Sukses

12 Cara Membuat Masker Timun untuk Menutrisi Kulit, Sehat dan Segar

Timun banyak digunakan dalam perawatan kulit alami.

Liputan6.com, Jakarta Timun menjadi bahan alami yang banyak digunakan dalam perawatan kulit. Potongan timun sering kali dipakai untuk mengompres mata, dimasukkan ke dalam masker, atau dikonsumsi untuk menambah hidras tubuh. Timun memiliki sifat pendingin dan penenang pada kulit.

Timun memiliki sifat anti-inflamasi. Ditambah antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C dan asam folat timun sangat baik untuk menutrisi kulit. Timun bisa mengurangi bengkak, jerawat, dan iritasi pada kulit. Timun juga sangat baik untuk melawan penuaan dini dan meningkatkan kelembapan kulit.

Salah satu cara mudah menggunakan timun untuk menutrisi kulit adalah menjadikannya masker. Membuat masker timun sendiri tidak membutuhkan banyak waktu dan sangat mudah. Dengan perpaduan bahan alami lainnya, masker timun bisa lebih optimal menutrisi kulit.

Berikut cara membuat masker timun untuk menutrisi kulit, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Kamis(8/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara membuat masker timun

Masker timun dan lidah buaya

Timun dan lidah buaya sangat cocok bagi kamu yang memiliki kulit kering. Kedua bahan ini mampu menghidrasi kulit dan meningkatkan kelembapan. Campurkan satu sendok makan gel lidah buaya dengan seperempat kecil parutan timun.

Oleskan campuran tersebut dengan hati-hati pada wajah dan juga leher. Biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

Masker timun dan semangka

Sama seperti lidah buaya, semangka bisa membantu menghidrasi kulit. Kandungan airnya yang tinggi bisa mengatasi kulit yang kering. Masker ini juga bisa digunakan untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Campurkan masing-masing satu sendok makan jus semangka dan timun. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.

3 dari 7 halaman

Cara membuat masker timun

Masker timun dan tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan likopen yang membantu mencerahkan kulit. Bersama timun, masker ini mampu mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit.

Haluskan seperempat kecil timun dan setengah tomat matang bersama. Oleskan campuran ini pada wajah dan leher. Pijat selama satu atau dua menit dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

Masker timun dan kentang

Kentang dikenal mampu menyamarkan noda hitam. Masker ini membantu menghilangkan noda hitam di wajah dan meratakan warna kulit. Campur masing-masing satu sendok makan jus kentang dan timun. Celupkan bola kapas ke dalamnya dan oleskan ke seluruh wajah. Biarkan selama 10 sampai 15 menit lalu bilas.

4 dari 7 halaman

Cara membuat masker timun

Masker timun dan kunyit

Kunyit memiliki sifat antibakteri yang mampu memerangi bakteri penyebab jerawat. Masker timun dan kunyit ini sangat cocok pada kulit berminyak dan normal. Cara membuat masker timun dan kunyit adalah dengan menghaluskan setengah buah kecil timun. Campurkan dengan sejumput kunyit dan satu sendok teh air lemon. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat setelahnya.

Masker timun dan madu

Sama seperti kunyit, madu juga punya sifat antibakteri. Madu juga mampu melembapkan kulit yang kering. Campurkan satu sendok makan timun yang sudah dihaluskan, satu sendok makan oat, dan setengah sendok makan madu. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

5 dari 7 halaman

Cara membuat masker timun

Masker timun dan mint

Mint memiliki sifat pendingin sama seperti timun. Masker ini bisa sangat menyegarkan dan mencerahkan wajah. Campurkan masing-masing satu sendok makan jus timun dan daun mint. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin.

Masker timun dan susu

Susu memiliki efek pencerah dan pelembap. Masker wajah timun dan susu ini akan menghasilkan kulit bercahaya dalam waktu singkat. Campurkkan masing-masing dua sendok makan timun yang sudah dihaluskan dan susu. Aplikasikan pada wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air suam kuku.

6 dari 7 halaman

Cara membuat masker timun

Masker timun dan pepaya

Pepaya memiliki antioksidan yang kuat untuk kulit. Masker wajah ini bisa membantu mencerahkan wajah dan memperlambat proses penuaan. Haluskan 1/4 potong pepaya dengan 1/4 potong timun. Aplikasikan merata pada wajah dan leher. Diamkan 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Masker timun dan alpukat

Alpukat kaya akan omega-3 yang bisa menutrisi kulit. Masker wajah ini bisa melembutkan dan mengurangi noda hitam pada kulit. Campurkan setengah cangkir alpukat yang sudah dihaluskan dengan dua sendok makan jus timun. Oleskan masker di wajah dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan.

7 dari 7 halaman

Cara membuat masker timun

Masker timun dan apel

Sifat antioksidan apel mencegah kerusakan sel dan jaringan. Apel juga mengandung banyak elastin dan kolagen yang membantu menjaga kulit tetap muda. Masker timun dan apel ini juga cocok untuk kulit sensitif.

Haluskan satu sendok timun dan satu sendok apel. Campurkan dengan satu sendok oat. Aplikasikan pada wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

Masker timun dan minyak kelapa

Perpaduan timun dan minyak kelapa sangat cocok bagi pemiliki kulit sensitif. Timun dan kelapa membantu menjaga kelembapan kulit, membuatnya tampak sehat dan lembut. Campur parutan timun dengan satu sendok teh minyak kelapa. Aplikasikan pada kulit dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.