Sukses

5 Makanan yang Dapat Membantu Penyembuhan Patah Tulang, Perhatikan Nutrisinya

Makanan ini dapat membantu penyembuhan patah tulang. Cek kandungan yang dimiliki

Liputan6.com, Jakarta Patah tulang tentu sebaiknya diatasi oleh tenaga medis profesional. Biasanya saat patah tulang, ada beberapa tindakan yang dapat diambil, seperti pemasangan gips, pemakaian sling atau perban khusus, hingga operasi untuk memasang pelat penyangga. 

Setelah dilakukan penanganan ini, dokter akan memberikan beberapa obat untuk penyembuhan patah tulang. Namun, kamu bisa menambahkannya dengan beberapa makanan yang mampu membantu penyembuhan patah tulang ini.

Makanan yang dapat membantu penyembuhan patah tulang dapat dilihat dari kandungan yang dimiliki. Makanan-makanan yang memiliki kandungan protein, vitamin D, kalsium, vitamin C, hingga zat besi dan kalium biasanya mampu mempercepat penyembuhan patah tulang

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/8/2019) tentang makanan yang dapat membantu penyembuhan patah tulang

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan Sumber Kalsium

Seperti yang telah diketahui, kalsium merupakan sumber utama untuk membuat tulang lebih kuat. Jadi, makanan yang merupakan sumber kalsium akan sangat penting untuk penyembuhan patah tulang.

Bahkan, biasanya dokter akan memberikan suplemen kalsium saat kamu dalam masa pemulihan patah tulang. Berikut beberapa makanan sumber kalsium yang bisa kamu konsumsi untuk penyembuhan patah tulang:

- Susu dan Produk Olahannya (Susu Sapi, Susu Almond, Yoghurt, Keju)

- Brokoli

- Lobak

- Kale

- Bok choy

- Ikan tuna

- Ikan salmon

- Kedelai dan kacang-kacangan lainnya

3 dari 6 halaman

Makanan Tinggi Protein

Selanjutnya, makanan yang dapat membantu penyembuhan patah tulang adalah makanan yang tinggi protein. Dilansir dari situs kesehatan WebMD, sekitar setengah dari struktur tulang, terbuat dari protein.

Maka dari itu, protein sangat dibutuhkan tulang untuk memperbaiki tulang yang rusak. Selain itu, kalsium juga membutuhkan protein dalam membantu penyembuhan patah tulang ini. Berikut beberapa makanan dengan protein yang tinggi yang bisa dikonsumsi:

- Daging

- Ikan

- Susu dan Produk Olahannya (Susu Sapi, Susu Almond, Yoghurt, Keju)

- Kacang-kacangan

- Biji-bijian

4 dari 6 halaman

Vitamin D

Tidak kalah penting dari protein dan kalsium, vitamin D juga harus dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam penyembuhan patah tulang. Vitamin D dapat membantu menyembuhkan fraktur tulang dan membantu darah dalam membangun mineral pada tulang.

Kamu bisa mendapatkan vitamin D secara alami dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi setidaknya 15 menit. Kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dari beberapa makanan berikut:

- Kuning telur

- Ikan salmon

- Minyak ikan kod

- Ikan sarden

- Hati

- Susu dan Yoghurt

- Jus jeruk

5 dari 6 halaman

Vitamin C

Mungkin banyak orang lebih mengenal vitamin C berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh atau sebagai antioksidan. Ternyata, vitamin C juga berguna untuk penyembuhan patah tulang. Vitamin C dalam hal ini memiliki peran untuk memproduksi kolagen untuk proses pembentukan tulang baru. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin C dari beberapa sayur dan buah berikut:

- Jeruk

- Kiwi

- Berry

- Tomat

- Parika

- Kentang

- Sayuran hijau

6 dari 6 halaman

Makanan mengandung zat besi

Selanjutnya, kamu butuh zat besi untuk membantu penyembuhan patah tulang. Fungsinya dalam hal ini hampir sama dengan vitamin c, yaitu untuk memproduksi kolagen dan oksigen untuk membangun tulang yang baru. Karena itulah, biasanya orang yang tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat atau orang yang anemia akan lebih lama sembuh dari patah tulang. Berikut adalah sumber zat besi yang bisa kamu konsumsi:

- Daging merah

- Daging ayam atau kalkun

- Ikan berlemak

- Telur

- Buah yang dikeringkan

- Sayuran hijau

- Roti gandum

- Sereal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini