Sukses

10 Wisata Alam Jawa Tengah yang Terkenal Indah, dari Gunung Hingga Pantai

Wisata alam Jawa Tengah merupakan alternatif yang sangat bagus sebagai destinasi liburan.

Liputan6.com, Jakarta Wisata alam Jawa Tengah bisa menjadi tujuan utama liburan. Keindahan alamnya menawarkan berbagai destinasi wisata, seperti wisata pegunungan, pantai, gua, sungai, hingga berbagai pemandangan alam indah lainnya yang sangat menakjubkan.

Apalagi, kebanyakan wisata alam Jawa Tengah ini biasanya dikelola oleh masyarakat sekitar, membuatnya masih sangat asri dan terjaga kualitasnya. Tak sedikit wisata alam di Jawa Tengah menghadirkan pemandangan alam memesona dengan harga relatif murah.

Wisata alam Jawa Tengah merupakan alternatif yang sangat bagus sebagai destinasi liburan. Baik libur akhir pekan maupun libur panjang, kamu bisa mengunjungi wisata alam Jawa Tengah yang penuh dengan pemandangan dan kesegaran.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (3/12/2020) tentang wisata alam Jawa Tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Karimunjawa dan Dataran Tinggi Dieng

Karimunjawa, Jepara

Karimunjawa merupakan destinasi bahari terkenal di Jawa Tengah. Di sini terdapat Taman Nasional Karimunjawa yang merupakan gugusan kepulauan berjumlah 22 pulau yang terletak di Laut Jawa.

Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Wisata alam Jawa Tengah ini menawarkan pesona wisata laut yang amat indah. Hal ini yang membuat wisata Karimunjawa memiliki beberapa julukan dari masyarakat seperti Pulau Liburan, The Paradise of Java, dan Caribbean van Java.

Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Wisata alam Jawa Tengah yang cukup populer selanjutnya adalah Dataran Tinggi Dieng. Tempat wisata ini menawarkan pesona alam yang sukses bikin berdecak kagum. Dieng Plateu merupakan sebuah daerah sejuk yang berada di ketinggian 2.000 mdpl.

Ada beberapa destinasi wisata di Dieng yang terkenal seperti Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan Sumur Jalatunda. Masing-masing tempat wisata tersebut memiliki legenda yang sangat menarik.

Dataran Tinggi Dieng terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Wonosobo, berada di antara perbatasan kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo.

3 dari 6 halaman

Ketep Pass dan Kawasan Wisata Baturaden

Ketep Pass, Magelang

Ketep Pass merupakan wisata alam di Jawa Tengah yang menawarkan keindahan alam menakjubkan, karena menjadikan gunung Merapi sebagai latar belakang utamanya. Di sini kamu bisa menikmati Pelataran Panca Arga, Teropong, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Bioskop Mini yang merupakan fasilitas wisata di Ketep Pass.

Di Pelataran Panca Arga kamu bisa menyaksikan lima gunung (Slamet, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Merapi) menggunakan teropong. Ada lagi teropong lainnya, yang difungsikan untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

Pemandangan alamnya yang memukau, menjadikan Ketep Pass sebagai destinasi yang sangat diminati. Habiskan waktu libur akhir pekanmu ke Ketep Pass yang terletak di Jalan Blabak – Boyolali, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. 

Kawasan Wisata Baturaden, Banyumas

Dari area Baturaden kamu bisa melihat kota Purwokerto dan juga pantai-pantai yang berada di Cilacap. Pancuran Pitu merupakan salah satu tempat favorit para pengunjung, karena ada pemandian air panas.

Tidak jauh dari situ, tepatnya di lereng gunung Slamet, tepatnya arah selatan, ada tempat wisata yang namanya Wana Wisata Baturaden. Wisata alam Jawa Tengah ini cocok buat kamu yang suka berkemah. Jarak tempat wisata ini dari Baturaden sekitar 2 kilometer saja.

Kawasan Wisata Baturaden di Banyumas ini menawarkan hutan alam berwarna hijau dengan hawa udara yang sejuk.

4 dari 6 halaman

Brown Canyon dan Gua Petruk

Brown Canyon, Semarang

Wisata alam Jawa Tengah yang satu ini lokasinya di daerah Rowosari, Semarang. Brown Canyon ini dulunya merupakan tempat proyek penggalian yang sudah berumur 10 tahun lebih.

Bentuknya seperti perbukitan namun sedikit gersang, sehingga menonjolkan permukaan bebatuannya. Lokasi ini tidak disarankan bagi anak-anak, namun cocok untuk teman-teman yang berjiwa petualang dan pemburu foto alam yang menakjubkan.

Gua Petruk Kebumen

Gua Petruk merupakan wisata alam Jawa Tengah yang tak kalah terkenalnya. Gua ini digadang-gadang sebagai salah satu gua terindah di Indonesia. Gua yang terdapat di atas bukit kapur setinggi 75 meter ini berada di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Gua Petruk memiliki panjang kurang lebih 2.000 meter, tetapi hanya bisa dijelajahi sampai batas maksimal 350 meter saja. Di tempat wisata ini kamu akan disuguhkan dengan ornamen asli pahatan alam berupa stalaktit dan stalagmite yang tersebar di sepanjang badan gua.

Stalaktit tersebut akan menjatuhkan tetesan kapur. Di gua ini juga terdapat sebuah sendang atau kolam pemandian dan air terjun.

5 dari 6 halaman

Sungai Progo Atas dan Pantai Banyutowo

Sungai Progo Atas

Pencinta olahraga arung jeram bisa mencoba wisata alam Jawa Tengah ini, yaitu Sungai Progo Atas. Tempat wisata ini memiliki aliran sungai mencapai 12 kilometer. Sungai Progo Atas merupakan lokasi arung jeram yang terkenal di Jawa Tengah.

Terdapat beberapa rute arung jeram di Sungai Progo, yaitu arung jeram Sungai Progo Atas, arung jeram Sungai Progo Hulu, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Ketiga lokasi arung jeram ini ketinggiannya menawarkan sensasi yang berbeda-beda.

Pantai Banyutowo, Wonogiri

Selain Karimunjawa, Jawa Tengah juga punya jajaran pantai indah di Wonogiri. Salah satu pantainya yang unik adalah Pantai Banyutowo. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yaitu airnya tidak asin. Ini karena Pantai Banyuwoto merupakan muara atau tempat pertemuan antara air tawar sungai dan air laut. Air tawar yang bersumber dari air bawah tanah ini bermuara di tepi pantai.

6 dari 6 halaman

Pantai Pulau Panjang dan Gunung Merbabu

Pantai Pulau Panjang

Pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Pulau Panjang. Pulau Panjang ini memiliki pasir pantai putih dan laut dangkal dengan dasar terumbu karang. Untuk mencapai pantai ini kamu perlu naik kapal dari Pantai Kartini.

Di bagian tengah pulau adalah struktur hutan tropis dengan pohon-pohon besar dan tinggi menjulang diselengi perdu dan semak yang dijadikan tempat bagi burung laut bermalam dan berkembang biak.

Buat kamu yang tertarik mengunjungi Pantai Pulau Panjang ini, bersiap untuk menikmati keindahan hutan bakau, pasir putih, dan trekking keliling pulau.

Gunung Merbabu, Boyolali

Gunung Merbabu menjadi salah satu wisata alam Jawa Tengah favorit para pendaki, bahkan untuk pemula. Puncak tertingginya berada di ketinggian 3.142 mdpl, yakni Puncak Kenteng Songo. Pemandangan alam di sini tentu tak perlu diragukan lagi.

Merbabu juga terkenal dengan padang sabana luas dan indah yang biasa dijadikan spot beristirahat para pengunjung. Dengan begitu, kamu bisa menikmati suasana pegunungan sekaligus berfoto di berbagai area sabana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.