Sukses

Google Form adalah Alat Survei Gratis, Ketahui Cara Membuatnya

Google Form bisa mempemudah pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Google Form adalah salah satu layanan yang dimiliki oleh Google. Saat ini, banyak pekerjaan jadi lebih mudah dengan bantuan Google. Google Form adalah perangkat lunak yang sangat berguna bagi kamu yang ingin membagi kuisioner, survey, atau formulir secara online.

Google Form adalah bagian dari Google Workspace yang merupakan kumpulan fitur berbasis cloud yang mendukung produktivitas dan kolaborasi untuk bekerja. Google Form adalah fitur yang sangat berguna bagi pelajar, mahasiswa, sampai pekerja.

Dalam penggunaannya, Google Form adalah layanan gratis yang bisa dimanfaatkan siapa saja. Saat ini bahkan Google Form adalah alternatif untuk membuat formulir secara online. Google Form adalah alat online yang cepat dan mudah digunakan.

Berikut penjelasan tentang apa itu Google Form dan cara menggunakannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(06/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal Google Form

Google Forms adalah alat online gratis dari Google yang memungkinkan pengguna membuat formulir, survei, dan kuis. Melalui Google Forms, seseorang bisa membuat formulir atau survei secara kolaboratif dengan orang lain.

Google Forms memungkinkan penggunanya mengumpulkan informasi dari orang-orang melalui kuis atau survei yang dipersonalisasi. Pengguna bisa menghubungkannya di Spreadsheet untuk merekam jawaban secara otomatis. Spreadsheet kemudian diisi dengan tanggapan dari kuis atau survei secara real-time.

Google Form bisa dibagikan melalui email, tautan langsung, atau di media sosial dan meminta semua orang untuk berpartisipasi. Meskipun ada aplikasi survei online lainnya, Google Form adalah opsi gratis yang sangat baik.

Selain mengumpulkan informasi, Google Form juga dapat menerima foto, video, dan file, yang dapat disertakan dalam formulir dan memungkinkan responden mengunggah file dalam tanggapan mereka juga. Dengan begitu, kamu yang sedang melakukan survei atau membagi formulir tak perlu repot mengartikan dan menghitung tanggapan yang ada.

3 dari 7 halaman

Fungsi Google Form

Survei

Kamu dapat menggunakan Google Form untuk membuat survei secara gratis, berapa pun jumlah pertanyaan, desain, atau respons yang ingin didapatkan. Setelah membuat survei, kamu dapat menyimpan dan mengubahnya menjadi template untuk digunakan di lain waktu.

Kuis atau penilaian

Google Form juga bisa digunakan untuk tujuan pendidikan dan pekerjaan. Google Form menawarkan template yang dapat digunakan untuk membuat kuis, penilaian atau bahkan evaluasi kursus dan menerima tanggapan dan/atau umpan balik dari setiap peserta.

Berbagai jenis pertanyaan tersedia seperti pilihan ganda, jawaban singkat, dan lainnya. Jika itu kuis, kamu dapat mengatur nilai poin dan jawaban yang benar untuk pertanyaan. Kamu juga dapat menambahkan umpan balik otomatis untuk jawaban yang benar atau salah.

Acara RSVP, Undangan, dan Pendaftaran

Google Form adalah salah satu solusi bagi kamu yang sedang ingin mengumpulkan tanda kehadiran dalam sebuah acara. Kamu bisa mengirimken Google Form ke para undangan atau pendaftar. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan perkiraan siapa yang akan hadir dan berapa banyak orang yang tersedia.

4 dari 7 halaman

Fungsi Google Form

Dokumentasi Tempat Kerja

Google Form juga bisa menjadi alat dokumentasi. Ini berguna untuk kamu yang ingin membuat dokumentasi resmi tanpa bantuan desainer grafis. Ini bisa apa saja dari permintaan kerja, formulir pengeluaran, formulir umpan balik dan banyak lagi.

Permintaan Kerja

Google Formulir menawarkan template untuk formulir Permintaan Kerja, yang sederhana dan mendasar dengan bidang informasi seperti nama, alamat email, deskripsi, tanggal tenggat waktu, dan banyak lagi. Ada juga bagian Type yang membedakan departemen kerja atau sebutan tertentu.

Formulir kontak

Di Google Forms, kamu dapat membuat formulir kontak dari awal atau menggunakan template dan menyematkannya di halaman untuk mengumpulkan komentar pembaca dan informasi standar seperti nama, nomor telepon, dan alamat email di Google Sheet.

5 dari 7 halaman

Cara membuat Google Form

Cara membuat Google Form adalah kemampuan penting yang harus dikuasai saat ini. Berikut cara membuat Google Form:

1. Masuk ke akun Gmail.

2. Buka situs https://docs.google.com/forms/

3. Selanjutnya, pilih 'Go to Google Form'

4. Lalu kamu bisa memilih beberapa opsi, seperti ‘Blank’ (ditunjukkan dengan lembar kosong yang memiliki simbol +) atau juga bisa memilih template-template Google Form yang sudah tersedia.

5. Masukkan nama formulir sesuai yang diinginkan dengan mengklik ‘Untitled Form’ dan mengetikkan nama baru.

6. Selesai.

6 dari 7 halaman

Cara Membuat Kuesioner di Google Form

Berikut cara membuat kuesioner di Google Form:

1. Klik ‘Untitled Question‘ untuk memasukkan pertanyaan.

2. Apabila ingin mengubah jenis pertanyaan, klik panah kebawah (dropdown).

3. Untuk menentukan apakah responden harus menjawab pertanyaan, cukup tinggal kilk ‘Required’

4. Namun, jika ingin menambahkan pertanyaan baru, bisa dengan klik ‘Add Question’

5. Jika mau menambahkan salinan pertanyaan yang sudah ada, klik ‘Duplicate’

6. Setiap perubahan yang dibuat akan secara otomatis disimpan.

7. Jika ingin melihat history perubahan yang kamu lakukan pada Google Form, cukup dengan klik ‘Preview’ (ikon mata) yang letaknya ada di pojok kanan atas.

8. Selesai.

7 dari 7 halaman

Cara Mengirim Google Form

Berikut cara mengirimkan Google Form:

1. Klik ‘Send’ yang letaknya ada di pojok kanan atas.

2. Apabila responden terbatas pada circle organisasi, kumpulkan alamat email satu-persatu terlebih dahulu.

3. Selanjutnya bisa memilih opsi dengan apa Google Form akan dikirimkan (sebarluaskan). Kamu bisa mempersingkat URL lalu menyalinnya.

4. Tapi, jika ingin mengirimkannya via media sosial, kamu hanya perlu memilih salah satu ikon media sosial yang tersedia.

5. Apabila sudah selesai membagikan Google Form, kamu bisa melihat hasil survey yang sudah dilakukan pada bagian ‘Response’ yang tepat berada di sebelah kolom ‘Question’.

6. Untuk mengubah form ke versi spreadsheet, kamu hanya perlu klik ikon warna merah yang ada di pojok kanan atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.