Sukses

Ukhuwah Islamiyah Artinya Persaudaraan Sesama Muslim, Ini Keutamaannya

Ukhuwah Islamiyah artinya konsep persaudaraan yang kokoh antara sesama Muslim.

Liputan6.com, Jakarta - Ukhuwah Islamiyah artinya konsep persaudaraan yang kokoh antara sesama Muslim. Semua umat Islam dianggap sebagai saudara seiman yang saling menyayangi, menghormati, dan mendukung satu sama lain, semata hanya karena Allah SWT.

Ukhuwah Islamiyah memiliki peran penting dalam membangun hubungan yang harmonis dan kuat di antara sesama Muslim. Melalui ukhuwah, tercipta rasa persatuan dan kebersamaan yang juga mengajarkan nilai-nilai kasih sayang, saling peduli, dan saling membantu.

Ukhuwah Islamiyah dalam praktiknya dapat terwujud dalam berbagai bentuk interaksi sosial, seperti saling membantu dalam kesulitan, berbagi rezeki, saling mengingatkan dalam kebaikan, dan menjaga kebersamaan dalam berbagai kegiatan keagamaan. Simak penjelasan lengkapnya agar lebih memahami.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang ukhuwah Islamiyah artinya persaudaraan sesama umat Muslim, Jumat (26/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persaudaraan Sesama Umat Muslim

Ukhuwah Islamiyah artinya persaudaraan sesama umat Muslim yang didasarkan pada keimanan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Konsep ini sangat penting dalam Islam karena mengajarkan umat Muslim untuk saling menyayangi, menghormati, dan mendukung satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari atas dasar kecintaannya kepada Allah SWT.

Menurut Ar-Raghib Al-Ashfahani dalam Mufadrat Alfazhil Qur'an, ukhuwah secara bahasa mengandung makna berserikat dengan yang lain karena memiliki hubungan kelahiran atau persusuan. Ukhuwah Islamiyah adalah jalinan persaudaraan yang didasari oleh keimanan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Konsep ukhuwah Islamiyah artinya persaudaraan sesama yang melampaui batasan suku bangsa, adat, warna kulit, dan status sosial. Ini berarti bahwa semua umat Muslim, tanpa memandang perbedaan latar belakang, dianggap sebagai saudara seiman yang memiliki kewajiban untuk saling mendukung dan menjaga persatuan.

Prinsip utama dalam ukhuwah Islamiyah adalah saling menyayangi antara sesama Muslim dan menghindari penyakit hati yang dapat menyebabkan perpecahan atau perselisihan. Ini termasuk menghapuskan perasaan iri, dengki, dan permusuhan dalam hubungan sesama Muslim.

Dalam bukunya yang berjudul "Mempererat Ukhuwah Islamiyah di Masa Pandemi Covid-19", Mila Amalia menjelaskan bahwa prinsip utama dalam ukhuwah Islamiyah adalah saling menyayangi antara sesama Muslim dengan menghindari penyakit hati yang dapat menyebabkan perpecahan atau perselisihan.

3 dari 4 halaman

Ditegaskan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Rasulullah SAW dalam hadisnya menyatakan bahwa seseorang hanya dapat dianggap beriman jika ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. Pesan ini menegaskan pentingnya cinta, persaudaraan, dan perhatian yang sama terhadap sesama Muslim dalam menjalin ikatan ukhuwah Islamiyah.

Rasulullah SAW bersabda: “Tidak beriman seseorang di antara kamu hingga ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Anas RA)

Allah SWT juga menekankan pentingnya ukhuwah Islamiyah artinya persaudaraan sesama dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat ayat 10, di mana Allah menyatakan bahwa orang-orang mukmin itu bersaudara dan mengajak untuk mendamaikan perselisihan di antara sesama saudara seiman serta bertaqwa kepada Allah agar mendapatkan rahmat-Nya.

"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat." (QS. Al-Hujurat ayat 10)

Ukhuwah Islamiyah artinya persaudaraan sesama Muslim seperti berupa sikap saling tolong menolong dan saling peduli terhadap sesama Muslim. Ini melibatkan membantu sesama Muslim dalam kesulitan, berbagi rezeki, menyediakan bantuan dalam keadaan darurat, dan memberikan perlindungan bagi yang lemah.

Ayat tersebut menggunakan kata ikhwah atau saudara seketurunan untuk menggambarkan hubungan antar umat Muslim dalam ukhuwah Islamiyah. Hal ini ditegaskan oleh ulama Quraish Shihab dalam bukunya "Wawasan Al-Quran, Tafsir Maudhu'i atas Pelbagai Persoalan Umat." Tujuan penggunaan kata tersebut adalah untuk memperkuat ikatan hubungan antar sesama umat Muslim.

Itu artinya, hubungan ukhuwah Islamiyah tidak hanya bergantung pada keimanan, tetapi juga dijalin seolah-olah terikat oleh persaudaraan darah. Ini karena menjaga hubungan yang harmonis antar sesama Muslim menjadi kewajiban setiap individu Muslim.

Dalam ukhuwah Islamiyah, persaudaraan tidak hanya sebatas perkataan, tetapi juga harus tercermin dalam tindakan nyata. Ini termasuk menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, kesetaraan, dan saling menghormati dalam interaksi sehari-hari.

Pada dasarnya, ukhuwah Islamiyah artinya persaudaraan sesama umat Muslim yang juga mendorong untuk saling mengingatkan dan menasihati dengan cara yang baik dan penuh kasih sayang. Ini bertujuan untuk membantu sesama Muslim meningkatkan kebaikan, menghindari dosa, dan tumbuh dalam keimanan.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Ukhuwah Islamiyah

Apa sebenarnya keutamaan ukhuwah Islamiyah? Dalam jurnal penelitian berjudul Ukhuwah Islamiyah Sebagai Fondasi Terwujudnya Organisasi yang Mandiri dan Profesional oleh Cecep Sudirman Anshori, ada tiga keutamaan ukhuwah Islammiyah yang perlu diketahui:

1. Ukhuwah menciptakan wihdah (persatuan)

Ukhuwah, atau persaudaraan Islami, memiliki kekuatan untuk menciptakan persatuan yang kuat. Sejarah telah membuktikan betapa ukhuwah mampu mempersatukan para pejuang dalam perjuangan kemerdekaan bangsa. Ketika itu, perbedaan suku, ras, dan golongan tidak lagi terlihat.

Semua pejuang bersatu dengan satu tujuan yang sama, yaitu meraih kemerdekaan. Tidak ada rasa sungkan untuk berjuang bersama dan merapatkan barisan. Dalam konteks ini, ukhuwah menjadi pondasi yang kokoh dalam membangun persatuan.

2. Ukhuwah menciptakan quwwah (kekuatan)

Adanya perasaan ukhuwah Islamiyah artinya dalam diri seseorang dapat menciptakan kekuatan yang luar biasa. Ketika seseorang merasakan persaudaraan yang kuat dan memiliki ikatan keimanan yang mendalam, hatinya menjadi tenang dan tegar.

 Rasa ukhuwah ini mampu memberikan kekuatan yang dahsyat dalam menghadapi tantangan dan rintangan. Dalam situasi yang sulit, ukhuwah menjadi pendorong bagi individu atau kelompok untuk tetap kuat dan teguh dalam menjalankan perjuangan atau menghadapi cobaan.

3. Ukhuwah menciptakan mahabbah (cinta dan kasih sayang)

Sebuah kerelaan yang lahir dari rasa ukhuwah yang kuat akan melahirkan rasa kasih sayang yang mendalam antara sesama saudara seiman. Meskipun sebelumnya mungkin mereka tidak saling kenal, namun setelah terjalin persaudaraan, mereka merasakan kebersamaan dan kecintaan yang tumbuh bersama.

Inilah puncak tertinggi dari ukhuwah Islamiyah yang terjalin antara sesama umat Muslim. Rasa mahabbah, cinta dan kasih sayang, menjadi ciri khas dari ukhuwah yang kokoh dan kuat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.