehatan RI meluruskan tidak demikian. Manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh sebagai obat kanker pada manusia masih perlu penelitian lebih lanjut.

Ini karena adanya keterbatasan penelitian sebelumnya yang baru memperlihatkan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh hewan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan Tubuh Selanjutnya

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami merupakan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh. Adanya manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Tak heran bila manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh sangat berguna bagi tubuh untuk menangkal serangan penyakit. Agar bisa merasakan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh, cobalah menyeduh teh kayu bajakah rutin setiap hari, terutama pada pagi hari saat kondisi perut masih kosong.

6. Mencegah Infeksi Bakteri

Mencegah terjadinya infeksi bakteri merupakan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh dari ekstrak kayu bajakah dapat mencegah infeksi bakteri, khususnya bakteri Escherichia coli.

Manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh ini berasal dari kandungan senyawa alaminya, seperti flavonoid, saponin, tanin, dan polifenol. Maka tak heran bila manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh dapat digunakan sebagai obat herbal/bahan fungsional untuk mengobati penyakit degeneratif.

Begitu pula manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh dapat berfungsi untuk menghambat bakteri seperti Staphylococcus aureus.

7. Menangkal Radikal Bebas

Ahlinya menangkal radikal bebas merupakan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh. Radikal bebas adalah sel-sel rusak yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Ketika tubuh memiliki kadar radikal bebas yang berlebih, ini sumber penyakit.

Manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh ini berasal dari kandungan senyawa fenolik yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan sangat kuat. Kandungan inilah yang dinilai dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi manfaat kayu bajakah untuk kesehatan.

Tak hanya mampu menangkal efek radikal bebas, antioksidan juga dapat menjadikan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh mampu menyembuhkan penyakit degeneratif, seperti diabetes, kerusakan hati, penyakit kardiovaskuler, dan kanker.

8. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah terjadinya penuaan dini merupakan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh. Sumber manfaat kayu bajakah untuk kesehatan berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Ini merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Agar bisa merasakan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh, disarankan mengonsumsi makanan dan minuman dengan antioksidan tinggi seperti menyeduh kayu bajakah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.