Sukses

5 Cara Menghilangkan Tungau di Kasur, Alami dan Ampuh

Hilangkan tungau dengan bahan alami untuk meminimalisir dampak buruk pada manusia.

Liputan6.com, Jakarta Tungau merupakan hewan kecil sejenis kutu yang keberadaannya sangat mengganggu. Berukuran sangat kecil, hewan penganggu satu ini sangat sulit untuk dilihat. Tak heran, cara menghilangkan tungau juga tak mudah.

Tungau biasanya suka bersarang di kasur, sofa, dan karpet. Tungau menyukai tempat-tempat tersebut karena dirinya bisa mendapatkan makanan berupa sel kulit mati manusia atau sisa-sisa materi organik lainnya.

Keberadaan tungau sangat tidak disukai karena bisa mengakibatkan gatal-gatal, bentol, hingga memicu sesak napas dan gejala alergi lainnya. Oleh karena bisa mengganggu kesehatan, tungau harus segera dibasmi.

Ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan tungau, yaitu dengan menggunakan insektisida atau bahan kimia lainnya. Namun, penggunaan bahan kimia juga bisa mengganggu kesehatanmu.

Sebagai alternatif lainnya, kamu bisa menghilangkan tungau di kasur dengan bahan alami. Berikut ada cara menghilangkan tungai dengan bahan-bahan alami yang aman. Telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, bahan alami pengusir tungau ini tentunya meminimalisir dampak buruk setelahnya, Kamis (3/10/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Larutan Garam

Garam tak hanya digunakan sebagai penambah cita rasa pada masakan. Kegunaan garam lainnya bisa dijadikan sebagai pengusir tungau di kasur. Apabila kasur kamu sulit untuk dijemur, kamu bisa menyemprotnya larutan garam untuk menghilangkan tungau di kasur.

Cara menghilangkan tungau di kasur ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan larutan garam yang telah dimasukkan ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan air garam ke sarang-sarang tungau di area tempat tidur, sofa, atau karpet.

Kamu bisa melihat hasilnya dalam beberapa jam. Di mana tungau akan keluar dan mati.

3 dari 6 halaman

Cuka

Cara menghilangkan tungau di kasur dengan bahan alami lainnya adalah dengan menggunakan larutan cuka. Tanpa dicampur oleh air, kamu bisa langsung menyemprotkan larutan cuka ke kasur yang terdapat tungau.

Penggunaan cuka untuk membasmi lebih mudah dibandingkan bahan lainnya. Cara melakukannya cukup mudah.

Kamu hanya perlu menyemprotkan cuka ke tempat tungau bersarang. Tunggu beberapa menit, maka tungau dan telurnya akan cepat mati. Setelah kasur disemprotkan oleh cuka, jangan langsung memakai kasur untuk sementara waktu.

4 dari 6 halaman

Daun Sirsak

Tak hanya menggunakan cairan atau larutan. Cara menghilangkan tungau di kasur lainnya dengan bahan alami bisa menggunakan daun sirsak. Selain mudah dan alami, daun sirsak juga sangat ampuh untuk menghilangkan tungau di kasur.

Cara menggunakan daun sirsak untuk menghilangkan tungau di kasur yaitu cukup dengan menaruh beberapa lembar daun sirsak di tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang tungau.

5 dari 6 halaman

Jus Bawang

Bawang memiliki aroma yang sangat kuat. Aroma menyengat ini sangat tidak disukai oleh tungau. Jadi, kamu bisa menggunakan bawang untuk menghilangkan tungau di kasur.

Cara ini terbilang sangat ampuh. Kamu hanya perlu menghaluskan bawang putih dan bawang merah. Setelah itu, saring dan ambil sarinya saja. Kemudian oleskan jus bawang tersebut di tempat yang kamu rasa ada sarang tungau.

Tunggu saja beberapa jam, maka tungau akan keluar dan berjatuhan satu per satu.

6 dari 6 halaman

Lavender

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan tungau di kasur dengan lavender. Pertama, kamu bisa menyemprotkan minyak lavender ke bagian kasur yang menjadi sarang tungau. Kamu bisa menggunakan minyak dari lavender. Minyak lavender memiliki aroma yang menyengat dan sangat tidak disukai oleh tungau.

Cara kedua, kamu bisa menggunakan bunga lavender yang dikeringkan untuk mencegah tungau datang kembali. Caranya, cukup bungkus bunga lavender kering ke dalam kain, lalu letakkan kain tersebut di kasur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.