Sukses

Stay Healthy Artinya Tetap Sehat, Ini Situasi yang Tepat untuk Mengucapkan

Stay healthy artinya adalah pesan pengingat agar seseorang senantiasa menjaga kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Stay healthy artinya adalah tetap sehat. Istilah tersebut merupakan bentuk ungkapan doa dan harapan agar seseorang yang diberi ucapan itu senantiasa dalam kondisi sehat.

Selain menjadi ungkapan doa dan harapan, stay healthy artinya juga dapat dipahami sebagai pesan untuk mengingatkan seseorang agar senantiasa menjaga kesehatannya, dengan menjalankan gaya hidup sehat, istirahat teratur, mengatur pola makan, dan sebagainya.

Sebab, kondisi kesehatan yang baik tidak terjadi secara kebetulan. Hal itu membutuhkan usaha, pilihan gaya hidup yang cerdas, dan pemeriksaan dan tes sesekali.

Dengan kata lain, dapat dipahami bahwa selain sebagai doa dan harapan agar seseorang tetap dalam kondisi sehat, stay healthy artinya juga bisa dipahami sebagai pesan pengingat kepada seseorang agar senantiasa berusaha untuk mengupayakan agar kondisinya selalu sehat.

Untuk lebih memahami stay healthy artinya apa, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai seumber, Kamis (25/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Stay Healthy

Stay healthy merupakan ungkapan yang berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris, yakni "stay" dan "healthy." Dalam bahasa Inggris, kata stay memiliki banyak arti. Dilansir dari Merriam Webster, dari sekian banyak arti dari kata stay, yang paling cocok dengan konteks ungkapan stay healthy adalah untuk melanjutkan di tempat atau kondisi; untuk tetap berada di tempat atau kondisi. Sedangkan healthy berarti dalam kondisi kuat dan baik.

Dari penjelasan singkat tersebut dapat dipahami bahwa stay healthy artinya tetap pada kondisi yang kuat dan baik. Dengan kata lain, stay healthy artinya juga dapat dipahami sebagai pesan kepada seseorang untuk terus menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat, kuat, dan baik.

Ungkapan stay healthy biasanya diucapkan kepada orang yang sebenarnya sudah sehat. Karena sudah sehat makan orang lain memberinya pesan untuk mengingatkan agar tetap menjaga kebiasaan-kebiasaan baik demi menjaga kondisi kesehatannya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kondisi tubuh yang sehat tentu saja tidak bisa didapatkan dengan cara yang kebetulan. Ada berbagai upaya yang harus dilakukan agar tubuh tetap dalam kondisi yang sehat, di antaranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga teratur, menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan mengelola stres.

3 dari 4 halaman

Kepada Siapa Stay Healthy Diucapkan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, stay healthy artinya adalah sebuah pesan agar seseorang selalu ingat untuk menjaga kesehatannya. Stay healthy biasanya diucapkan kepada orang yang sebenarnya sudah sehat, sehingga diharapkan dia dapat terus menjaga kesehatannya.

Orang yang sehat biasanya memiliki ciri-ciri antara lain bebas dari penyakit; tidak menunjukkan kecemasan yang tidak perlu; memiliki kepercayaan diri; memiliki organ dan sistem organ yang sehat dan berfungsi dengan baik; serta bebas dari tekanan sosial dan mental.

Stay healthy akan terasa kurang tepat jika diucapkan kepada yang kurang sakit. ini karena stay sendiri memiliki makna tetap pada kondisi yang sama. Sedangkan healthy berarti kondisi yang sehat. Tentu akan terasa aneh jika stay healthy dikatakan kepada orang yang sedang sakit.

Dalam bahasa Inggris, ada ungkapan yang umum diucapkan kepada orang yang sedang sakit. Kepada orang yang sedang sakit, kita bisa mengucapkan "get well soon." Get well soon artinya adalah "semoga lekas membaik/sehat."

4 dari 4 halaman

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan

Memiliki kondisi fisik yang prima membuat Anda memiliki kemungkinan untuk memiliki kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan, termasuk dalam hubungan Anda. Kita hanya memiliki satu tubuh, jadi menjaganya agar tetap dalam kondisi sehat adalah hal yang sangat penting. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat tubuh Anda:

1. Perhatikan Pola Makan

Makan makanan yang bervariasi, termasuk buah, sayuran, daging, dan kacang-kacangan. Orang dewasa dianjurkan makan setidaknya lima porsi (400g) buah dan sayuran per hari.

2. Kurangi Konsumsi Gula dan Garam

Kurangi asupan garam Anda menjadi 5g per hari, setara dengan sekitar satu sendok teh. Lebih mudah melakukannya dengan membatasi jumlah garam, kecap, kecap ikan, dan bumbu tinggi natrium lainnya saat menyiapkan makanan.

Di sisi lain, mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan meningkatkan risiko kerusakan gigi dan penambahan berat badan yang tidak sehat. Baik pada orang dewasa maupun anak-anak, asupan gula bebas harus dikurangi hingga kurang dari 10% dari total asupan energi. Ini setara dengan 50g atau sekitar 12 sendok teh untuk orang dewasa. WHO merekomendasikan mengkonsumsi kurang dari 5% dari total asupan energi untuk manfaat kesehatan tambahan.

3. Aktif Secara Fisik

Aktivitas fisik didefinisikan sebagai setiap gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka yang memerlukan pengeluaran energi. Ini termasuk olahraga dan aktivitas yang dilakukan saat bekerja, bermain, melakukan pekerjaan rumah tangga, bepergian, dan terlibat dalam kegiatan rekreasi.

Jumlah aktivitas fisik yang Anda butuhkan tergantung pada kelompok usia Anda, tetapi orang dewasa berusia 18-64 tahun harus melakukan aktivitas fisik intensitas sedang setidaknya 150 menit sepanjang minggu. Tingkatkan aktivitas fisik intensitas sedang hingga 300 menit per minggu untuk manfaat kesehatan tambahan.

4. Curhat

Depresi adalah penyakit umum di seluruh dunia dengan lebih dari 260 juta orang terkena dampaknya. Depresi dapat bermanifestasi dalam berbagai bentuk, tetapi kebanyakan akan menyebabkan timbulnya rasa putus asa atau tidak berharga, atau Anda mungkin sering memikirkan pikiran negatif dan mengganggu atau memiliki rasa sakit yang luar biasa.

Jika Anda mengalami ini, ingatlah bahwa Anda tidak sendirian. Bicaralah dengan seseorang yang Anda percayai seperti anggota keluarga, teman, kolega, atau profesional kesehatan mental tentang perasaan Anda.

5. Rutin Cek Kondisi Kesehatan

Pemeriksaan rutin dapat membantu menemukan masalah kesehatan sejak dini. Jika dalam pemeriksaan ditemukan adanya masalah kesehatan, maka kita bisa dengan segera mendapatkan penanganan sebelum penyakit menjadi semakin parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.